Cara Menghitung Masa Subur

 

Perhitungan sistem kalender ini dilakukan dengan cara mengenali siklus menstruasi perempuan. Proses ini akan lebih mudah dilakukan kepada seorang perempuan yang memiliki siklus menstruasi secara teratur.
Bagi perempuan yang memiliki siklus menstruasi teratur, mereka akan memiliki masa subur pada hari ke 14 sampai dengan kurang lebih hari ke 1 pada masa menstruasi selanjutnya.

Hal ini berarti proses subur berlangsung pada hari ke 13-15 sebelum tanggal menstruasi selanjutnya. Perhitungan hari pertama adalah hari pertama masa menstruasi terjadi.

Sementara bagi mereka yang siklusnya tidak teratur, perhitungan tetap bisa dilakukan hanya saja lebih rumit. Yang pertama dilakukan adalah menghitung panjang siklus selama 6 bulan berturut-turut. Hal ini untuk mengetahui siklus terpanjang dan terpendek. Pada siklus menstruasi terpanjang, nantinya dikurangkan dengan 11 sementara siklus yang paling pendek dikurangi 18 sehingga didapatkan masa subur.

Sebagai contoh adalah jika siklus terpanjang didapatkan angka 30 sementara siklus terpendek 26, maka perhitungannya menjadi 30 – 11= 21 serta 26 – 18= 8. Dari perhitungan ini diketahui bahwa masa subur perempuan tersebut terjadi pada hari ke 8 hingga hari ke 21.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *