Tips Sehat

Mewaspadai Gejala Kista Pada Ummahat – Bag. 1

oleh : Ummu Faiz Abdullah

kista1Gejala-gejala dibawah ini merupakan penanda seseorang mengidap penyakit tersebut. Penyakit yang umum diderita oleh seorang wanita ini memang sangat membahayakan, khususnya untuk kondisi kesehatan ovarium atau sistem reproduksi perempuan. Meskipun memang dalam beberapa kasus, kista pada perempuan bisa menghilang dengan sendirinya, beberapa penderita yang lain mengalami kista yang lebih buruk seiring dengan pertambahan usia. Oleh karena itu, mengenali gejalanya sejak awal akan membantu penanganan yang lebih cepat dan lebih tanggap. Berikut ulasan :

> Pertama, nyeri di payudara

Nyeri di payudara tidak selamanya menandakan tumor atau penyakit lain yang berhubungan dengan hormon. Lebih dari itu, nyeri di payudara dapat menjadi penanda adanya kista di ovarium.

> Kedua, mual dan muntah

Penyakit ini menyerang bagian rahim yang terletak di perut. Ketika kista tersebut pecah atau membesar, maka rasa mual dan muntah bisa menjadi penanda yang mudah dikenali.

 

> Ketiga, menstruasi yang tidak teratur

Salah satu penanda Penyakit kista yang lain adalah siklus menstruasi yang menjadi tidak teratur. Biasanya, siklus ini berubah menjadi lebih panjang dan terkesan tidak normal.

> Keempat, rasa sakit pada perut

Gejala penyakit kista lainnya yang mungkin adalah rasa sakit yang dirasakan pada perut. Hal ini karena adanya tekanan di daerah kandung kemih dan usus. Biasanya rasa sakit juga disertai dengan kembung di area perut bagian bawah.

> Kelima, demam

Demam mungkin bisa timbul pada beberapa penderita. Ironisnya, demam yang dialami ini terkesan tiba-tiba dan dibarengi dengan rasa nyeri yang amat sangat. Jika ini terjadi, akan lebih baik jika Anda segera pergi ke dokter untuk mengetahui kondisi sebenarnya.

> Keenam, rasa sakit saat berhubungan intim

Dalam beberapa kasus juga ditemukan bahwa seorang penderita kista akan merasakan sakit saat berhubungan intim. Hal ini berhubungan langsung dengan ukuran dari kista yang ada di rahim seorang perempuan.


Bersambung…

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button