aneka manfaat madu

Aneka Manfaat Madu

aneka manfaat maduManfaat madu bagi tubuh manusia baik yang belum terungkap atau keajaiban-keajaiban dan yang telah terungkap antara lain sebagai berikut:

1. Mencegah Kanker

Madu memiliki khasiat dalam mencegah kanker karena kandungan flavonoids dan antioksidan yang dapat mencegah timbul/munculnya kanker. Contohnya kanker perut dan kanker tulang stadium lanjut dapat disembuhkan dengan campuran madu dan kayu manis, cukup dengan 1 sendok madu dan kayu manis dengan pemakaian 3 kali dalam 1 hari selama sebulan.

2. Sumber Vitamin dan Mineral

Madu kaya akan vitamin dan mineral serta gizi yang berlimpah, namun madu juga tidak selalu memiliki kandungan vitamin, mineral dan gizi yang berlimpah atau sangat banyak tergantung dari nektar bunga yang dihisap oleh lebah.

3. Meningkatkan Stamina

Madu jangan bermanfaat bagi Anda yang ingin meningkatkan stamina. Madu memiliki kandungan yang dapat membantu tubuh dalam mengontrol gula darah dan membantu penyembuhan otot serta pemulihan setelah menjalani aktivitas yang berat.

4. Mengobati Batuk dan Radang Tenggorokan

Madu dapat mengobati batuk dan radang pada tenggorokan ini bukan sekadar lelucon, madu dapat mengobati batu dan radang tenggorokan karena dilihat dari kandungan madu yang anti bakteri pada madu dapat melawan dan membunuh mikrobakteri penyerang radang dan infeksi tenggorokan.

5. Menurunkan Kolesterol

Madu kaya kandungan mineral dan vitamin yang dapat membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol buruk) dalam tubuh.

6. Menyembuhkan Pilek

1 sendok makan madu suam-suam dan 1/4 sendok teh bubuk kayu manis dalam 3 kali sehari. Ramuan ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit pilek ringan sampai kronis.

7. Menghentikan Kerontokan Rambut

Madu dapat menghentikan dan menyembuhkan kerontokan. Caranya campurkan madu dengan minyak zaitun serta bubuk kayu manis masing-masing 1 sendok, lalu usapkan pada kepala, diamkan selama 15 menit baru dibasuh dengan air. Hal ini dilakukan sebelum mandi.

8. Mengobati Infeksi Kandung Kemih

Infeksi kandung kemih sangat berbahaya, tetapi hal tersebut dapat disebuhkan dengan ramuan-ramuan tradisional seperti campuran 2 senduk makan bubuk kayu manis dan 1 sendok madu serta segelas air, ramuan ini dapat membunuh kuman-kuman dalam kandung kemih.

9. Meredakan Sakit Gigi

Manis madu lebih dari gula, pasti akan membuat khawatir pada gigi kita, tetapi ternyata itu salah, manis madu berasal dari gula yang memiliki kadar indeks glikemik sehingga dapat membuat madu dapat meredakan sakit gigi.

10. Menyuburkan Organ Intim Wanita

Selama bertahun-tahun madu digunakan oleh bangsa yunani dan ayurveda untuk memperkuat sel sperma dengan mengonsumsi madu dua sendok sehari akan membuat sel sperma menjadi subur dan begitu pun pada wanita terutama sulit hamil dengan sering-sering mengoleskan campuran 1 sendok madu dan sesendok bubuk kayu manis pada gusirnya. Kayu manis dan air ludah akan bercampur dengan air ludah dan akan memasuki tubuh.

11. Mengobati Sakit Perut

Madu dapat mengatasi masalah pencernaan. Konsumsi 1 sendok madu yang dicampur dengan air dan setengah lemon serta dengan segelas air panas setiap pagi akan menyembuhkan sakit perut.

12. Mengatasi Kelelahan

Untuk memulihkan dan mengembalikan energi yang terkuras dapat dikembalikan dengan mudah dengan mengonsumsi madu. Madu dapat mengontrol gula yang terdapat dalam darah dan membantu penyembuhan otot.

13. Menghilangkan Kembung

Penelitian di India dan Jepang menyebutkan bahwa campuran madu dan kayu manis berkhasiat mengurangi gas dalam perut sehingga dapat menghilangkan kembung.

14. Menghilangkan Jerawat

Oleskan madu pada jerawat lalu diamkan selama 1 jam kemudian bilas dengan air, dan lakukan sering-sering mungkin yang berguna sebagai pencegahan timbulnya masalah-masalah kulit.

15. Mencegah Penuaan
Madu kaya akan kandungan vitamin, dan antioksidan yang membuat kulit kita akan awet muda.

16. Mengobati Penyakit Jantung

Madu dapat mengurangi kolesterol dalam pembuluh arteri dan mengurangi resiko penyakit nomor 1 dunia yakni serangan jantung, dengan mengonsumsi madu secara rutin membuat jantung kita menjadi sehat.

17. Mengobati Radang Sendi (Arthritis/Encok)

Dengan ramuan-ramuan tradisional, madu merupakan komponen khusus dalam ramuan yang mampu mengobati radang sendi, dengan mencampurkan 1 bagian madu dan air suam-suam kuku, tambah satu sendok teh kayu manis lalu oleskan dan pijat ke bagian yang sakit secara perlahan-lahan. Ramuan tersebut dapat juga diminum untuk penyembuhan secara permanen.

18. Menghaluskan Kulit

Kandungan madu seperti asam glukonat dan asam organik yang dapat melonggarkan ikatan sel-sel kulit mati sehingga mempercepat regenerasi, mengurangi penuaan, menyeimbangkan minyak, dan mengurangi keriput, serta dapat meningkatkan elastisitas kulit. Menjaga kelebapan kulit karena mengandung asam amino.

19. Merangsang Pertumbuhan Jaringan

Madu dapat merangsang pertumbuhan jaringan pada tubuh kita, kandungan yang terdapat pada madu seperti propolis, mineral, sebuk sari dan vitamin dapat merangsang pertumbuhan jaringan baru.

20. Menghilangkan Komedo

Madu dapat menghilangkan komedo dengan mencampurnya dengan julur atau wardah, lalu usapkan pada bagian wajah yang terdapat komode. Madu juga dapat mengilangkan keriput pada kulit dan meremajakan kulit

21. Membantu Pembentukan Darah

Madu yang kaya energi dapat membantu dalam proses pembentukan darah, dan tidak hanya itu madu juga dapat membersihkan darah karena madu memiliki pengaruh positif dalam membantu dan mengatur peredaran darah serta sebagai pelindung dalam masalah arteriosklerosis dan pembuluh kapiler.

22. Menghalau Bakteri dan Jamur

Menghalau bakteri dan jamur, manfaat ini adalah inti dari segala manfaat yang ada dalam madu karena dapat menghalau atau membunuh bakteri dan jamur yang membuat tubuh kita tetap terjaga. Dengan kata lain madu bisa menjadi antibiotik .

23. Membantu Tidur Nyenyak

Madu dapat membantu mengatasi sulit tidur. Hal tersebut dikarenakan madu dapat mengatasi stress dan dapat membuat otak kita rileks, hasilnya akan membuat kita tidur nyenyak.

24. Obat Luka

Selama berabad-abad madu telah digunakan untuk obat luka.Madu mengandung antibakteri dan antimikroba yang membuat pertumbuhan bakteri berhenti, membersihkan luka, mengurangi bau dan nanah, serta meningkatkan penyembuhan secara cepat.

25. Menyehatkan Mata

Untuk membuat mata kita sehat konsumsi madu secara rutin, 3 kali sehari.

26. Mencegah Dehidrasi

Madu dapat mengembalikan ion-ion dalam tubuh sehingga mampu mencegah tubuh terdehidrasi. Caranya campurkan madu dengan air hangat. Tubuh akan terasa segar.

27. Membantu Pergerakan Usus Secara Teratur

Campuran madu dan air hangat juga dapat membantu pergerakan usus secara teratur dan secara tak langsung dapat membersihkan usus besar dari toksin

28. Mengatasi Bibir Kering

Campuran madu dengan minyak zaitun dan cocoa butter untuk menciptakan lib blam alami yang digunakan untuk mengatasi bibir kering.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *