Artikel Kesehatan

7 Cara Mengobati Kuku Cantengan di Rumah

Kuku cantengan yang tidak disertai dengan infeksi bisa ditangani di rumah. Ada banyak cara mengobati kuku cantengan di rumah, mulai dari merendam jari dalam air sabun hangat, menggunakan pelindung jari, hingga mengoleskan salep antibiotik.

Kuku cantengan terjadi ketika ujung kuku tumbuh ke dalam kulit. Meski umumnya terjadi pada jempol kaki, cantengan juga bisa timbul di semua kuku kaki. Kondisi ini dapat menyebabkan bengkak, kemerahan, dan rasa sakit pada kulit di sekitar kuku yang mengalami cantengan.

Jika cantengan tergolong ringan dan tidak menimbulkan infeksi, beragam cara mengobati cantengan di rumah bisa Anda lakukan.

Cara Mengobati Kuku Cantengan dengan Perawatan di Rumah

Berikut ini adalah berbagai cara mengobati kuku cantengan di rumah:

1. Merendam kaki dalam air sabun hangat

Merendam kaki dengan air sabun hangat dipercaya dapat meredakan bengkak pada kuku cantengan. Anda dapat menambahkan garam Epsom ke dalam air sabun untuk meredakan rasa sakit.

Cara mengobati kuku cantengan ini dapat Anda lakukan sebanyak 3 kali sehari selama 15–20 menit.

2. Merendam kaki dengan cuka apel

Cuka apel dipercaya memiliki sifat antiradang, antinyeri, dan antiseptik. Oleh karena itu, bahan dapur yang satu ini banyak digunakan sebagai cara mengobati kuku cantengan.

Anda dapat mencampurkan ¼ gelas cuka apel dengan air hangat. Lalu rendam kaki Anda ke dalam larutan tersebut selama sekitar 20 menit dan keringkan dengan handuk bersih.

3. Menggunakan pelindung jari kaki

Penggunaan pelindung jari kaki bertujuan untuk mencegah kuku kaki tumbuh ke dalam kulit. Produk ini tersedia dalam bentuk seperti cincin yang hanya menutupi area yang terkena cantengan atau pelindung yang menutupi seluruh jari kaki.

Beberapa produk pelindung jari kaki ada juga yang dilengkapi dengan gel khusus untuk melembutkan kuku kaki agar mudah dipotong.

4. Menggunakan penyangga kaki (toe brace)

Penyangga kaki dapat mengangkat tepi kuku sehingga kuku tidak tumbuh ke dalam kulit. Penyangga kaki biasanya terbuat dari bahan komposit yang tipis dan lengket, serta direkatkan pada bagian atas kaki. Anda bisa membeli penyangga kaki (toe brace) di apotek terdekat.

5. Menghindari penggunaan high heels atau sepatu yang sempit

Saat menderita kuku cantengan, hindari penggunaan high heels atau sepatu yang sempit untuk mencegah perburukan kondisi. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan sandal yang nyaman atau sepatu dan kaus kaki yang pas. Ini dilakukan untuk membatasi tekanan pada kuku kaki.

6. Mengoleskan salep antibiotik

Pemberian salep antibiotik yang dijual bebas bisa menjadi cara mengobati kuku cantengan di rumah. Antibiotik mampu mengurangi risiko infeksi dan mempercepat proses penyembuhan cantengan.

Anda dapat menggunakan salep ini hingga 3 kali sehari atau sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan. Setelah mengolesksn salep antibiotik, Anda disarankan untuk menutup kuku kaki dengan perban.

7. Mengonsumsi obat pereda nyeri

Saat rasa nyeri akibat kuku cantengan sudah tak tertahankan, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti acetaminophen, ibuprofen, atau naproxen. Pastikan Anda mengonsumsi obat pereda nyeri sesuai dosis yang tertera pada label kemasan.  

Namun, jika beberapa cara mengobati kuku cantengan di rumah ini tidak membuat kondisi cantengan menjadi lebih baik, atau justru menimbulkan rasa sakit parah, peradangan, serta keluarnya nanah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.  Dokter dapat merekomendasikan penanganan sesuai tingkat keparahan kuku cantengan.

Berikut adalah cara penanganan kuku cantengan yang dapat dilakukan oleh dokter:

  • Mengangkat kuku yang tumbuh ke dalam
  • Menempelkan perekat untuk menarik kulit di sekitar kuku cantengan
  • Mencabut sebagian kuku
  • Menghilangkan sebagian kuku bersama jaringan di bawahnya

Jika Anda menderita kuku cantengan, jangan ragu untuk pergi ke dokter guna mendapatkan penanganan atau cara mengobati kuku cantengan yang sesuai.

 

Sumber : Alodokter.com

Dilihat : 217 kali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button