Tips Sehat

Cara Ampuh Mengusir Kutu Beras

Cara ampuh mengusir kutu beras penting untuk diketahui guna mencegah kerusakan pada beras. Pasalnya, beras merupakan sumber karbohidrat yang dapat memberikan energi pada tubuh. Dengan menjaga kebersihan beras, kualitasnya pun tidak akan menurun.

Kutu beras tidak hanya merusak beras, tetapi juga bisa merusak bahan pangan lainnya, seperti jagung, gandum, sorgum, kedelai, dan kacang hijau. Akibatnya, bahan pangan tersebut menjadi mudah pecah dan remuk seperti tepung.

Kutu beras memang tidak berbahaya karena tidak secara langsung menyebarkan infeksi atau penyakit pada manusia. Namun, hama ini bisa merusak beras dan membuat beras jadi kotor sehingga merusak kandungan nutrisi di dalamnya. Meski begitu, Ada tidak perlu khawatir karena ada berbagai cara mengusir kutu beras yang ampuh dan efektif agar bahan pangan ini tetap bersih dan layak dikonsumsi.

Beberapa Cara Mengusir Kutu Beras

Cara ampuh mengusir kutu beras, agar beras bebas dari kutu, ada beberapa cara mengusir kutu beras yang bisa Anda lakukan, antara lain:

1. Simpan beras di wadah yang bersih

Setelah membeli beras, siapkan wadah yang bersih dan kering untuk menyimpannya. Bersihkan seluruh bagian wadah dan keringkan wadah dengan lap bersih sebelum digunakan. Wadah yang kotor bisa menjadi tempat berkembang biaknya kutu dan serangga, bahkan bisa juga menimbulkan jamur.

2. Pastikan wadah tertutup rapat

Cara mengusir kutu beras selanjutnya adalah dengan memastikan wadah penyimpanan beras sudah tertutup rapat. Tujuannya untuk mencegah kutu atau serangga masuk ke dalam wadah yang bisa membuat beras menjadi rusak.

3. Masukkan wadah ke dalam kulkas

Selain bersih dan tertutup rapat, pastikan juga beras disimpan dalam suhu yang rendah. Anda bisa masukkan wadah penyimpanan beras ke dalam kulkas. Suhu rendah di dalam kulkas dapat mengurangi oksidasi dan menghambat pertumbuhan kutu dan jamur.

4. Gunakan daun salam

Daun salam juga bisa dijadikan sebagai cara mengusir kutu beras. Aroma khas dari daun ini dapat mengusir kutu agar tidak mengontaminasi beras. 

Anda dapat menaruh beberapa lembar daun salam kering ke dalam wadah penyimpanan beras. Meskipun tidak ada jumlah pasti yang diperlukan, beberapa lembar daun salam terbukti efektif mencegah kutu masuk ke dalam wadah.

5. Gunakan bawang putih

Cara mengusir kutu beras yang mudah dilakukan lainnya adalah dengan menaruh bawang putih. Senyawa allicin dalam bawang putih memiliki efek antimikroba yang dapat menghambat kutu merusak beras.

6. Taburkan cengkeh

Cengkeh mengandung senyawa eugenol yang terbukti efektif mengusir hama, termasuk kutu beras. Anda bisa menaburkan 1 sendok makan cengkeh bubuk di sekitar wadah penyimpanan beras agar mencegah serangan kutu penyebab beras rusak.

Selain menerapkan berbagai cara mengusir kutu beras di atas, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan tempat lainnya agar mencegah kutu atau serangga berkembang biak. Pastikan juga untuk memeriksa beras secara rutin untuk mencegah kutu mencemari beras. 

 

Sumber: alodokter

Dilihat : 46 kali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button