Tips Sehat

7 Cara Menghilangkan Stretch Mark secara Alami

Selain menggunakan produk skincare, ada pula cara menghilangkan stretch mark secara alami yang bisa dilakukan. Anda bisa memanfaatkan bahan alami, seperti minyak kelapa, lemon, dan lidah buaya, yang mampu melembapkan dan mencerahkan kulit sehingga stretch mark dapat tersamarkan.

Stretch mark muncul akibat kulit meregang atau mengendur dengan cepat. Kondisi ini ditandai dengan adanya guratan berwarna merah, putih, atau hitam yang biasanya muncul di area perut, payudara, pinggul, paha, atau bokong.

Meski tidak berbahaya, stretch mark dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Hal ini membuat banyak orang mencoba berbagai metode perawatan kulit yang cukup mahal untuk menyamarkannya.

Padahal, ada berbagai cara menghilangkan stretch mark secara alami yang dapat Anda lakukan. Cara ini diketahui jauh lebih terjangkau dan praktis karena menggunakan bahan alami yang mungkin saja dapat Anda temukan di rumah.

Cara Menghilangkan Stretch Mark

Ada banyak bahan alami di rumah yang bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan stretch mark. Berikut ini adalah cara beserta bahan yang dapat digunakan:

1. Mengoleskan minyak kelapa

Kandungan asam lemak yang terdapat dalam minyak kelapa mudah menyerap ke dalam kulit. Selain itu, bahan alami ini juga bersifat antiradang dan dapat mendorong produksi kolagen sehingga mampu menyamarkan stretch mark.

Cara menghilangkan stretch mark secara alami dengan minyak kelapa juga cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan minyak ini ke area stretch mark dan diamkan semalaman. Lakukan secara rutin hingga stretch mark tampak pudar.

2. Membalurkan putih telur

Putih telur juga dapat digunakan untuk menyamarkan stretch mark. Ini karena di dalam putih telur terdapat asam amino dan protein yang dapat mengganti sel kulit mati dengan sel kulit baru yang sehat, sehingga tampilan stretch mark tersamarkan.

Untuk mendapatkan manfaat putih telur ini, kocoklah 2 putih telur. Setelah mengembang, oleskan ke kulit dan diamkan hingga mengering. Selanjutnya, bilas dengan air bersih. Untuk hasil terbaik, Anda bisa mengoleskannya 2–3 kali seminggu.

3. Memanfaatkan air perasan lemon

Untuk memudarkan stretch mark dengan cara ini, Anda bisa memanfaatkan lemon karena kandungan asam di dalamnya bisa menyamarkan stretch mark yang muncul.

Cara menghilangkan stretch mark secara alami ini dapat dilakukan dengan mudah. Anda hanya perlu merendam bola kapas ke dalam air perasan lemon, lalu letakkan bola kapas ini ke area kulit yang memiliki stretch mark dan diamkan selama 10 menit.

4. Mengoleskan minyak zaitun

Kandungan vitamin E yang tinggi di dalam minyak zaitun dapat melembapkan sekaligus menyamarkan stretch mark. Cara mendapatkan manfaat ini dapat dilakukan dengan mengoleskan minyak zaitun ke area stretch mark.

Pijat secara lembut dan diamkan semalaman atau selama 20–30 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Anda perlu rutin memijat kulit yang terdapat stretch mark menggunakan minyak ini karena hasilnya tidaklah instan, sehingga Anda perlu lebih sabar menggunakannya.

5. Mengoleskan pasta kunyit

Tidak hanya dapat digunakan sebagai bumbu penyedap makanan, kunyit juga dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk memudarkan stretch mark. Manfaat kunyit ini bisa diperoleh berkat kandungan kurkumin di dalamnya.

Untuk menghilangkan stretch mark dengan kunyit, Anda dapat mencampur bubuk kunyit dengan air secukupnya dan aduk hingga membentuk pasta. Selanjutnya, oleskan ke kulit dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin 1–2 kali seminggu agar stretch mark hilang.

6. Melakukan eksfoliasi menggunakan gula

Anda bisa menjadikan gula sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit menjadi lebih halus dan tidak kusam. Dengan demikian, tampilan stretch mark di kulit dapat memudar.

Untuk membuat scrub dari gula, Anda hanya perlu mencampur ½ cangkir gula dengan minyak kelapa atau minyak almond secukupnya. Oleskan ke kulit dan pijat secara lembut agar sel kulit mati terangkat dengan baik. Lakukan sebanyak 2–3 kali seminggu untuk memaksimalkan hasilnya.

7. Mengoleskan lidah buaya

Lidah buaya juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan stretch mark. Manfaat lidah buaya untuk kulit ini bisa diperoleh berkat kemampuannya untuk menyembuhkan luka, termasuk luka jaringan parut seperti stretch mark.

Cara untuk mendapatkan manfaat lidah buaya ini tidak sulit. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke area kulit tempat munculnya stretch mark. Selanjutnya, pijat secara lembut dan lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

Cara-cara alami di atas memang dapat membantu menghilangkan stretch mark, tetapi memerlukan waktu yang cukup lama untuk melihat hasilnya. Oleh karena itu, Anda perlu lebih sabar dan menerapkannya secara rutin agar stretch mark benar-benar tersamarkan.

Jika cara menghilangkan stretch mark secara alami telah Anda terapkan selama berbulan-bulan tetapi hasilnya tidak juga memuaskan, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter, apalagi jika Anda terganggu karena stretch mark sangat terlihat saat menggunakan baju tertentu, seperti rok mini atau bikini.

Dokter akan merekomendasikan cara menghilangkan stretch mark secara medis, seperti terapi laser, mikrodermabrasi, atau microneedling yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit Anda.

 

Sumber : Alodokter.com

Dilihat : 392 kali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button