garam dapur

Aneka Manfaat Garam Dapur

1. Mengurangi Tingkat Keasinan
Terkesan aneh, namun Ikan Asin yang rasanya terlalu asin akan berkurang keasinannya setelah dicuci dengan larutan air garam. Ternyata garam yang menempel pada ikan asin akan ikut larut dalam larutan air garam dapur. Ibu-ibu pasti tahu cara yang satu ini.

2.Mengurangi Keasaman Buah
Pada Buah yang rasanya asam, misalnya kedondong atau mangga muda dapat dibubuhi garam sebelum dibuat manisan buah. Setelah itu kadar keasamannya akan berkurang.

3. Menjaga Sayuran Agar Tetap Fresh
Masak air yang telah dibubuhi garam sampai mendidih. Rebus sayuran di dalamnya.Biarkan hingga sayuran matang seperti biasa. Gimana? masih lumayan segar kan sayurnya?

4. Menghilangkan Efek Gatal Pada Nanas
Hati-hati kalau makan nanas. Salah-salah gatal tenggorokanmu begitu pesan ibu, bukan? Padahal dengan garam risiko itu bisa dihilangkan. Setelah nanas di kupas dan dibuang mata kulitnya, segera oleskan garam. Nah, kini nanas aman di makan. Anda tak perlu khawatir lagi nanas membuat tenggorokan Anda gatal. Selain itu nanas akan terasa lebih manis.

5. Mengurangi Sakit Gigi
Rasa sakit gigi yang berdenyut dapat berkurang bila Anda berkumur dengan air yang hangat di bubuhi garam. Kebiasaan berkumur dengan air garam juga berkhasiat menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.

6. Menghilangkan Pegal di Kaki
Kaki yang pegal tak perlu selalu direparasi ke tukang urut. Rendam saja kaki anda di dalam ember yang berisi air hangat yang telah dilarutkan dalam garam dapur. Setelah itu rendam lagi kaki di ember lain yang berisi air dingin. Lakukan beberapa kali bergantian. Kaki Anda akan kembali pulih seperti sedia kala.

7. Menghilangkan Noda Darah di Kain
Sungguh sulit menghilangkan bekas darah terutama bila darah sudah mengering. Tapi dengan garam, noda darah sama sekali bukan masalah. Rendam kain yang bernoda darah dalam air larutan garam. Cuci bersih memakai sabun atau deterjen. Bila belum terlalu hilang, kucek sebentar.

8. Menjaga Agar Ikan Tak Lengket di Wajan
Alangkah menyebalkannya bila ikan yang kita goreng lengket di wajan. Kulit ikan terkelupas hingga ikan goreng Anda tak sedap di pandang mata. Cara paling jitu tentu menggoreng ikan di wajan berlapis teflon. Namun bila Anda tidak memilikinya, tak usah kecil hati. Cegahlah keadaan ini dengan cara berikut. Gosok wajan dengan garam dapur sebelum dituangi minyak. Anda boleh mencobanya dan melihat hasilnya.

9. Menghilangkan Rasa Panas Pada Kulit
Tangan terkadang terasa terbakar setelah mengiris cabe. Untuk menghilangkannya, rendam tangan atau jari-jari Anda di air hangat yang telah dilarutkan garam. Diamkan sejenak sampai rasa panas itu berkurang.

10. Mengurangi Rasa Pedas
Garam juga dapat mengurangi sedikit rasa pedas loh, cobalah mengolesi lidah anda dengan garam kemudian ajaklah teman anda lomba makan pedas.hehe.. di jamin anda bisa lebih tahan pedas.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *