Gizi Nutrisi

5 Manfaat Ikan Gurame dan Kandungan Nutrisinya

Di balik rasanya yang lezat, ada banyak manfaat ikan gurame yang baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat ikan ini dapat Anda peroleh berkat beragam kandungan nutrisi di dalamnya. Simak informasi berikut ini untuk mengetahui nutrisi dan manfaat ikan gurame.

Ikan gurame merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang cukup digemari oleh banyak orang. Ikan yang kaya akan protein dan kalsium ini sering kali diolah menjadi aneka hidangan lezat dengan cara digoreng, dibakar, atau dijadikan sup.

Kandungan Nutrisi di dalam Ikan Gurame

Di dalam 100 gram ikan gurame yang sudah dimasak, terkandung 192 kalori dan beragam nutrisi lainnya, seperti:

  • 13 gram protein
  • 13 gram karbohidrat
  • 10 gram lemak
  • 283 miligram kalsium
  • 169 miligram fosfor
  • 1 miligram zat besi
  • 19 mikrogram retinol

Seperti jenis ikan air tawar pada umumnya, ikan gurame juga mengandung asam lemak omega-3 meskipun kadarnya tidak terlalu banyak.

Berbagai Manfaat Ikan Gurame untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat ikan gurame sesuai kandungan nutrisinya:

1. Protein untuk membentuk antibodi

Selain sebagai sumber energi, protein hewani yang terdapat di dalam ikan gurame juga berfungsi untuk membantu tubuh membentuk antibodi. Antibodi berperan penting dalam melindungi tubuh dari serangan bakteri atau virus penyebab penyakit. Dengan demikian, Anda tidak akan mudah sakit.

Tak hanya itu, protein di dalam ikan gurame juga berperan besar dalam memelihara dan mengganti jaringan tubuh yang rusak.

2. Asam lemak omega-3 untuk menjaga kesehatan jantung

Ikan gurame mengandung asam lemak omega-3 walaupun jumlahnya tidak banyak. Nutrisi ini dipercaya bisa menurunkan risiko terserang penyakit jantung dengan cara menurunkan kadar trigliserida di dalam tubuh.

Manfaat ikan gurame ini juga bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi beragam jenis ikan lain yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3, seperti ikan salmon, sarden, dan tuna serta tiram.

3. Kalsium untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi

Manfaat ikan gurame selanjutnya adalah mampu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Hal ini terjadi berkat tingginya kandungan kalsium di dalam ikan gurame.

Selain itu, mineral yang satu ini juga memiliki peran penting dalam proses pembekuan darah dan dapat menjaga fungsi otot dan saraf Anda bekerja secara optimal.

4. Fosfor untuk memperbaiki jaringan dan sel

Selain berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi, mineral fosfor di dalam ikan nila juga bermanfaat untuk memperbaiki jaringan dan sel, serta memainkan peran penting dalam pembentukan DNA.

Untuk mendapatkan manfaat ikan gurame tersebut secara maksimal, pastikan asupan fosfor harian Anda tercukupi, yaitu sekitar 700 miligram untuk orang dewasa. Jangan sampai tubuh Anda kekurangan atau kelebihan fosfor agar tidak menimbulkan masalah kesehatan.

5. Zat besi untuk mencegah anemia

Manfaat ikan gurame yang tak kalah penting adalah dapat membantu mencegah anemia defisiensi besi. Ikan gurame mengandung zat besi yang berperan penting dalam pembentukan hemoglobin, yaitu protein pada sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Perlu Anda perhatikan jika penelitian terkait berbagai manfaat ikan gurame di atas masih sangat sedikit. Meski demikian, tak ada salahnya jika Anda memasukkan ikan gurame ke dalam menu harian Anda.

Bahkan, sebuah penelitian menganjurkan untuk mengonsumsi ikan gurame atau jenis ikan lainnya setidaknya dua kali per minggu. Mengonsumsi ikan dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya serangan jantung atau stroke.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar manfaat ikan gurame atau mengalami gejala alergi setelah mengonsumsi ikan ini, berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan informasi atau penanganan yang sesuai.

 

Sumber : Alodokter.com

Dilihat : 269 kali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button