Artikel Kesehatan

8 Manfaat Rosehip Oil bagi Kesehatan Kulit

Rosehip oil merupakan salah satu jenis minyak yang sedang naik daun di kalangan pecinta skin care. Manfaat rosehip oil yang begitu melimpah membuatnya dianggap sebagai produk andalan baru dalam dunia kecantikan.

Rosehip oil merupakan minyak yang berasal dari hasil penyulingan buah rosehip, yaitu buah yang terdapat pada tanaman mawar yang sudah mati. Buah rosehip dengan kualitas baik dihasilkan dari tanaman Rosa canina yang banyak terdapat di negara Chili.

Kandungan asam lemak esensial, vitamin, dan berbagai senyawa yang bersifat antioksidan di dalammya, membuat rosehip oil dapat memberikan segudang manfaat untuk kesehatan kulit dan menjadikannya sebagai salah satu jenis face oil yang diminati saat ini.

Lantas, apa saja manfaat rosehip oil bagi kesehatan kulit? Simak artikel ini untuk mengetahuinya.

Manfaat Rosehip Oil bagi Kesehatan Kulit

Berikut ini adalah berbagai manfaat rosehip oil yang membuatnya populer di dunia kecantikan:

1. Menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit

Banyaknya kandungan asam lemak esensial dalam rosehip oil bermanfaat untuk menjaga kandungan air di kulit, sehingga kulit tetap terhidrasi dan terjaga kelembapannya. Kulit yang terhidrasi dengan baik dapat mencegah penuaan dini.

2. Mencerahkan kulit

Manfaat rosehip oil untuk mencerahkan kulit diperoleh dari vitamin A atau retinol di dalamnya. Senyawa ini dapat memberikan efek pengelupasan yang bertujuan untuk proses regenerasi kulit. Dengan begitu, lapisan kulit yang lebih sehat akan terbentuk sehingga wajah tampak lebih cerah dan glowing.

3. Menjaga elastisitas kulit

Selain memicu pengelupasan sel kulit mati atau eksfoliasi, kandungan vitamin A dalam rosehip oil juga bermanfaat dalam pembentukan kolagen. Kolagen adalah protein yang penting untuk menjaga elastisitas kulit.

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen di dalam tubuh akan berkurang. Nah, Anda bisa memanfaatkan rosehip oil untuk menjaga elastisitas kulit Anda.

4. Meredakan peradangan kulit

Rosehip oil juga kaya akan polifenol, antosianin, dan vitamin E yang bersifat antioksidan. Sifat antioksidan pada berbagai kandungan tersebut dapat meredakan peradangan kulit akibat psoriasis, eksim, maupun jerawat.

5. Melindungi kulit dari sinar UV

Antioksidan pada rosehip oil terbukti mampu melindungi kulit dari dampak sinar UV, misalnya penuaan dini dan kanker kulit. Meski begitu, penggunaan rosehip oil sebagai pengganti tabir surya tidak dianjurkan.

Ini karena tabir surya mengandung SPF dan PA sebagai pelindung kulit dari sinar UV yang tidak dimiliki oleh rosehip oil.

6. Mengatasi hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah kondisi kelebihan melanin yang ditandai dengan bercak gelap pada kulit. Manfaat rosehip oil dalam mengatasi hiperpigmentasi dikarenakan banyaknya senyawa pencerah kulit, seperti vitamin A, likopen, dan beta karoten.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rosehip oil dapat mengurangi melanin. Namun, penelitian ini baru dilakukan pada hewan sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya pada manusia.

7. Menyamarkan bekas luka dan garis halus

Manfaat rosehip oil sebagai penyembuh luka telah dipercaya sejak zaman dahulu. Seiring berjalannya waktu, rosehip oil diketahui mampu menyamarkan bekas luka dan garis halus.

Hal ini didukung oleh beragam senyawa yang memiliki sifat antioksidan dan asam lemak esensial yang berfungsi dalam proses regenerasi jaringan serta memicu pembentukan kolagen, sehingga bekas luka dan garis halus menjadi tersamarkan.

8. Mencegah infeksi bakteri

Kandungan asam lemak esensial dan antioksidan pada rosehip oil sangat penting dalam menjaga kesehatan dan kekuatan jaringan kulit, sehingga kulit terhindar dari infeksi bakteri.

Selain bermanfaat untuk kesehatan kulit, penelitian juga menemukan manfaat rosehip oil dalam mengatasi berbagai penyakit lain, seperti rheumatoid arthritis, osteoporosis, bahkan diabetes. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas rosehip oil dalam menyembuhkan penyakit tersebut.

Panduan Penggunaan Rosehip Oil untuk Kesehatan Kulit

Rosehip oil dapat langsung digunakan pada kulit, dijadikan sebagai carrier oil atau campuran minyak esensial lainnya, maupun dicampur dengan pelembap.

Anda dianjurkan untuk melakukan uji alergi sebelum menggunakan rosehip oil secara rutin. Caranya, oleskan sedikit rosehip oil ke lengan dan tunggu selama 24 jam. Apabila tidak muncul reaksi alergi, Anda dapat menggunakan minyak ini 2 kali sehari.

Guna mendapatkan manfaat rosehip oil secara maksimal, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter lebih dulu jika memiliki masalah kulit tertentu. Hal ini bertujuan untuk mencegah reaksi tertentu atau perburukan masalah kulit Anda.

 

Sumber : Alodokter.com

Dilihat : 113 kali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button