Gizi Nutrisi

5 Manfaat Ikan Nila untuk Kesehatan

Manfaat ikan nila untuk kesehatan tak perlu diragukan lagi. Salah satu jenis ikan air tawar ini dipercaya bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, otak, hingga jantung. Semua itu berkat kandungan nutrisi yang terdapat di dalam ikan nila.

Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan yang cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain mudah ditemukan dan dijual dengan harga yang terjangkau, ikan nila juga memiliki manfaat yang tak kalah penting dibandingkan dengan jenis ikan air tawar lainnya. Manfaat ikan nila ini dapat diperoleh berkat kandungan nutrisi di dalamnya.

Kandungan dan Manfaat Ikan Nila

Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang terkandung di dalam ikan nila:

Jika ditilik dari berbagai nutrisi di atas, beberapa manfaat ikan nila untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan adalah:

1. Menurunkan berat badan

Selain bermanfaat untuk membentuk massa otot, protein di dalam ikan nila juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan menekan keinginan untuk makan berlebih. Hal ini membuat ikan nila sangat cocok untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

2. Meningkatkan kesehatan mata

Manfaat ikan nila selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan mata Anda. Hal ini karena ikan nila mengandung vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh agar penglihatan Anda tetap berfungsi dengan baik. Selain itu, vitamin A juga berguna untuk mencegah berbagai penyakit mata, misalnya degenerasi makula dan rabun senja.

3. Menangkal radikal bebas

Kandungan selenium di dalam ikan nila berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas merupakan pemicu stres oksidatif yang dapat membahayakan tubuh karena dapat merusak sel dan memicu terjadinya beragam penyakit kronis.

4. Menjaga kesehatan otak dan jantung

Manfaat ikan nila yang tak kalah penting adalah mampu menjaga kesehatan otak dan jantung Anda. Hal ini terjadi berkat kandungan asam lemak omega-3 dalam di dalam ikan nila. Selain itu, jenis asam lemak sehat ini diketahui juga dapat mengurangi tekanan darah dan trigliserida.

5. Mencegah anemia defisiensi besi

Kandungan zat besi di dalam ikan nila dinilai bermanfaat dalam mencegah anemia defisiensi besi. Berkat nutrisi tersebut, ikan nila bisa menjadi pilihan menu sehat untuk penderita anemia.

Selain beberapa manfaat di atas, ikan nila juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Manfaat ikan nila ini bisa Anda dapatkan berkat kandungan kalsium di dalamnya.

Tidak hanya daging ikan nila yang bisa Anda manfaatkan, kulit ikan nila juga bisa Anda gunakan untuk membantu mengobati luka bakar.

Perlu Anda ketahui bahwa berbagai manfaat ikan nila di atas masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut. Namun, tak ada salahnya jika Anda ingin memasukkan ikan nila sebagai pilihan menu harian. Pasalnya, ikan ini mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Agar manfaat ikan nila dapat Anda peroleh secara maksimal, pastikan Anda membeli ikan nila yang masih segar. Jangan lupa untuk mencuci ikan nila di bawah air mengalir hingga bersih sebelum diolah menjadi hidangan yang lezat.

Selain itu, perhatikan juga porsi ikan nila saat Anda mengonsumsi ikan ini. Bila perlu, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter untuk mengetahui porsi ikan nila yang disarankan sesuai kondisi kesehatan Anda.

 

Sumber : Alodokter.com

Dilihat : 274 kali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button