Artikel KesehatanTips Sehat

Keju Kambing untuk Ibu Hamil, aman kah?

Keju kambing untuk ibu hamil, aman kah jika dikonsumsi? Yuk kita bahas. Ketika hamil, semua makanan dan minuman yang dikonsumsi katanya bisa memengaruhi kesehatan janin juga, lho. Makanya, ada banyak makanan dan minuman yang dipantang saat hamil. Nah, kalau keju kambing, kira-kira aman gak ya untuk ibu hamil?

Keju kambing atau goat cheese merupakan produk olahan dari susu kambing. Sama seperti susunya, keju kambing juga mengandung nutrisi yang melimpah, seperti lemak, protein, kalsium, fosfor, selenium, tembaga, zat besi, zinc, magnesium, serta vitamin A, B2, dan B3.

Lalu, Amankah Ibu Hamil Makan Keju Kambing?

Keju kambing untuk ibu hamil jika Dilihat dari kandungannya, keju kambing bisa menjadi salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh Bumil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Namun, sebelum mengonsumsinya, ada beberapa hal yang perlu Bumil ketahui, nih.

Keju kambing terbagi menjadi dua jenis yang bisa dibedakan dari teksturnya, yaitu keju kambing lunak dan keras. Dari kedua jenis keju kambing ini, keju kambing keras adalah jenis yang boleh dikonsumsi oleh Bumil.

Keju kambing keras umumnya matang sampai ke dalam. Jadi, tidak hanya matang di permukaannya saja. Keju ini juga mengandung kadar air yang rendah, sehingga bakteri penyebab infeksi sulit berkembang biak.

Berbeda dengan keju kambing keras, keju kambing lunak sebaiknya tidak dikonsumsi saat hamil. Alasannya, karena keju lunak ini hanya matang di permukaannya, tetapi bagian dalamnya masih mentah atau setengah matang. Selain itu, keju ini umumnya terbuat dari susu kambing mentah yang tidak dipasteurisasi.

Mengonsumsi keju yang tidak matang dan belum melalui proses pasteurisasi bisa meningkatkan risiko ibu hamil mengalami listeriosis, yaitu keracunan makanan yang disebabkan oleh bakteri Listeria monocytogenes. Kondisi ini cukup berbahaya, karena bisa menimbulkan demam, radang selaput otak (meningitis), infeksi darah, sampai kematian janin.

Jadi, mengonsumsi keju kambing saat hamil bukanlah hal yang dilarang. Hanya saja, Bumil perlu lebih bijak saat memilih jenis keju kambing yang akan dikonsumsi. Bacalah keterangan yang ada di kemasan. Jika ragu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, ya.

Tips Aman Ibu Hamil Mengonsumsi Keju Kambing

Seperti yang telah dijelaskan di atas, keju kambing yang sudah dipasteurisasi aman dan boleh kok dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, sebelum Bumil mengonsumsi keju kambing, terapkanlah beberapa tips berikut ini:

  • Perhatikan jenis keju kambing.
  • Baca komposisi dan cara pengolahannya apakah sudah melewati proses pasteurisasi atau masih mentah.
  • Pastikan keju belum lewat tanggal kedaluwarsa.
  • Periksa kemasan keju masih utuh dan tidak rusak.
  • Pastikan produk keju terdaftar di BPOM.

Setelah membaca informasi ini, sekarang Bumil tidak perlu takut lagi ya untuk mengonsumsi keju kambing. Bumil bisa mengonsumsi keju ini sebagai bahan campuran salad atau pasta, serta taburan roti tawar.

Meski aman dan boleh dikonsumsi Bumil, pastikan Bumil tidak mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan

 

Sumber: alodokter

Dilihat : 18 kali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button