Gizi Nutrisi

Jangan Lewatkan 5 Manfaat Ikan Bawal Berikut Ini

Di balik harganya yang relatif terjangkau, ada beragam manfaat ikan bawal bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Berbagai kandungan nutrisi di dalamnya diketahui baik untuk menjaga kesehatan tulang hingga menurunkan berat badan. Selain itu, ikan bawal juga dapat memberikan manfaat kesehatan lainnya.

Rasanya yang manis dan gurih menjadikan ikan bawal sebagai salah satu ikan air tawar yang diminati banyak orang. Terlebih, ikan satu ini relatif murah dah mudah ditemukan. Tak hanya itu, ikan bawal juga memiliki beragam kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Beragam Manfaat Ikan Bawal bagi Kesehatan

Kandungan nutrisi pada ikan bawal tak kalah dengan jenis ikan air tawar lainnya. Dalam 100 gram ikan bawal terdapat 91 kalori dan beragam nutrisi, seperti kalsium, kalium, fosfor, zinc, vitamin A, vitamin B2, serta asam lemak omega 3.

Berkat beragam kandugan nutrisi tersebut, ikan bawal bisa memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat ikan bawal bagi kesehatan:

1. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat ikan bawal dalam menjaga kesehatan tulang diperoleh dari kandungan kalsium dan fosfor di dalamnya. Kedua mineral tersebut diketahui berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang agar tetap padat dan kuat.

2. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat ikan bawal yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Ini berkat kandungan asam lemak omega 3 di dalamnya yang dapat mengurangi kerusakan dinding pembuluh darah akibat peradangan dan mencegah penumpukan plak kolesterol pada dinding pembuluh darah jantung.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan zinc yang tinggi di dalam ikan bawal bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ini karena zinc memiliki berperan penting dalam mengaktifkan sel darah putih untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, ikan bawal juga kaya akan vitamin A yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

4. Mengatasi jerawat

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, zinc bermanfaat untuk mengatasi dan mencegah jerawat. Hal ini karena zinc memiliki sifat antiradang dan mampu menurunkan produksi minyak pada wajah, sehingga dapat mengobati serta mencegah jerawat muncul.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas zinc pada ikan bawal untuk mengatasi jerawat.

5. Menurunkan berat badan

Salah satu cara paling efektif dalam menurunkan berat badan adalah dengan membatasi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Dengan kandungan kalori yang cukup rendah tetapi kaya akan protein, ikan bawal bisa menjadi pilihan makanan yang tepat untuk membatasi asupan kalori selama menjalani program diet.

Selain membatasi jumlah kalori, Anda juga perlu mengonsumsi beragam makanan sehat dan bergizi, berolahraga secara rutin, istirahat yang cukup, serta hindari makanan cepat saji.

Untuk mendapatkan beragam manfaat di atas, Anda bisa mengonsumsi ikan bawal dengan berbagai cara, tetapi sebaiknya jangan digoreng. Konsumsi makanan yang digoreng hanya akan menambah kadar kalori dan lemak jenuh.

Sebelum mengolahnya, pastikan Anda membeli ikan bawal yang segar dan layak dikonsumsi. Bersihkan ikan bawal dengan air mengalir guna menyingkirkan kuman yang menempel di badan ikan.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi beragam ikan air tawar lain yang juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti ikan nila, ikan bandeng, ikan lele, dan ikan mujair.

Manfaat ikan bawal bagi kesehatan memang beragam. Namun, sebaiknya Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Untuk mengetahui manfaat ikan bawal lainnya dan jumlah konsumsinya yang sesuai dengan kondisi tubuh, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

 

Sumber : Alodokter.com

Dilihat : 314 kali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button