Serba-serbi

Mengenal Manfaat Cranberry bagi Kesehatan

Cranberry memang bukan buah yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, tapi manfaat cranberry bagi kesehatan tetap patut untuk diperhitungkan, lho. Untuk tahu apa saja manfaat cranberry yang bisa kamu dapat, yuk simak di artikel ini.

Buah cranberry (Vaccinium macrocarpon) masih satu kerabat dengan buah blueberrylingonberry, dan bilberry. Buah yang satu ini khas dengan rasanya yang asam, sehingga jarang dimakan secara langsung. Umumnya, cranberry bisa ditemukan dalam bentuk buah yang dikeringkan, jus, atau selai.

Sejumlah Manfaat Cranberry bagi Kesehatan

Buah cranberry segar mengandung air dengan kadar yang tinggi, karbohidrat, dan serat. Selain itu, di dalam buah cranberry juga terdapat vitamin C, vitamin E, mangan, potasium, dan senyawa fitokimia, seperti proanthocyanidins tipe A, polifenol, quercetin, dan myricetin.

Berkat kandungannya tersebut, cranberry dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan, seperti:

1. Menurunkan risiko terjadinya infeksi saluran kemih

Menurunkan risiko terjadinya infeksi saluran kemih (ISK) adalah salah satu manfaat cranberry yang cukup terkenal. Salah satu bakteri yang paling sering menyebabkan ISK adalah E. coli. Bakteri ini umumnya akan menempel pada lapisan saluran kemih dan kandung kemih dan kemudian dapat menyebabkan infeksi.

Cranberry mengandung senyawa proanthocyanidins tipe A dan polifenol. Senyawa ini diketahui bisa mencegah menempelnya bakteri E. coli pada lapisan kandung kemih. Hal inilah yang kemudian bisa menurunkan risiko terjadinya ISK.

Namun, perlu diingat, cranberry tidak bisa membunuh bakteri. Oleh karena itu, jika kamu sudah mengalami gejala ISK, tetap lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisimu.

2. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Selain bisa mencegah melekatnya bakteri di dinding kandung kemih, senyawa proanthocyanidins tipe A juga bisa mencegah perkembangan bakteri jahat dan pembentukan asam di gigi dan mulut.

Hal inilah yang kemudian membuat cranberry dipercaya mampu mencegah terjadinya gigi berlubang yang bisa berujung pada sakit gigi. Kendati demikian, kamu tidak bisa hanya mengandalkan cranberry saja, ya.

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut serta mencegah terjadinya gigi berlubang, kamu juga harus menerapkan kebiasaan sikat gigi minimal 2 kali sehari dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dan rajin memeriksakan diri ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali.

3. Menurunkan risiko terjadinya gangguan pada lambung

Salah satu penyebab terjadinya gastritis dan infeksi lambung adalah infeksi bakteri H. pylori. Jika tidak ditangani dengan tepat, kedua kondisi ini dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker lambung.

Nah, senyawa proanthocyanidins tipe A pada cranberry juga diketahui mampu mencegah perlekatan bakteri H. pylori pada lambung. Dengan begitu, risiko terjadinya infeksi dan peradangan pada lambung bisa berkurang.

4. Menjaga kesehatan jantung

Cranberry mengandung berbagai antioksidan, seperti anthocyanin, proanthocyanidins, dan quercetin, yang diketahui bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, dengan cara:

  • Membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL)
  • Membantu menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL)
  • Membantu menurunkan tekanan darah
  • Membantu mengurangi kadar homocysteine, yaitu salah satu jenis asam amino pembentuk protein dalam darah, sehingga bisa mengurangi risiko peradangan pada pembuluh darah

Itulah beberapa manfaat cranberry bagi kesehatan yang bisa kamu dapat. Konsumsilah cranberry segar dan hindari produk yang menambahkan gula atau pemanis buatan secara berlebihan. Bukannya membawa manfaat, mengonsumsi cranberry yang ditambahkan banyak pemanis justru berisiko menyebabkan obesitas.

Jadi, agar kamu mendapatkan manfaat cranberry dengan maksimal, usahakan untuk mengonsumsinya dengan cara yang sehat, misalnya dengan mencampurnya dengan oatmeal, salad, atau yogurt.

Selain itu, jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, cranberry juga bisa menyebabkan sakit perut, diare, bahkan peningkatan kadar gula darah. Jadi konsumsi sewajarnya saja, ya.

Apabila kamu masih memiliki pertanyaan terkait manfaat cranberry bagi kesehatan atau cara terbaik untuk mengonsumsinya, jangan ragu untuk bertanya kepada dokter.

 

Sumber : Alodokter.com

Dilihat : 415 kali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button