Artikel Kesehatan

6 Pilihan Buah yang Aman untuk Asam Lambung

Penderita penyakit asam lambung harus selektif dalam memilih makanan, tak terkecuali buah-buahan. Buah yang aman untuk asam lambung adalah buah yang tidak terlalu asam, seperti pisang, kelapa, melon, semangka, atau alpukat.

Produksi asam di lambung bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah makanan yang dikonsumsi. Konsumsi buah-buahan sitrus, seperti jeruk dan lemon, dapat memicu peningkatan produksi asam di lambung, sehingga tidak disarankan bagi penderita penyakit asam lambung (GERD).

Selain itu, buah-buahan yang sangat asam juga dapat mengiritasi lapisan lambung dan kerongkongan. Hal ini akan memperburuk gejala penyakit asam lambung, seperti mual dan muntah, heartburn, nyeri dada, hingga kesulitan menelan.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena masih banyak buah yang aman untuk asam lambung yang bisa dimasukkan ke dalam menu diet sehat Anda sehari-hari.

Beragam Buah yang Aman untuk Asam Lambung

Buah yang aman untuk asam lambung adalah buah dengan pH tinggi atau memiliki kadar asam yang rendah. Buah-buahan tersebut tidak akan memicu peningkatan produksi asam di lambung.

Berikut ini adalah beberapa pilihan buah yang baik dikonsumsi oleh penderita penyakit asam lambung:

1. Pisang

Pisang tergolong buah yang rendah asam, sehingga menjadi salah satu buah yang aman untuk asam lambung. Buah ini juga mengandung serat yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Semakin sehat sistem pencernaan Anda, semakin rendah risiko Anda terkena penyakit asam lambung.

Selain mengandung serat, pisang juga kaya akan kalium, elektrolit, dan vitamin B6 yang baik untuk kesehatan jantung dan tulang Anda.

2. Apel

Apel merupakan salah satu pilihan buah yang aman untuk asam lambung karena kadar asamnya tergolong rendah. Selain itu, apel juga kaya akan serat yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama, serta membantu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah kenaikan gula darah.

3. Melon

Karena memiliki kadar asam sangat rendah, melon juga termasuk ke dalam buah yang aman untuk asam lambung. Buah dengan daging berwarna hijau atau jingga ini juga mengandung kalium yang baik untuk kesehatan jantung, serta kaya akan senyawa antioksidan yang berperan penting dalam mencegah peradangan.

4. Semangka

Buah yang mengandung banyak air ini memiliki pH yang cukup tinggi, yakni sekitar 5,2–6,7, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit asam lambung. Tak hanya itu, semangka juga merupakan sumber likopen, yaitu senyawa antioksidan yang berperan dalam mencegah kerusakan sel tubuh.

5. Kelapa

Kelapa bisa dikatakan sebagai buah yang paling tidak asam. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu buah yang aman untuk asam lambung. Selain baik untuk kesehatan lambung, buah berdaging lembut ini juga dapat meningkatkan fungsi otak serta menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

6. Alpukat

Penderita GERD yang menyukai jus alpukat mungkin bisa bernapas lega karena buah bertekstur halus dan lembut ini tergolong rendah asam. Selain diolah menjadi jus, Anda juga dapat menikmati alpukat sebagai isian roti lapis.

Masih banyak buah yang aman untuk asam lambung yang bisa Anda nikmati setiap hari, seperti buah kurma, tin (ara), dan pepaya. Buah-buahan tersebut termasuk ke dalam buah yang memiliki pH tinggi dan dapat ditoleransi dengan baik oleh lambung.

Selain beragam buah-buahan di atas, ada beberapa jenis makanan yang juga baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung, yaitu:

  • Sayur-sayuran, seperti brokoli, kembang kol, sayuran berdaun hijau, dan timun
  • Jahe
  • Putih telur
  • Sumber lemak sehat, seperti minyak zaitun, minyak wijen, dan minyak bunga matahari
  • Daging tanpa lemak, seperti dada ayam tanpa kulit dan ikan
  • Biji-bijian
  • Kacang almond

Selain mengonsumsi makanan yang tepat, Anda juga perlu mempraktikkan pola hidup sehat agar gejala penyakit asam lambung dapat terkendali. Berikut ini adalah beberapa pola hidup sehat yang bisa Anda terapkan:

  • Mempertahankan berat badan yang ideal
  • Makan dalam porsi yang sewajarnya dan tidak berlebihan
  • Makan secara perlahan atau tidak terburu-buru
  • Tidak langsung berbaring setelah makan, setidaknya tunggu hingga 3–4 jam
  • Membatasi konsumsi minuman beralkohol
  • Menghentikan kebiasaan merokok
  • Tidak menggunakan pakaian yang ketat

 

Sumber : Alodokter.com

Dilihat : 340 kali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button