Artikel Kesehatan

Manfaat dan Nutrisi Buah Arbei

Manfaat dan nutrisi buah Arbei yang belum banyak diketahui oleh orang-orang. Arbei adalah jenis buah beri yang banyak tumbuh di hutan liar. Buah beri ini memiliki cita rasa yang manis dengan kandungan nutrisi dan antioksidan yang melimpah. Bahkan, buah arbei telah dijadikan sebagai pengobatan herbal di Tiongkok untuk menangani berbagai kondisi, seperti kolesterol dan gula darah tinggi.

Buah arbei dikenal kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan. Buah ini juga termasuk makanan tinggi air dengan sedikit kalori, sehingga membuatnya cocok dijadikan sebagai camilan sehat yang manis dan segar. Umumnya ada 2 jenis arbei, yaitu arbei berwarna hitam dan merah.

Kandungan Nutrisi Arbei

Dalam 100 gram arbei yang segar terkandung hampir 90% air dan 37 kalori. Selain itu, buah beri ini juga memiliki beragam kandungan nutrisi, seperti:

  • 1 gram protein
  • 9 gram karbohidrat
  • 8 gram gula
  • 2 gram serat
  • 1 gram lemak
  • 43 miligram kalium
  • 63 miligram tembaga
  • 60 miligram vitamin C
  • 2 mikrogram beta karoten

Arbei juga mengandung zat besi, vitamin E, dan vitamin K. Tidak hanya itu, buah ini memiliki beragam senyawa yang berperan sebagai antioksidan, seperti antosianin, sianidin, myricetin, dan asam klorogenat. Arbei yang berwarna tua dan matang diketahui lebih kaya akan antioksidan dibandingkan dengan arbei yang belum matang.

Manfaat dan Nutrisi buah Arbei untuk Kesehatan

Karena kandungan nutrisi dan antioksidannya yang tinggi, arbei memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Memperkuat imunitas tubuh

Arbei bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh karena kandungan vitamin C di dalamnya yang cukup banyak, bahkan melebihi kadar vitamin C pada jeruk. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang mampu memaksimalkan fungsi sel-sel kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

Dengan sistem imunitas atau kekebalan yang kuat, tubuh pun terlindungi dari berbagai infeksi, seperti flu. Tidak hanya itu, mengonsumsi buah tinggi vitamin C, seperti arbei, saat sakit pun bisa membuat tubuh pulih lebih cepat.

2. Menurunkan kolesterol

Arbei termasuk buah yang baik dikonsumsi untuk penderita kolesterol tinggi. Beberapa penelitian mengatakan bahwa arbei mengandung senyawa antosianin yang bisa mengurangi kelebihan lemak dan menurunkan kadar kolesterol.

Antosianin juga dapat menjaga keseimbangan antara kadar kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Karena manfaatnya ini, arbei dapat mencegah penumpukan kolesterol di pembuluh darah (aterosklerosis).

3. Menyehatkan jantung

Kandungan antosianin yang bisa menurunkan kadar kolesterol pada akhirnya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, penumpukan kolesterol dalam pembuluh darah dapat meningkatkan tekanan darah dan memberatkan kinerja jantung untuk memompa darah.

Manfaat arbei untuk menyehatkan jantung juga didukung oleh kandungan kalium di dalamnya. Nutrisi ini berperan penting dalam mengontrol tekanan darah dan menjaga detak jantung tetap stabil.

4. Mengontrol kadar gula darah

Arbei juga merupakan salah satu buah yang cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes, terutama diabetes tipe 2. Pada kondisi ini, kadar gula darah meningkat dengan cepat setelah makan, apalagi makan makanan yang tinggi karbohidrat.

Nah, arbei mengandung senyawa yang bisa memecah karbohidrat di usus dan memperlambat peningkatan gula darah setelah makan. Karena manfaatnya ini, ekstrak arbei sering kali dijadikan sebagai pengobatan alternatif untuk diabetes.

5. Mengurangi risiko terkena kanker

Selama ratusan tahun silam, arbei dijadikan sebagai salah satu pengobatan tradisional Cina untuk menangani kanker. Manfaat arbei untuk kanker diduga karena kandungan antioksidan di dalamnya yang mampu melawan pertumbuhan sel kanker.

Namun, penelitian yang membahas manfaat arbei untuk kanker masih terbatas pada hewan. Oleh karena itu, penanganan dari dokter tetap menjadi langkah utama dalam pengobatan kanker, baik melalui kemoterapi maupun terapi radiasi.

Hingga saat ini, berbagai manfaat arbei di atas sebenarnya masih perlu diteliti lebih mendalam. Namun, tidak ada salahnya bila Anda ingin menjadikan buah ini sebagai camilan sehat sehari-hari. Daripada mengonsumsi camilan lain yang tinggi gula, lebih baik memilih buah arbei yang jelas tinggi nutrisi dan rendah kalori.

Selain dimakan langsung, arbei juga bisa dijadikan jus murni serta sebagai tambahan buah pada smoothie atau salad. Anda juga bisa memasukkan arbei ke dalam semangkuk sereal atau oatmeal untuk menambah rasa manis.

 

Sumber: alodokter

Dilihat : 12 kali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button