Artikel Kesehatan

Manfaat Putih Telur untuk Tubuh

Manfaat putih telur untuk tubuh sangat beragam, meskipun nutrisinya tidak sebanyak kuning telur. Bagian telur yang satu ini merupakan sumber protein yang rendah kalori, sehingga bisa dijadikan sebagai pilihan makanan sehat untuk diet.

Sekitar 90% dari keseluruhan kandungan putih telur adalah air, sedangkan 10% sisanya adalah protein. Hal ini berbeda dengan kuning telur yang mengandung nutrisi lebih beragam.

Meskipun begitu, khasiat putih telur tetap tidak bisa diremehkan karena makanan ini merupakan sumber protein yang tinggi, tetapi rendah kalori  dan tidak mengandung kolesterol sama sekali. Hal ini menjadikan putih telur sebagai salah satu pilihan makanan sehat yang memiliki banyak khasiat.

Beragam Manfaat Putih Telur untuk Tubuh

Sejatinya, putih telur berguna untuk memberikan nutrisi bagi embrio anak ayam yang ada di dalam telur. Fungsi lainnya adalah sebagai penghalang bakteri berbahaya agar tidak mengganggu pertumbuhan embrio ayam. 

Putih telur tidak hanya bermanfaat bagi ayam, tetapi juga bagi manusia. Berikut ini adalah beragam khasiat putih telur untuk kesehatan manusia: 

1. Menjaga berat badan

Konsumsi putih telur bisa membantu menjaga berat badan, khususnya bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih. Kandungan protein yang tinggi serta kalori dan lemak yang rendah pada putih telur membuat makanan ini menjadi asupan yang baik dikonsumsi selama diet. 

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi putih telur saat sarapan dapat membuat seseorang kenyang lebih lama. Dengan begitu, keinginan untuk makan berlebihan bisa berkurang.

2. Menambah massa otot

Protein yang terkandung di dalam putih telur berperan penting dalam membentuk dan memperbaiki jaringan tubuh. Bagi orang yang menjalani latihan kekuatan secara rutin, seperti atlet, asupan protein dan karbohidrat yang cukup sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan otot.

3. Memperkuat imunitas Tubuh

Khasiat putih telur selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan adalah untuk memperkuat imunitas tubuh. Khasiat ini bisa Anda dapatkan karena kandungan protein pada putih telur memiliki sifat imunomodulator dan antiradang yang dapat mencegah terjadi peradangan akibat virus dan bakteri. 

4. Mempercepat pemulihan luka

Putih telur dapat dijadikan sebagai salah satu makanan saat proses penyembuhan, terutama saat Anda mengalami luka akibat cedera atau operasi. Hal ini karena kandungan protein yang tinggi pada putih telur dapat membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Selain itu, protein juga dapat membantu produksi kolagen yang dapat mempercepat penyembuhan luka dan memperbaiki jaringan kulit. 

5. Mendukung tumbuh kembang anak

Putih telur juga dapat menjadi salah satu pilihan makanan sehat untuk membantu tumbuh kembang anak karena kandungan proteinnya yang tinggi. Nutrisi penting ini sangat dibutuhkan tubuh untuk membentuk & memperbaiki jaringan, menjadi sumber energi, serta memperkuat daya tahan tubuh

Jadi, dengan memastikan kecukupan proteinnya, tumbuh kembang anak dapat berjalan dengan baik.

6. Membantu merangsang pertumbuhan rambut

Selain khasiat di atas, putih telur juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut. Hal ini juga tak lepas dari kandungan proteinnya yang merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan rambut.

Meski khasiat putih telur baik bagi tubuh, sayangnya tidak semua orang bisa konsumsi telur dengan rutin. Sebagian kecil orang mungkin memiliki alergi terhadap telur. Selain itu, putih telur sebaiknya dimasak sampai matang sebelum dikonsumsi. Soalnya, telur mentah berisiko menyebabkan keracunan makanan akibat bakteri Salmonella

 

Sumber: alodokter

Dilihat: 20 kali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button