Artikel Kesehatan

Berbagai Penyebab Bibir Kering

Berbagai penyebab bibir kering yang paling umum terjadi adalah kurangnya cairan tubuh atau dehidrasi. Namun, selain karena dehidrasi, bibir kering juga bisa disebabkan oleh berbagai hal lainnya dan terkadang ini bisa saja tidak disadari. Agar bisa mencegahnya, ketahui berbagai penyebab bibir kering, yuk.

Bibir yang sehat, lembut, kenyal, dan merah mudah merona bisa menjadi daya tarik tersendiri. Oleh karena itu, tak heran jika banyak yang mendambakan bibir sehat alami. Sayangnya, kondisi bibir terkadang bisa saja terganggu dan salah satu masalah yang paling umum terjadi pada bibir adalah bibir kering dan pecah-pecah.

Penyebab bibir kering bisa bermacam-macam dan keluhan ini pun bisa bersifat ringan maupun berat. Bibir kering yang ringan biasanya bisa mereda sendiri tanpa penanganan khusus. Namun, jika disebabkan oleh kondisi medis tertentu, bibir kering bisa saja sering kambuh dan lebih sulit untuk diatasi.

Berbagai Penyebab Bibir Kering

Bibir adalah bagian tubuh yang tidak memiliki kelenjar minyak sehingga wajar saja jika mudah kering. Namun, hal ini bisa dicegah agar tidak terjadi terus-menerus. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab bibir kering:

1. Dehidrasi

Bibir kering biasanya merupakan salah satu gejala kekurangan cairan tubuh alias dehidrasi. Saat kekurangan cairan, tubuh kita tidak bisa berfungsi dengan optimal, termasuk dalam melembapkan kulit. Hal ini bisa menimbulkan gejala berupa kulit, mulut, dan bibir jadi kering. 

Kondisi ini biasanya lebih sering terjadi pada orang yang jarang minum air, sedang berpuasa, atau sedang tidak fit.

2. Suhu dingin atau udara kering

Cuaca dingin bisa mengurangi kelembapan bibir. Soalnya, suhu yang dingin cenderung akan membuat udara jadi lebih kering, sehingga bisa membuat kulit dan bibir jadi kering. 

Di daerah tropis seperti Indonesia, kelembapan udara memang cenderung tinggi. Namun, penggunaan AC di dalam ruangan bisa turut membuat udara jadi kering. Oleh karena itu, terlalu lama berada di dalam ruangan dengan AC menyala bisa menjadi penyebab bibir kering. 

3. Tidak memakai pelembap bibir

Karena merupakan bagian tubuh yang rentan kering, penggunaan lip balm secara rutin dapat menjadi upaya untuk menjaga agar bibir tetap lembap. Namun, pastikan lip balm yang kamu gunakan tanpa pewangi, ya. 

Selain itu, berbagai bahan alami, seperti madu, minyak kelapa, atau minyak zaitun juga bisa digunakan sebagai pelembap bibir alami. Dengan menggunakan pelembap bibir, bibir kering dan pecah-pecah pun akan lebih cepat sembuh.

4. Kebiasaan menjilat bibir

Hayo, apakah kamu suka menjilat bibir agar terasa lebih lembap? Ternyata, menjilat bibir justru bisa membuatnya jadi makin kering, lho. Soalnya, air liur bersifat mudah menguap, sehingga kelembapannya juga cepat hilang. Hasilnya, bibir malah jadi lebih kering dari sebelumnya.

Selain itu, air liur juga mengandung enzim pencernaan yang bisa merusak lapisan skin barrier di kulit bibir. Akibatnya, bibir jadi lebih mudah rusak dan kering. Jadi, agar bibir tidak terus-terusan kering, hindari kebiasaan sering menjilat bibir, ya.

5. Terpapar sinar matahari terlalu lama

Seperti bagian kulit lainnya, bibir juga bisa rusak  karena “terbakar” sinar ultraviolet (UV) dari matahari. Apalagi, kulit bibir umumnya lebih tipis daripada kulit bagian tubuh lain. Paparan sinar UV yang berlebihan ini bisa merusak seluruh lapisan kulit dari yang terluar hingga terdalam.

Nah, salah satu efek kulit bibir yang rusak karena sinar matahari adalah bibir jadi kering dan menghitam.

6. Alergi atau kondisi kesehatan lain

Bibir terasa kering bisa menjadi salah satu reaksi alergi, khususnya pada bibir yang sensitif. Reaksi alergi pada bibir yang membuat bibir gatal, kering, dan bengkak ini bisa disebabkan oleh bahan parfum yang sering ditambahkan dalam lipstik atau produk untuk bibir, hingga makanan atau minuman tertentu.

Selain alergi, bibir kering juga bisa menjadi gejala penyakit atau kondisi kesehatan tertentu, misalnya infeksi, penyakit tiroid, gangguan autoimun, cheilitis, hingga eksim di sekitar bibir. 

7. Kekurangan vitamin dan mineral

Salah satu penyebab bibir kering yang mungkin tidak kamu sadari adalah kekurangan nutrisi, seperti protein, vitamin, dan mineral. Beberapa jenis vitamin dan mineral yang bisa mempengaruhi kondisi bibir adalah vitamin B, zinc, asam folatdan zat besi.

Oleh karena itu, kekurangan gizi juga bisa membuat bibir jadi kering, pecah-pecah, atau bahkan bengkak. Jika tidak diatasi, keluhan ini bisa berlangsung lebih lama dan sering kambuh.

8. Efek samping obat tertentu

Konsumsi obat-obatan tertentu, seperti suplemen vitamin A, retinoid, litium, atau obat kemoterapi, bisa menjadi salah satu penyebab bibir kering. Soalnya, obat-obatan tersebut bisa menimbulkan efek samping berupa berkurangnya air liur. Akibatnya, bibir bisa jadi terasa kering.

Itulah beberapa penyebab bibir kering yang mungkin saja pernah kamu alami tanpa sadar. Nah, untuk mencegah bibir kering karena hal di atas, minumlah air yang cukup, jaga pola makan agar tetap sehat dan bergizi seimbang, dan rutin menggunakan pelembap bibir, ya. 

Ketika hendak beraktivitas di bawah terik matahari, kamu bisa menggunakan pelembap bibir yang mengandung sun protection factor (SPF), sehingga bibirmu bisa terlindungidari paparan sinar matahari. Jadi tak hanya kulit, bibir juga perlu dijaga dari paparan sinar UV berlebih, ya.

 

Sumber: alodokter

Dilihat : 16 kali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button