Gizi Nutrisi

4 Potensi Manfaat Sagu bagi Kesehatan Anda

Sagu terkenal sebagai makanan pokok bagi masyarakat Indonesia bagian timur. Bahan makanan yang merupakan hasil ekstraksi dari batang palem tropis atau Metroxylon sagu ini tak hanya menjadi sumber karbohidrat, tetapi juga diketahui baik untuk kesehatan.

Pohon sagu kaya akan pati, yaitu karbohidrat kompleks yang terdiri dari banyak molekul glukosa, dan digunakan sebagai sumber energi. Bahkan, satu pohon sagu dapat mengandung sekitar 100–800 kilogram pati. Oleh karena itu, makanan yang mengandung pati memiliki peranan penting dalam diet sehat.

Selain sebagai makanan pokok, sagu juga bisa dijadikan bahan untuk membuat aneka penganan lezat. Sagu tak hanya lazim dikonsumsi di Indonesia, tetapi juga di beberapa negara lain, seperti Malaysia, Filipina, dan Papua Nugini.

Kandungan Nutrisi dalam Sagu

Menurut penelitian, sagu merupakan sumber karbohidrat yang mudah dicerna dan cepat diserap oleh tubuh. Selain karbohidrat yang tinggi, tiap 100 gram sagu mengandung 332 kalori dan beberapa nutrisi penting lain, seperti:

  • Protein
  • Lemak
  • Serat
  • Zinc

Sagu juga bebas gluten, sehingga baik untuk dijadikan pengganti tepung dan biji-bijian bagi penderita penyakit celiac atau mereka yang sedang menjalani diet bebas gluten, seperti pada diet paleo. Selain itu, sagu juga diketahui kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

Manfaat Sagu bagi Kesehatan

Meski sagu mengandung vitamin dan mineral yang lebih rendah jika dibandingkan dengan gandum utuh, bahan makanan yang satu ini memiliki potensi manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat sagu bagi kesehatan:

1. Memperkuat stamina

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi sagu dan protein kedelai dalam bentuk suplemen dapat memperkuat stamina tubuh saat melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga.

Hal ini dibuktikan dengan peningkatan respons insulin pada pesepeda, yang membuat mereka tidak mudah kelelahan selama bersepeda dengan intensitas tinggi.

2. Memberikan energi tambahan bagi tubuh

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sagu merupakan sumber karbohidrat yang mudah dicerna menjadi glukosa dan mudah diserap oleh tubuh. Hal ini dapat memberikan energi tambahan bagi tubuh, terutama bagi Anda yang melakukan aktivitas berat seperti berolahraga.

3. Melawan radikal bebas

Kadar radikal bebas yang terlalu tinggi dalam tubuh dapat memicu kerusakan sel. Sagu diketahui kaya akan polifenol, seperti tanin dan flavonoid, yang dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh Anda.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi sagu dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah, yang merupakan faktor penyebab penyakit jantung. Namun, manfaat sagu dalam menurunkan risiko penyakit jantung ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Selain dimanfaatkan sebagai makanan pokok ataupun diolah menjadi beragam hidangan, sagu juga banyak digunakan dalam pembuatan monosodium glutamate (MSG), kain, dan etanol, bahkan plastik yang bisa terurai secara alami.

Beberapa potensi manfaat sagu bagi kesehatan di atas memang menjanjikan, tetapi masih memerlukan uji klinis lebih lanjut. Jika Anda ingin mengonsumsi sagu sebagai bagian dari diet, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui porsi sagu yang sesuai dengan kondisi Anda.

 

Sumber : Alodokter.com

Dilihat : 103 kali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button