priaberkeringatts

7 Indikasi Tubuh Kurang Sehat

Dalam menjaga kesehatan, kita sering kali bersalah dengan menyepelekan tanda-tanda yang ditunjukan oleh tubuh. Sering kali kita menganggap diri kita berada dalam keadaan sehat sebagaimana kita tidak memiliki gejala-gejala yang menunjukan penyakit di dalam tubuh.

Faktanya, tubuh sering kali menunjukan sejumlah indikasi yang biasanya luput dari perhatian kita. Kegagalan dalam membaca tanda-tanda tersebut tentu saja dapat memperburuk kondisi tubuh, berikut kami berikan 7 tanda yang menunjukan bahwa Anda tidak sehat.

1. Bibir pecah-pecah

Orang-orang sering menganggap hal ini sebagai dampak dari perubahan cuaca, tetapi bibir yang pecah khususunya di ujung bibir dapat berarti kurangnya Vitamin B12. Kurangnya Vitamin B12 di dalam tubuh dapat mengakibatkan masalah kesehatan seperti anemia. Jadi pastikan Vitamin B12 dalam tubuh Anda selalu terpenuhi dengan konsumsi makanan kaya Vitamin B12 dan suplemen.

2. Tubuh Anda semakin pendek

Ini mungkin terdegar aneh di telinga Anda, tetapi seiring dengan bertambahnya usia tubuh manusia cenderung mengalami penyusutan. Namun, yang perlu diperhatikan adalah tingkat penyusutan yang menjadi indikasi dari osteoporosis. Dengan osteoporosis tulang akan beresiko mengalami keretakan bahkan patah. Jadi dengan diagnosa awal dari tinggi tubuh, Anda dapat melakukan perubahan pada menu makanan untuk mecegah memburuknya kondisi tulang.

3. Sering terkena flu

Jika tubuh Anda rentan terkena flu, hal ini mungkin menunjukan adanya masalah atau lemahnya sistem kekebalan tubuh. Hal ini juga dapat berarti kurangnya asupan Vitamin C atau bahkan serangan virus yang tidak Anda ketahui. Terkena flu memang hal yang sangat wajar, namun jika terlalu sering Anda patut melakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui apakah ada masalah dengan kesehatan Anda.

4. Warna urin terlalu kuning

Urin adalah indikator penting kesehatan tubuh secara umum, oleh karena itu sangatlah penting untuk memperhatikan warna urin Anda. Jika Anda mengkonsumsi cukup air, pada umumnya urin Anda akan berwarna bening. Tetapi, jika Anda sudah minum cukup air dan air seni Anda masih berwarna kuning gelap, hal itu dapat berarti masalah di dalam ginjal Anda. Jika hal ini terjadi pada Anda cobalah untuk meningkatkan konsumsi air dan lihat apakah terjadi perubahan. Jika warna urin masih kuning Anda wajib memeriksa kesehatan ginjal Anda ke dokter.

5. Kulit Anda selalu bermasalah

Jika Anda megalami gangguan kulit seperti jerawat, eksim dan gangguan lainnya secara teratur, hal ini bukan saja berarti Anda tidak memperhatikan kesehatan kulit atau memilih produk kulit yang salah. Kemungkinan, hal ini merupakan akibat dari reaksi alergi atau stres. Kulit merupakan organ terbesar yang dimiliki tubuh, jadi perhatikan tanda-tanda pada kulit, sering kali tubuh memberikan sinyal melalui kulit.

6. Insomnia

Jika pola tidur Anda terganggu atau sering mengalami insomnia, hal ini dapat berarti tubuh dan pikiran Anda sedang mengalami banyak tekanan. Ketkia kita tidur, seharusnya tubuh menurunkan kadar cortisol di dalam darah, namun ketika Anda mengalami stres hal ini tidak terjadi. Saat kadar cortisol tinggi, tubuh kita berjuang sendiri untuk memperbaiki dan mengisi ulang tenaga. Ketika hal itu terjadi tubuh menjadi rentan terhadap segala macam penyakit akibat menurunnya sistem kekbalan tubuh.

7. Anda merasa lelah bahkan setelah cukup tidur

Jika Anda merasa sudah cukup beristirahat di malam hari, tetapi masih merasa lelah di siang hari. kemungkinan besar Anda mengalami masalah dengan thyroid. Masalah ini terjadi akibat lelahnya kelenjar adrenal yang berujung pada penggunaan energi lebih awal oleh tubuh. Jika terus dibiarkan masalah ini dapat berdampak pada menurunnya kesehatan tubuh. Segera lakukan pengecekan thyroid untuk mencegah terjadinya masalah-masalah kesehatan lainnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *