masuk angin

Beberapa Hal Penyebab Mudah “Masuk Angin”

  Stress

  Ketika mengunyah makanan terlalu cepat,

  Disela makan minum air,

  Terlambat makan (jam terbaik adalah jam 07 – 12 – 18),

  Sayur & buah mengandung gas (kol, kembang kol, lobak, nangka, durian, tape, dll),

  Minuman ringan berkarbonasi

  Pola makan tidak teratur & tidak sehat. Semua hal diatas bisa menyebabkan ketidak seimbangan oksigen dalam darah, sehingga mudah masuk angin.

Indikasinya

  Perut kembung dan begah. Gejala ini disebabkan oleh banyaknya gas di dalam lambung dan usus. Terlambat makan, stress dan kelelahan sering kali menjadi penyebab gejala ini.

  Mulas, mual dan Nafsu Makan Berkurang. Gejala ini merupakan kelanjutan dari perut kembung akibat gas di perut. Gas menekan lambung dan usus sehingga perut terasa mual dan tidak nafsu makan. Selain itu, adanya gas berlebih juga membuat pergolakan di saluran cerna sehingga penderita juga sering mengalami diare.

  Meriang dan Kedinginan. Gejala ini juga sering dibarengi dengan demam dan pilek, serta rasa pegal di seluruh tubuh karena asam laktat yang menumpuk di otot – otot tubuh dan tidak lancarnya peredaran darah.

  Lebih Sering Mengantuk dan Merasa Lelah. Hal ini disebabkan oleh peredaran darah yang tidak lancar di seluruh tubuh termasuk otak sehingga otak kurang mendapatkan suplai oksigen dan merasa ngantuk.

  Keringat Dingin

  Biasanya telapak tangan bercak bercak putih (suspect)

TERAPINYA :

  1. Rutin bekam : usahakan yang berstandar ABI, mempunyai STPT dari DINKES, perlengkapan / peralatan terapinya higienis, steril, terapis akhwat oleh akhwat demikian sebaliknya, terapis faham anatomi tubuh + patofisiologi penyakit, dll
  2. Konsumsi jahe merah + madu hutan
  3. Pagi shubuh hari rutin mandi air sejuk
  4. Ubah secara bertahap pola hidup, pola makan, pola tidur yang salah diatas
  5. Rutin olah raga seminggu min 3 x

Semoga bermanfaat, wallahu alamu,…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *