Tak Berkategori

Ketahui 5 Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Menyusui

Tak hanya ibu hamil, manfaat daun kelor untuk ibu menyusui juga sudah lama dikenal di kalangan masyarakat. Beragam kandungan nutrisi di dalamnya diketahui dapat meningkatkan produksi ASI, sehingga baik untuk tumbuh kembang buah hati.

Secara umum, ibu menyusui membutuhkan lebih banyak kalori untuk memenuhi asupan nutrisi harian dan memastikan produksi ASI tetap lancar.

Untuk menambah asupan nutrisi tersebut, ibu menyusui disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang, seperti nasi merah, daging tanpa lemak, telur, kacang-kacangan, serta buah dan sayuran, termasuk daun kelor.

Daun kelor (Moringa oleifera) diketahui mengandung beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, zat besi, dan magnesium. Tak hanya itu, daun kelor juga mengandung asam amino dan antioksidan yang dibutuhkan oleh ibu menyusui.

Beragam Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Menyusui

Karena kandungan nutrisinya, manfaat daun kelor untuk ibu menyusui pun beragam, di antaranya:

1. Melancarkan produksi ASI

Daun kelor telah lama dikenal sebagai makanan pelancar ASI. Manfaat daun kelor untuk ibu menyusui ini berasal dari kandungan senyawa fitolesterol yang dapat merangsang dan melancarkan produksi ASI.

Selain mengonsumsi daun kelor, Busui juga disarankan untuk lebih sering menyusui Si Kecil atau memompa ASI untuk memperlancar produksi ASI.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Saat merawat buah hati, terutama beberapa minggu pertama setelah dilahirkan, Busui mungkin sering terbangun di malam hari atau begadang untuk menyusui maupun mengganti popoknya. Perubahan rutinitas ini tentu memerlukan daya tahan tubuh yang lebih kuat agar Busui tidak mudah sakit dan lelah.

Nah, agar daya tahan tubuh tetatp terjaga, Busui dapat mengonsumsi sayuran yang kaya akan vitamin C dan antioksidan, seperti daun kelor. Selain untuk meningkatkan imunitas, manfaat daun kelor untuk ibu menyusui juga dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas.

3. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Selama menyusui, Busui berisiko kehilangan kepadatan massa tulang dan terkena osteoporosis. Untuk mencegah terjadinya kondisi ini, Busui dapat mengonsumsi daun kelor yang kaya akan kandungan kalsium. Daun kelor juga diketahui baik untuk menjaga kesehatan gigi.

4. Memperbaiki jaringan tubuh yang rusak

Kandungan vitamin C pada daun kelor dipercaya bermanfaat untuk ibu menyusui guna membantu proses penyembuhan luka akibat robekan di jalan lahir atau tindakan episiotomi. Selain itu, daun kelor juga dapat mencegah terjadinya keloid, terutama bagi ibu yang menjalani operasi caesar.

5. Mencegah anemia

Ibu menyusui rentan terkena anemia karena kehilangan banyak darah saat proses persalinan atau kurangnya asupan zat besi harian. Kondisi ini dapat ditandai dengan tubuh mudah lelah, lemas, kulit pucat, dan bahkan sesak napas.

Mengonsumsi sayuran kaya akan zat besi, seperti daun kelor dapat meningkatkan produksi sel darah merah dan dapat mencegah terjadinya anemia. Daun kelor juga kaya akan vitamin C yang dapat memaksimalkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

Meski konsumsi daun kelor menawarkan banyak manfaat untuk ibu menyusui, tetapi penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan efektivitas dan keamanannya.

Oleh karena itu, Busui tetap disarankan untuk mengimbangi asupan nutrisi dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, memenuhi kebutuhan cairan tubuh, dan menghindari minuman berkafein atau bersoda.

Jika Busui mengalami masalah, seperti produksi ASI yang sedikit atau ASI tidak lancar, jangan ragu konsultasikan ke dokter untuk mengetahui cara atau solusi yang tepat dalam mengatasinya.

 

Sumber : Alodokter.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button