Tips Sehat

Jangan Dilewatkan, Ini 8 Manfaat Timun untuk Kesehatan Anak

Bun, mulai sekarang, coba deh biasakan Si Kecil makan timun. Pasalnya, timun tidak hanya rendah kalori, tapi juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatannya, lho. Untuk tahu manfaat apa saja yang bisa didapat Si Kecil dari mengonsumsi timun, simak informasi lengkapnya di artikel ini yuk, Bun!

Timun atau mentimun seringkali dianggap sebagai sayur. Padahal, timun termasuk ke dalam jenis buah-buahan, lho. Sama seperti buah lainnya, timun pun memiliki segudang nutrisi penting untuk kesehatan anak, antara lain karbohidrat, protein, serat, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, folat, kolin, serta vitamin A, C, dan K.

Sederet Manfaat Timun untuk Kesehatan Anak

Dilihat dari kandungan gizinya, mengonsumsi timun bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan anak, di antaranya:

1. Mencegah dehidrasi

Hampir 95% buah timun terdiri dari air. Nah, kandungan air pada buah ini dapat membantu mencukupi kebutuhan cairan harian anak, sehingga ia pun akan terhindar dari dehidrasi.

2. Menurunkan risiko sembelit

Kandungan air dan serat pada timun bermanfaat untuk menjaga keseimbangan bakteri baik di usus dan membantu agar usus bisa bekerja dengan optimal. Dengan kondisi usus yang terjaga, anak pun dapat terhindar dari risiko sulit BAB.

3. Mendukung kesehatan tulang

Tidak hanya kaya dengan air, timun juga mengandung cukup banyak kalsium lho, Bun. Kalsium merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk mendukung kesehatan tulang anak.

Beberapa mineral lain, seperti magnesium, zinc, dan mangan, juga ditemukan pada timun. Sama halnya dengan kalsium, mineral-mineral tersebut pun berperan dalam menjaga kesehatan tulang.

4. Mencegah kenaikan berat badan berlebih

Bertambahnya berat badan anak memang hal yang baik. Namun, kalau bobot tubuhnya bertambah terlalu banyak, ini justru bisa meningkatkan risikonya mengalami obesitas.

Agar berat badan Si Kecil bisa terkontrol dengan baik, Bunda bisa nih memberikan timun sebagai camilan sehatnya. Pasalnya, buah ini mengandung gizi yang melimpah, tetapi tetap rendah kalori.

5. Menangkal radikal bebas

Bunda mungkin sudah tahu bahwa paparan radikal bebas yang berasal dari asap rokok atau asap kendaraan bisa merusak sel-sel di dalam tubuh Si Kecil bahkan meningkatkan risikonya mengalami penyakit kronis, termasuk kanker.

Nah, untuk melindungi anak dari bahaya paparan radikal bebas tersebut, ada baiknya Bunda memberikan ia buah-buahan tinggi antioksidan, seperti stroberi, blueberrydan termasuk timun.

6. Menjaga kesehatan jantung

Buah timun rendah sodium, tetapi mengandung serat, antioksidan, dan tinggi akan kandungan kalium. Nutrisi-nutrisi tersebut baik untuk mengontrol kadar kolesterol dan tekanan darah, serta menjaga kesehatan jantung anak.

7. Menjaga kesehatan mata

Selain tinggi akan kandungan antioksidan dan kalium, buah mentimun juga mengandung cukup banyak beta karoten. Di dalam tubuh Si kecil, beta karoten berperan penting untuk menjaga kesehatan indra penglihatannya, termasuk mencegah terjadinya rabun senja dan katarak.

8. Meningkatkan kemampuan mengingat

Mentimun dipercaya cukup baik untuk kesehatan otak anak. Sebab, buah timun kaya kandungan flavonoid yang disebut dengan fisetin. Berdasarkan penelitian, flavonoid mampu melindungi sel saraf otak dan dapat meningkatkan kemampuan mengingat Si Kecil.

Nah, melihat banyaknya manfaat timun untuk kesehatan anak, mulai sekarang Bunda tidak perlu ragu lagi untuk memberikan buah ini kepada Si Kecil, ya. Mentimun bisa dikonsumsi langsung, dicampurkan dengan air putih sebagai infused water, atau diolah menjadi menu masakan, seperti sayur timun bening.

Kendati bermanfaat, ingat ya, Bun, tetap berikan Si Kecil makanan sehat lainnya, seperti telur, ikan, daging, sayur, serta buah jenis lainnya, agar nutrisinya terpenuhi dengan baik.

Bila Bunda masih ragu untuk memberikan timun kepada Si Kecil atau bingung dengan pilihan makanan baik untuk kesehatannya, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat.

 

Sumber : Alodokter.com

Dilihat : 222 kali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button