Tak Berkategori

4 Pilihan Vitamin untuk Penderita Asam Lambung

Selain konsumsi obat dan perubahan pola makan, ada beberapa pilihan vitamin untuk penderita asam lambung. Asupan vitamin ini dapat dipenuhi melalui konsumsi makanan tertentu maupun dalam bentuk suplemen.

Penyakit asam lambung atau GERD terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala berupa sensasi terbakar di dada, mulut terasa pahit, dan sulit menelan.

Pengobatan penyakit asam lambung umumnya berupa obat antasida atau penghambat pompa proton. Selain konsumsi obat, vitamin untuk penderita asam lambung juga dianggap baik dalam meredakan dan mencegah gejala GERD.

Berbagai Vitamin untuk Penderita Asam Lambung

Ada beberapa vitamin untuk penderita asam lambung, di antaranya:

1. Vitamin B

Salah satu vitamin untuk penderita asam lambung adalah vitamin B. Vitamin ini bisa Anda peroleh melalui konsumsi suplemen maupun beragam makanan yang mengandung vitamin B, seperti telur, daging, yoghurt, dan bayam.

Konsumsi vitamin B secara rutin baik untuk mengurangi risiko terjadinya esofagitis yang disebabkan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan. Selain itu, vitamin B juga dapat mengurangi risiko terkena kanker kerongkongan dan Barrett’s Esophagus, yang merupakan komplikasi dari GERD berkepanjangan.

2. Vitamin C

Vitamin C juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan memperbaiki sel yang mengalami iritasi karena asam lambung. Selain melalui konsumsi suplemen, Anda dapat mengonsumsi berbagai sayur dan buah yang kaya akan vitamin C, misalnya jeruk, tomat, stroberi, bayam, dan kentang.

3. Vitamin A

Vitamin A juga termasuk vitamin yang baik untuk penderita asam lambung. Karena memiliki sifat antiradang, vitamin A mampu mengurangi gejala asam lambung dan menghindari naiknya asam lambung menuju kerongkongan.

Anda dapat mengonsumsi bayam, wortel, ubi, mangga, dan pepaya sebagai sumber vitamin A. Sedangkan untuk konsumsi suplemen berkandungan vitamin A, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter lebih dulu, terutama bila sedang hamil.

4. Vitamin E

Vitamin lain untuk penderita asam lambung adalah vitamin E. Sumber vitamin E yang dapat Anda konsumsi meliputi bayam, minyak zaitun, alpukat, dan berbagai jenis kacang-kacangan.

Suplemen untuk Penderita Asam Lambung

Selain vitamin, ada pula suplemen yang dianggap baik dalam meredakan gejala asam lambung, yaitu:

Melatonin

Suplemen melatonin biasanya digunakan untuk penderita insomnia guna meningkatkan kualitas tidur. Namun, suplemen ini juga dapat pengobatan GERD.

Dalam penelitian disebutkan bahwa mengonsumsi melatonin dapat mengurangi gejala asam lambung, melindungi kerongkongan dari peradangan, serta mencegah masalah kesehatan jangka panjang terkait GERD, seperti Barrett’s Esophagus.

Probiotik

Selain vitamin, suplemen probiotik juga diketahui baik bagi penderita asam lambung. Probiotik merupakan bakteri baik yang hidup di saluran pencernaan dan berfungsi memelihara kesehatan usus.

Mengonsumsi probiotik diduga efektif untuk mengurangi gejala asam lambung. Selain itu, probiotik juga dapat menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik dan bakteri jahat dalam saluran pencernaan sehingga kesehatan pencernaan selalu terjaga.

Pada dasarnya, semua jenis vitamin dibutuhkan oleh penderita asam lambung guna menjaga kesehatan secara menyeluruh. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin, Anda dianjurkan untuk memperolehnya dari konsumsi beragam jenis makanan bergizi.

Namun, apabila dirasa belum cukup, Anda juga bisa mendapatkan vitamin, mineral, maupun nutrisi penting lainnya melalui konsumsi suplemen tertentu.

Sebelum mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk penderita asam lambung, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter lebih dulu untuk mengetahui takaran yang aman dan sesuai kondisi Anda. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

 

Sumber : Alodokter.com

Dilihat : 300 kali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button