Tips Sehat

Masker Mugwort untuk Kesehatan Wajah

Masker mugwort untuk kesehatan wajah memiliki banyak manfaat, mulai dari mencegah munculnya jerawat hingga menghindari terjadinya kerusakan kulit. Beragam manfaat tersebut berasal dari nutrisi yang terkandung dalam tanaman mugwort. 

Mugwort (Artemisia vulgaris L.) merupakan tanaman herbal yang banyak ditemukan di benua Asia, Eropa, dan Amerika Utara. Tanaman ini umumnya tumbuh di daerah bersuhu dingin. Menurut beberapa penelitian, mugwort mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan, termasuk kesehatan kulit wajah.

Berkat kandungan antioksidan di dalamnya, mugwort kini sudah banyak digunakan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan skincare, salah satunya masker mugwort.

Masker Mugwort dan Manfaatnya untuk Wajah

Bila digunakan secara benar dan rutin, masker mugwort tentu dapat membantu Anda menunjang penampilan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari masker mugwort untuk kulit wajah yang bisa Anda rasakan:

1. Mencegah munculnya jerawat

Menggunakan masker mugwort secara rutin dapat mencegah munculnya jerawat di wajah. Ini karena mugwort merupakan salah satu tanaman yang memiliki sifat antibakteri.

Sifat tersebut membuat mugwort memiliki kemampuan untuk melawan berbagai bakteri, termasuk bakteri Propionibacterium acnes penyebab jerawat. Tak hanya itu, sifat antibakteri dalam tanaman ini juga bisa mempercepat penyembuhan luka akibat jerawat

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat dari masker mugwort dalam mengatasi jerawat.

2. Mencegah peradangan pada kulit wajah

Etanol adalah salah satu kandungan dalam masker mugwort yang berkhasiat untuk mencegah peradangan. Senyawa ini memiliki sifat antiradang yang dapat mengatasi kondisi akibat peradangan, termasuk pada wajah, baik yang disebabkan oleh jerawat maupun masalah kulit lain, misalnya dermatitis.

3. Menjaga kelembapan kulit

Penggunaan masker mugwort juga dapat menjaga kulit agar tetap lembap. Manfaat yang satu ini berasal dari kandungan antioksidan dalam masker mugwort yang terbukti dapat mengembalikan kelembapan alami pada kulit. Bila digunakan secara rutin, masker ini tentu akan membuat Anda terhindar dari kondisi kulit kering.

4. Mencegah munculnya tanda penuaan

Masker mugwort juga dapat digunakan untuk mencegah munculnya tanda penuaan di wajah, seperti keriput, garis halus, atau bintik hitam. Hal ini karena daun mugwort yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan masker mugwort mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas

Selain itu, antioksidan juga dapat mencegah penurunan kadar kolagen di kulit. Bila kadar kolagen tetap terjaga, kulit wajah pun akan tetap kenyal dan elastis sehingga Anda akan terhindar dari tanda penuaan.

5. Mencegah kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet

Kandungan antioksidan dalam masker mugwort juga memiliki kemampuan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebih. Efeknya, kerusakan pada kulit dapat dicegah dan Anda dapat terlindung dari berbagai masalah kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Agar manfaat masker mugwort dalam mencegah kerusakan kulit semakin optimal, Anda disarankan tetap menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih, terutama jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan pada siang hari.

Cara Menggunakan Masker Mugwort

Guna mempermudah mendapatkan beragam manfaat masker mugwort, Anda dapat membeli produk masker ini di toko online atau offline. Namun, pastikan produk masker yang akan digunakan dibeli dari toko tepercaya dan terdaftar di BPOM.

Masker mugwort biasanya memiliki tekstur menyerupai clay mask atau masker tanah liat. Sebelum menggunakannya, pastikan Anda sudah mencuci muka dengan bersih menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Setelah mencuci muka dan mengeringkannya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut agar penggunaan masker mugwort bisa memberikan manfaat yang optimal:

  • Ambil masker mugwort menggunakan spatula yang tersedia di dalam kemasan produk.
  • Oleskan masker mugwort ke wajah dan leher, kemudian ratakan hingga seluruh bagian wajah dan leher tertutup oleh masker secara merata.
  • Diamkan selama 15 menit.
  • Bilas masker menggunakan air hingga wajah kembali bersih. Anda juga bisa membilasnya dengan handuk yang dibasahkan.

Masker mugwort idealnya digunakan sebanyak 2–3 kali seminggu. Namun, bila Anda mengalami reaksi alergi, seperti gatal, ruam kulit, atau wajah bengkak, setelah menggunakan masker ini, segera hentikan penggunaannya karena mungkin saja Anda memiliki alergi terhadap tanaman tersebut.

Gejala alergi terhadap masker mugwort biasanya dapat hilang dengan sendirinya.

 

Sumber: alodokter

Dilihat : 27 kali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button