Cegah Virus?! Daya Tahan Tubuh Kuncinya!

Ada inbox yang masuk.. ”Assalamu’alaikum Ustadz, lagi musim pilek nih, kira2 saya harus makan apa biar gak ketularan?”

Daya tahan tubuh adalah kelengkapan standar manusia yang diberikan Allah begitu ia diproduksi (emangnya mobil?) hidup di dunia. Yang menjadi pembeda lanjutan adalah, bagaimana manusia menjaga kelengkapan daya tahan tubuh itu agar tetap berfungsi normal. Gaya hidup yang berlaku saat ini mayoritas ada pada sisi ‘melemahkan’ daya tahan tubuh ketimbang menjaganya agar normal. Daya tahan tubuh tidak bisa ‘didongkrak’ sesaat, dengan substansi apapun, tanpa menimbulkan masalah lain di kemudian hari.

Apa yang kita lakukan sehari-hari secara konsisten adalah kunci keefektifan daya tahan tubuh kita dalam melindungi kesehatan. Contoh kecil, Anda peminum teh, kopi ? Jangan berharap akan mempunyai daya tahan tubuh prima dalam waktu lama. Kedua substansi tadi punya efek diuretikal yang negatif. Acap terjadi pengurasan cairan tubuh konstan tanpa disadari.

Sistem limfatik, salah satu pertahanan tubuh terdepan misalnya berfungsi bergantung pada kualitas cairan dan stimulasi gerak. Kurang cairan buat banyak masalah, kualitas cairan limfatik yang buruk dan kondisi muskuloskeletal yang menyulitkan pergerakan. Kombinasi keduanya jelas merongrong daya tahan tubuh.

Kurang cairan dan kurang gerak! Lari ke obat atau suplemen untuk ini?

Bisa saja. Tapi umumnya obat dan suplemen hanya mampu ‘melonjakkan’ daya tahan tubuh dari sisi berbeda, bukan jalan keluar. Seringkali efek jangka panjangnya malah merugikan kesehatan apabila obat-suplemen digunakan sebagai ‘exit door’ terus menerus. Itu baru dari sisi ketersediaan cairan tubuh. Masih segudang variabel lain terkait masalah daya tahan tubuh menjaga kesehatan.

Makanan, pola istirahat dan pola aktivitas fisik bisa menjadi rujukan yang acap alpa dijaga. Tau-tau sakit dan menjadi panik. Belum lagi bujuk rayu dan iming-iming kesehatan berbasis produk komersil pabrikan. Banyak yg mengkonsumsi sebagai jalan pintas. Susu untuk menjaga daya tahan tubuh, makanan proses sebagai penyumbang protein, jus kotakan yang menyimpan nutrisi buah-sayur. Alih-alih jaga daya tahan tubuh, semua itu hanya menggerogoti energi-kesehatan organ vital yang otomatis lemahkan daya tahan. Jaga pola hidup sesuai sunnah, ketahuilah, ibadah2 yg kita jalankan setiap harinya, in sya Allah akan buat tubuh kita sehat juga.. ga percaya? lakuin aja.. tapi inget ya.. NIATNYA LILLAH, SEHATNYA MAH BONUS

semoga bermanfaat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *