Tips Sehat

5 Manfaat Merendam Kaki dengan Air Hangat yang Sayang jika Dilewatkan

Merendam kaki dengan air hangat setelah seharian beraktivitas bisa menjadi pilihan yang baik untuk merelaksan tubuh. Bahkan, dengan menambahkan bahan tertentu ke dalam air hangat juga dapat membantu mengatasi keluhan-keluhan yang ada di kaki, lho.

Bagi pekerja yang aktivitas hariannya lebih banyak berdiri, berjalan, atau hanya duduk di kursi, keluhan kaki pegal, badan letih, dan stres mungkin saja bisa dirasakan. Untuk membantu mengatasi kondisi tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah merendam kaki dengan air hangat.

Beragam Manfaat Merendam Kaki dengan Air Hangat

Merendam kaki di air hangat dapat dilakukan tanpa atau dengan bahan tambahan, seperti garam Epsom atau cuka.

Cara melakukannya tidak sulit, kok. Cukup dengan mengisi baskom atau ember dengan air hangat, lalu rendam kaki di dalam wadah tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mengompres masing-masing kaki dengan kantong plastik yang berisi air hangat.

Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari merendam kaki dengan air hangat, yaitu:

1. Mengatasi pegal atau nyeri otot kaki

Pegal atau nyeri otot di kaki bisa diatasi dengan merendam kaki di air hangat. Aktivitas ini dapat membuat peredaran darah di kaki lebih lancar, sehingga rasa nyeri dan bengkak bisa mereda.

2. Mengobati cantengan

Cantengan dapat menimbulkan bengkak dan rasa sakit di kaki. Untuk mengatasinya, kamu bisa merendam kaki dengan air hangat yang dicampur garam. Selain meredakan nyeri dan mengempiskan bengkak, mencampurkan garam ke rendaman air hangat juga dapat membersihkan cantengan.

Di samping itu, sebisa mungkin jangan biarkan kakimu lembap, gunakan sandal yang nyaman, serta hindari pakai kaus kaki atau sepatu yang sempit untuk mengatasi cantengan.

Kalau perlu, kamu bisa kok mengonsumsi obat pereda nyeri. Namun, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan jenis, dosis, dan durasi pakai obat yang sesuai dengan kondisimu.

3. Menghilangkan kapalan

Kapalan atau callus adalah kondisi ketika kulit menebal dan mengeras. Kondisi ini sering terjadi di telapak kaki atau ujung jari kaki. Saat mengalami kapalan, kamu bisa merendam kaki menggunakan air hangat agar kulit yang kapalan melunak.

4. Mengurangi bau kaki

Bau kaki bisa terjadi ketika keringat dan bakteri di kaki menumpuk. Untuk mengurangi bau kaki, kamu bisa merendam kaki dengan air hangat yang dicampur garam Epsom atau cuka selama 10–20 menit setiap seminggu sekali.

Kedua bahan tersebut mampu mencegah bakteri penyebab bau kaki tumbuh dan berkembang biak. Namun, ingat ya, kalau ada luka atau iritasi di kaki, jangan tambahkan cuka ke dalam air hangat.

5. Mengurangi stres

Kalau lagi stres, coba deh rendam kakimu dengan air hangat. Merendam kaki di air hangat dengan campuran garam Epsom bisa membuat tubuhmu menjadi lebih relaks, sehingga stres dapat mereda.

Selain garam Epsom, kamu juga bisa mencampurkan air rendaman kaki dengan minyak bunga lavenderMerendam kaki sembari menghirup aromaterapi bisa membantumu lebih mudah tidur.

Manfaat merendam kaki dengan air hangat sayang sekali nih jika kamu lewatkan. Meski begitu, perlu diingat kalau manfaat dari aktivitas ini sifatnya hanya membantu dan bukan sebagai pengobatan utama, ya.

Kalau kamu sudah mencoba beragam cara di atas tetapi kaki masih terasa pegal atau keluhan di kaki tidak mereda atau semakin berat, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan kondisimu.

 

Sumber : Alodokter.com

Dilihat : 106 kali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button