5 Makanan dan Minuman Pantangan Penderita Osteoporosis

Hellosehat.com — Penderita osteoporosis memiliki tulang yang rapuh dan berongga sehingga lebih rentan patah. Ada banyak faktor yang dapat memperparah kondisi ini, salah satunya berasal dari makanan yang konsumsi sehari-sehari. Maka dari itu, penderita osteoporosis perlu membatasi asupan makanan yang menjadi pantangan bagi mereka.

Beberapa jenis makanan mengandung mineral yang dapat memperkuat tulang, tapi ada pula makanan yang justru menghambat penyerapan mineral penting. Akibatnya, tulang pun lambat laun kehilangan kepadatannya. Simak informasi berikut untuk mengetahui jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari.

Pantangan makanan bagi penderita osteoporosis

Anda membutuhkan asupan vitamin D serta mineral berupa kalsium dan fosfor untuk menjaga tulang tetap kuat. Vitamin D dapat diperoleh dari sinar matahari, sementara kalsium dan fosfor umumnya didapatkan dari makanan.

Sayangnya, beberapa makanan yang Anda temui sehari-hari malah bisa mengurangi kepadatan tulang. Berikut jenis makanan dan minuman pantangan bagi Anda penderita osteoporosis.

1. Makanan tinggi natrium

Tubuh memang membutuhkan natrium untuk menjalankan berbagai fungsi, tapi asupan berlebih juga tidak baik bagi tulang. Ini disebabkan karena asupan natrium merangsang keluarnya kalsium dalam jumlah banyak melalui urine. Semakin banyak natrium yang Anda konsumsi, makin banyak pula kalsium yang hilang dari tubuh.

Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi di Tiongkok tahun 2016. Responden yang biasa makan makanan asin ternyata lebih berisiko terkena pengeroposan tulang. Inilah mengapa makanan tinggi natrium menjadi pantangan utama bagi para penderita osteoporosis. Selain makanan asin, Anda juga akan menjumpai banyak natrium dalam produk seperti:

  • Garam meja
  • Daging, buah, dan sayur kalengan
  • Makanan olahan dalam kemasan
  • Makanan dan camilan kering
  • Acar sayuran
  • Kacang dan buah kering
  • Produk beku seperti sosis, bakso, dan nugget

2. Kedelai dan produk olahannya

Produk kedelai seperti tahu, tempe, dan susu kedelai sebenarnya mengandung protein yang bermanfaat bagi tulang. Namun, kedelai juga mengandung senyawa oksalat yang dapat menghambat penyerapan kalsium sehingga jadi pantangan makanan osteoporosis.

Penelitian mengenai asupan kedelai dan kesehatan tulang masih sangat beragam. Ada yang menyebutkan bahwa asupan kedelai dapat mengganggu kesehatan tulang. Di sisi lain, kedelai mengandung isoflavon disebut-sebut bisa melindungi kepadatan tulang.

Kuncinya adalah makan dengan seimbang. Anda tetap boleh mengonsumsi kedelai dan produknya meskipun menderita osteoporosis. Akan tetapi, Anda juga harus memenuhi kebutuhan kalsium, baik dari makanan, minuman, maupun suplemen.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, terutama kacang polong, edamame, dan kacang kedelai sebetulnya kaya akan kalsium. Namun, kacang ini menjadi pantangan makanan bagi penderita osteoporosis karena mengandung senyawa fitat. Fitat adalah zat yang dapat menghambat penyerapan kalsium sehingga mengurangi kepadatan tulang.

Walau demikian, bukan berarti Anda tidak boleh makan makanan ini sama sekali. Anda bisa mengurangi kandungan fitat dengan merendam kacang selama beberapa jam. Setelah itu, barulah Anda dapat mengolahnya menjadi sajian favorit Anda.

4. Minuman bersoda

Pantangan bagi penderita osteoporosis tidak hanya makanan tetapi juga minuman. Salah satunya yakni minuman bersoda. Kebanyakan minuman bersoda mengandung senyawa asam fosfat. Senyawa ini dapat mempercepat keluarnya kalsium melalui urine.

Selain itu, hampir seluruh minuman bersoda juga mengandung sedikit kalsium, atau bahkan tidak sama sekali. Keluarnya kalsium dari urine ditambah asupan kalsium yang sangat minim merupakan dua faktor yang memperparah penyakit osteoporosis.

5. Kafein

Kafein dapat mengambil kalsium dari tulang. Bahkan, tubuh Anda kehilangan sekitar enam miligram kalsium setiap kali Anda mengonsumsi 100 miligram kafein. Jika tidak diimbangi dengan asupan kalsium yang cukup, tulang bisa kehilangan kepadatannya.

Kabar baiknya, Anda bisa menghindari ini dengan membatasi asupan kafein agar tidak melebihi 300 miligram dalam sehari. Sebagai gambaran, satu cangkir kopi (250 mL) mengandung 160 miligram kafein. Jadi, batasi konsumsi kopi Anda agar tidak melebihi jumlah tersebut.

Seperti penyakit pada umumnya, osteoporosis juga bisa bertambah buruk apabila Anda mengonsumsi makanan yang tidak tepat. Ini sebabnya ada pantangan makanan yang perlu dipatuhi penderita osteoporosis.

Selain menghindari pantangan makanan dan minuman untuk penderita osteoporosis di atas, Anda juga harus menambah asupan kalsium. Perbanyak sayuran hijau, buah-buahan, susu, dan makanan laut. Bila dokter menyarankan, tambahkan pula asupan kalsium dari suplemen.

 

Sumber : Hellosehat.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *