Artikel Kesehatan

Daun Rambutan yang Menyehatkan Tubuh dan Kulit

Daun rambutan yang menyehatkan tubuh dan kulit masih banyak yang belum mengetahuinya. Daun rambutan menyimpan segudang nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh maupun kulit. Tak heran jika daun rambutan sudah digunakan secara turun-temurun di Indonesia sebagai salah satu obat tradisional untuk mengobati berbagai masalah kesehatan.

Manfaat rambutan (Nephelium lappaceum L.) tidak hanya berasal dari buahnya, tetapi juga daunnya. Daun rambutan memiliki bentuk yang panjang dengan ujung runcing. Pohon yang berasal dari daerah tropis ini juga umumnya memiliki dedaunan yang rimbun.

Berbagai Manfaat Daun Rambutan

Daun rambutan yang menyehatkan tubuh dan kulit ini mengandung banyak manfaat. Daun rambutan kaya akan antioksidan, seperti flavonoid, polifenol, saponin, tanin, dan alkaloid. Selain itu, daun rambutan juga kaya akan fitokimia. Bahkan, beberapa kandungan di dalam daun rambutan bersifat antibakteri, antioksidan, dan antiradang yang efektif dalam melawan infeksi serta menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat daun rambutan yang sayang jika dilewatkan:

1. Mengatasi rambut beruban

Rambut beruban terjadi ketika pigmen melanin pada folikel rambut berkurang seiring bertambahnya usia. Untuk mengatasi rasa kurang percaya diri akibat rambut beruban, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan daun rambutan.

Kandungan tanin di dalam daun ini memiliki potensi untuk merangsang produksi melanin, sehingga dapat mencegah rambut beruban. Dengan menggunakan daun rambutan sebagai pewarna alami, rambut pun tampak lebih hitam dan berkilau.

2. Mengurangi kerontokan rambut

Jika Anda memiliki masalah rambut rontok, cobalah gunakan produk perawatan rambut yang mengandung daun rambutan. Daun ini diketahui dapat menguatkan akar rambut, sehingga kerontokan dapat berkurang. Penggunaan daun rambutan juga bisa membuat rambut lebih tebal dan sehat. 

3. Mengatasi ketombe

Adanya jamur yang berkembang biak di kulit kepala bisa mempercepat pembentukan sel-sel kulit baru di kepala yang menyebabkan terjadinya ketombe. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan sampo yang mengandung ekstrak daun rambutan.

Kandungan alkaloid, tanin, saponin, dan flavonoid pada tanaman ini dapat menghambat pertumbuhan sekaligus membunuh jamur penyebab ketombe. Rutin menggunakan sampo ekstrak daun rambutan juga mampu mencegah ketombe muncul kembali.

4. Mengatasi jerawat

Daun rambutan bisa digunakan untuk mengatasi jerawat di wajah. Sebuah penelitian membuktikan bahwa kandungan alkaloid, tanin, saponin, dan flavonoid dalam daun rambutan bisa membunuh Propionibacterium acnes, yaitu bakteri penyebab jerawat. 

Skin care yang mengandung ekstrak daun rambutan juga dapat menjaga pH kulit tetap normal yang dapat mencegah munculnya jerawat.

5. Meredakan sakit kepala

Konsumsi makanan tinggi flavonoid, seperti daun rambutan, bisa meredakan sakit kepala dan migrain. Flavonoid dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga sakit kepala dan migrain dapat mereda. 

6. Mengobati diare

Daun rambutan telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk diare. Senyawa tanin dapat mengurangi peradangan dan kelebihan cairan dalam usus, sehingga membantu mengendalikan gejala diare. Nutrisi pada daun ini juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri E. coli yang menyebabkan diare.

7. Mencegah gigi berlubang

Sifat antibakteri pada daun rambutan diketahui dapat membunuh bakteri penyebab gigi berlubang, yaitu Streptococcus mutans. Selain itu, daun rambutan juga mengandung antioksidan yang dapat mengurangi peradangan di dalam mulut, termasuk periodontitis dan pulpitis.

8. Mengobati infeksi nosokomial

Penelitian membuktikan bahwa sifat antimikroba yang kuat pada daun rambutan dapat mencegah infeksi nosokomial, yaitu infeksi yang terjadi di rumah sakit yang bisa memperpanjang waktu pemulihan. Manfaat daun rambutan ini diperoleh berkat senyawa tanin, flavonoid, dan saponin di dalamnya.

Daun rambutan memang mengandung banyak senyawa tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan keamanan dan dosis penggunaan daun rambutan dalam mengatasi masalah kesehatan.

Cara Memanfaatkan Daun Rambutan

Cara sederhana untuk mendapatkan manfaat daun rambutan adalah dengan minum air rebusannya. Untuk membuat rebusan daun rambutan, pertama-tama pilih daun rambutan yang masih muda sebanyak 100 gram, lalu cuci bersih dan potong-potong. Rebus potongan daun rambutan dengan 100 mg air sampai airnya tersisa setengahnya.

Diamkan sebentar sampai dingin, lalu saring airnya. Daun rambutan bisa langsung dikonsumsi. Agar lebih praktis, Anda dapat membeli teh daun rambutan yang dijual di  pasaran.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan masker atau pasta gigi daun rambutan siap pakai. Namun, selalu pastikan tidak ada kandungan bahan kimia berbahaya dalam produk yang Anda pilih guna menjaga keamanan kesehatan tubuh Anda.

 

Sumber: alodokter

Dilihat : 25 kali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button