urine deteksi

Mendiagnosa Kondisi Kesehatan Tubuh Kita Melalui Warna Urine

urine deteksiSetiap hari kita kencing bahkan sehari bisa beberapa kali, karena begitu ikhlasnya kita kencing bahkan kita tidak pernah memperhatikan seberapa banyak kencing kita, apa warna kencing kita. Ternyata jika kita cermat warna kencing dapat menjadi alat deteksi yang mudah dan murah berkaitan dengan indikator kesehatan kita.

Urin merupakan produk limbah dari tubuh yang tidak mengandung racun. Urin mengandung :
95 persen air,
2,5 persen urea dan sisanya
2,5 persen merupakan peleburan hormon, enzim, garam dan mineral.
Warna urin normal biasanya kuning bercahaya karena merupakan hasil ekskresi (pengeluaran) pigmen yg ditemukan dalam darah yg disebut urochrome. Tapi urine bisa berubah warna, sesuai makanan atau penyakit yang diderita seseorang.

Dibawah ini makna warna kencing anda :

Warna Urin KERUH
Urin berwarna keruh bisa menandakan adanya infeksi saluran kemih.
Batu ginjal yg biasanya disertai dengan rasa sakit yg lain, dan terlalu banyak makan asparagus,
Infeksi saluran kemih.
Jika warna kencing anda keruh evaluasi apakah anda juga mengalami sakit di punggung atau perut bagian bawah, urgensi kemih, dan merasa seperti demam, biasanya disertai dengan rasa sakit yang lain, segera konsultasikan.

Warna Urin MERAH
Urin berwarna merah menandakan adanya darah dari ginjal atau infeksi kandung kemih.
Jika Anda mengalami sakit di punggung atau perut bagian bawah, urgensi kemih, dan merasa seperti demam, segeralah konsultasikan.
Atau, bisa juga karena memakan makanan berwarna merah atau merah muda terlalu banyak, seperti bit, beri, atau pewarna makanan. Warna ini bisa juga muncul sebagai akibat efek samping dari beberapa obat pencahar.

Warna Urin COKLAT GELAP seperti teh
Warna urin coklat indikasi adanya Gangguan hati, terutama jika disertai dengan tinja berwarna pucat dan kulit kuning, bisa juga akibat efek samping obat tertentu.
Kadang ada juga urin yang warnanya seperti minuman Coca-Cola.
Warna itu bisa muncul karena darah tua dari tumor atau batu ginjal, atau gumpalan darah di ginjal yg biasa terjadi pada orang yg mengidap sel sabit, sebuah kelainan darah bawaan yg membuat sel darah normal berubah bentuknya menjadi seperti bulan sabit. Kerusakan hati juga bisa menyebabkan warna urin menjadi kecoklatan, begitu juga dengan porphyria, salah satu bentuk kelainan darah bawaan.

Warna Urin Seperti PUTIH SUSU
Zat warna normal dalam jumlah besar yg dapat membuat urin serupa putih susu adalah fosfat atau urat.
Sementara zat warna abnormal yg dapat menyebabkan kondisi ini yaitu pus, getah prostat, chylus, zat-zat lemak, bakteri-bakteri, protein yg membeku.
Urin serupa putih susu mengindikasi seseorang mengidap penyakit-penyakit : infeksi saluran kencing atau kebocoran kelenjar limfa.

Sedangkan untuk mengetahui kecukupan konsumsi cairan kita maka lihat warna urin kita :
Semakin banyak air yg kita konsumsi, warna kuning pada urin akan semakin pudar. Semakin jernih dan bening urin kita maka menunjukkan kita kelebihan cairan.
Sebaliknya, jika urin berwarna kuning pekat maka hal itu mengindikasikan kita kurang minum atau dehidrasi.
Kelebihan maupun kekurangan cairan sama-sama tidak sehat oleh sebab itu atur konsumsi cairan kita sehari sekitar 2 liter,
jika ingin lebih tepat pakai rumus :
1 cc tiap 1 kalori kebutuhan makan kita,
jadi jika kita makan sehari 2000 kalori
maka kebutuhan cairan kita 2000 cc……

SEMOGA BERMANFAAT ………..
www.rumahsehatherbaholistic.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *