Gizi Nutrisi

Kenali Ragam Manfaat Sarapan Lezat dengan Susu Kental Manis

Susu kental manis merupakan salah satu pilihan bahan untuk diolah menjadi berbagai kreasi camilan lezat keluarga secara turun-temurun karena mudah didapat. Tak hanya itu, susu kental manis juga memiliki beragam kandungan vitamin dan mineral.

Susu kental manis adalah produk susu yang dihasilkan dengan menghilangkan sebagian kandungan air dalam campuran susu sapi, lalu menambahkan pengental dan pemanis hingga mencapai tingkat kepekatan tertentu.

Anda dapat dengan mudah menemukan beragam pilihan produk susu kental manis di toko maupun supermarket dalam berbagai varian rasa. Hal ini membuat susu kental manis kerap digunakan sebagai penambah cita rasa pada berbagai makanan.

Susu kental manis juga tersedia dalam berbagai kemasan dan ukuran, mulai dari sachetpouch, maupun kaleng. Dengan demikian, Anda pun lebih mudah memilih kemasan yang sesuai dengan kebutuhan untuk membuat kreasi sarapan nikmat.

Mengapa Sarapan Pagi Itu Penting?

Sarapan sering kali disebut sebagai waktu makan paling penting dalam sehari. Mengapa demikian? Karena tubuh umumnya tidak mendapatkan asupan kalori setelah beristirahat semalaman.

Dengan sarapan, tubuh akan mendapatkan “suntikan” glukosa untuk menghasilkan energi, sehingga Anda pun lebih bersemangat saat mulai beraktivitas.

Berikut beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya tidak melewatkan sarapan, yaitu:

Meningkatkan stamina tubuh

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sarapan dapat meningkatkan energi untuk beraktivitas di pagi hari. Beberapa penelitian pun menunjukan bahwa mereka yang sarapan, akan lebih aktif di pagi hari dan tetap aktif sepanjang hari dibandingkan mereka yang baru makan saat siang.

Mengendalikan berat badan

Sarapan dapat menekan nafsu makan berlebih, terutama saat makan siang. Ini dikarenakan saat sarapan, orang biasanya hanya akan makan secukupnya.

Meski tidak makan terlalu banyak, sarapan dapat membuat seseorang tetap kenyang hingga siang hari, sehingga tidak akan merasa terlalu kelaparan dan makan secara berlebihan.

Meningkatkan kinerja otak

Pada pagi hari, kadar glukosa dalam darah akan sangat rendah. Hal ini terjadi karena tubuh tidak mendapatkan asupan makanan selama tidur pada malam hari. Sebagai gantinya, hati akan memecah glukogen atau simpanan gula di hati menjadi glukosa agar kadar gula dalam tubuh tetap stabil dan mendukung fungsi kerja otak.

Akibatnya, glukosa dalam darah akan menurun pada pagi hari, karena cadangan gula dalam tubuh sudah terpakai. Padahal, glukosa bisa dibilang bahan bakar untuk otak agar dapat berfungsi optimal.

Itulah mengapa seseorang akan sulit fokus saat pagi hari. Dengan sarapan, tubuh mendapatkan kembali karbohidrat maupun glukosa yang dibutuhkan dan mengembalikan fungsi otak secara optimal.

Manfaat Susu Kental Manis untuk Sarapan Pagi

Susu kental manis menjadi salah satu andalan Anda dan keluarga untuk membuat sarapan lezat dan nikmat. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat susu kental manis untuk sarapan pagi:

1. Sebagai sumber energi

Susu kental manis dikenal sebagai salah satu sumber energi untuk memulai hari. Di setiap sachet susu kental manis terdapat 130 kalori  dan mengandung beragam vitamin dan mineral, seperti kalsium, selenium, fosfor, serta vitamin B12.

2. Selera makan saat sarapan meningkat

Salah satu kendala orang jarang sarapan pagi adalah karena tidak adanya selera makan. Manfaat susu kental manis dengan rasanya yang legit bisa menambah cita rasa pada menu sarapan pagi. Ini tentunya dapat membantu Anda menjadi lebih berselera untuk menyantap sarapan pagi.

3. Mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan

Susu kental manis bisa Anda gunakan untuk membuat aneka kreasi sarapan mulai dari makanan hingga minuman, seperti roti atau kopi. Hal ini tentu membuat kegiatan sarapan menjadi lebih menyenangkan karena bisa membuat variasi menu yang beragam.

4. Lebih praktis dan mengenyangkan

Susu kental manis kerap menjadi pilihan menu sarapan karena dinilai lebih praktis dan simpel, terutama bagi Anda yang hanya memiliki sedikit waktu untuk sarapan karena harus segera beraktivitas, atau ketika sedang di rumah saja saat PPKM Darurat diberlakukan.

5. Dapat digunakan oleh siapa saja

Menyiapkan sarapan di pagi hari tentu bukan keahlian setiap orang. Bila Anda salah satunya, maka tidak perlu khawatir. Bahkan, cukup dengan menuangkan kental manis di atas selembar roti tawar, Anda sudah bisa merasakan manfaat susu kental manis sebagai penambah cita rasa untuk sarapan yang nikmat dan mengenyangkan.

Tak hanya roti tawar, Anda juga bisa menambahkan kental manis pada jenis makanan maupun minuman yang Anda inginkan ketika sarapan.

Cara Tepat Mengonsumsi Susu Kental Manis

Nah, salah satu resep olahan susu kental manis yang dapat Anda coba adalah Biskuit Susu Cream Cheese. Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan dan cara membuatnya:

Bahan-bahan

  • 1 bungkus biskuit susu
  • 250 ml susu cair
  • 60 gr susu kental manis
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok makan ekstrak vanili atau rum
  • 1 sendok makan tepung maizena
  • Keju sekucupnya

Cara membuat

  • Hancurkan biskuit susu, tetapi jangan sampai halus.
  • Rebus susu cair, tambahkan keju parut, susu kental manis, gula, dan ekstrak vanili.
  • Larutkan tepung maizena dengan air hangat. Jika sudah muncul buih-buih kecil dari rebusan susu, masukkan larutan maizena.
  • Susun bahan-bahan tersebut di wadah dengan campuran susu di paling bawah, lalu taburkan biskuit susu di atasnya.
  • Susun sampai beberapa lapis dan tunggu sampai dingin.
  • Masukkan ke dalam kulkas dan olahan susu kental manis siap dinikmati.

Manfaat susu kental manis untuk sarapan pagi tidak perlu diragukan lagi. Tidak hanya menambah cita rasa, susu kental manis juga dapat membantu Anda lebih menikmati sarapan dan tentunya lebih siap untuk menjalani aktivitas.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button