Tips Sehat

Inilah 6 Manfaat Ikan Tuna bagi Kesehatan Tubuh

Di balik rasanya yang nikmat dan gurih, ada beragam manfaat ikan tuna yang bisa diperoleh. Berkat beragam kandungan nutrisi di dalamnya, ikan tuna sangat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk menjaga kesehatan jantung.

Ikan tuna merupakan salah satu ikan laut yang cukup sering dikonsumsi. Ikan yang memiliki daging bertekstur lembut ini juga tergolong sebagai sumber makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 dan protein.

Selain mengandung omega-3, ikan tuna juga mengandung beragam nutrisi penting yang diperlukan tubuh, seperti vitamin D, kalsium, kalium, kolin, vitamin B, seng, dan fosfor. Dengan kandungan nutrisi tersebut, tak heran jika ikan tuna bisa memberikan beragam manfaat bagi tubuh.

Manfaat Ikan Tuna bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah beberapa manfaat ikan tuna bagi tubuh yang sayang untuk dilewatkan:

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat ikan tuna yang satu ini diperoleh berkat kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi di dalamnya. Jenis asam lemak ini diduga dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung koroner.

Hal ini karena omega-3 dapat mengurangi dan mencegah penumpukan plak kolesterol pada pembuluh darah di seluruh tubuh, termasuk jantung. Dengan begitu, kesehatan pembuluh darah dan jantung pun tetap terjaga.

2. Mengurangi risiko terjadinya demensia

Selain menyehatkan jantung, asam lemak omega-3 juga bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit demensia, yaitu kondisi yang memicu penurunan daya ingat dan cara berpikir.

Menurut penelitian, kandungan asam lemak omega-3 berperan penting dalam menjaga fungsi otak serta meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

3. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat ikan tuna untuk menjaga kesehatan tulang ini berasal dari kandungan kalsium dan vitamin D di dalamnya. Kedua nutrisi tersebut berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang sehingga risiko terkena berbagai penyakit tulang, seperti osteoporosis, pun lebih kecil.

4. Mencegah anemia

Manfaat ikan tuna selanjutnya adalah mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah. Hal ini berkat kandungan folat, zat besi, dan vitamin B12 di dalamnya yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah atau hemoglobin dalam tubuh.

5. Membantu penurunan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, ikan tuna bisa menjadi salah satu pilihan yang cocok untuk menu diet sehari-hari. Selain rendah kalori, ikan tuna kaya akan protein yang bisa memberikan efek kenyang lebih lama.

Namun, Anda juga disarankan untuk tetap berolahraga secara rutin ketika sedang menjalani program diet. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam proses penurunan berat badan Anda.

6. Mencegah kanker

Menurut penelitian, mengonsumsi ikan tuna diduga dapat mencegah penyakit kanker. Hal ini karena kandungan antioksidan dan asam lemak omega-3 di dalamnya, yang diduga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Namun, perlu diingat bahwa untuk mencegah terjadinya penyakit kanker, Anda juga disarankan untuk menjalani gaya hidup sehat secara keseluruhan.

Manfaat ikan tuna memang beragam, tetapi hindari mengonsumsinya secara berlebihan. Pasalnya, ikan ini merupakan salah satu jenis ikan dengan kandungan merkuri yang cukup tinggi.

Perhatikan pula cara mengolah dan mengonsumsi ikan tuna dengan baik. Ibu hamil wajib mengonsumsi ikan tuna yang sudah matang. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko terjadinya infeksi selama kehamilan akibat konsumsi makanan mentah.

Selain itu, orang yang memiliki alergi terhadap makanan laut juga dianjurkan untuk tidak mengonsumsinya karena dapat memicu reaksi alergi. Reaksi tersebut umumnya ditandai dengan kulit kemerahan, gatal, bentol, bahkan sesak napas.

Manfaat ikan tuna bagi kesehatan tentu tidak perlu diragukan lagi. Namun, bila Anda mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi ikan tuna, segeralah periksakan diri ke dokter guna mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

 

Sumber : Alodokter.com

Dilihat : 270 kali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button