kolesterol

Mewaspadai Kolesterol Meningkat Pasca Lebaran

Repost  : Bagaimana Bekam Menjadi Solusi Efeketif Atasi Kolesterol LDL

Di kehidupan sehari-hari kita sudah tidak asing lagi dengan istilah kolesterol. Kalau kita disuguhi makanan gorengan atau masakan yang berasal dari daging sapi atau kambing bisa juga sirup sirup gula sintetis dan kue kue gurih , apalagi pas moment lebaran begini nyaris  semua makanan yang kita temui dan tersuguhi dirumah sarat dengan kandungan kolesterol tinggi. Bagi yang tengah menjalani diet, makanan tadi sudah pasti ditampiknya karena sumber kolesterol. Apakah kolesterol itu? Samakah kolesterol dengan lemak?

Lemak, disebut juga lipid, adalah suatu zat yang kaya akan energi. Lemak berfungsi sebagai sumber energi yang utama untuk proses metabolisme tubuh. Dari segi ilmu gizi, lemak dapat diklasifikasikan menjadi lemak sederhana, lemak majemuk, dan turunan lemak. Masing-masing jenis lemak memiliki stuktur kimia berbeda. Contoh lemak sederhana adalah monogliserida, digliserida, dan trigliserida. Lemak majemuk contohnya fosfolipid dan lipoprotein. Sedangkan yang termasuk dalam turunan lemak salah satu contohnya adalah kolesterol.

Meski masuk dalam golongan lemak atau lipid, tetapi kolesterol dan lemak merupakan substansi yang berbeda. Satu makanan bisa saja tinggi lemak, tetapi bebas kolesterol, misalnya minyak zaitun. Atau sebaliknya makanan lain bisa rendah lemak tetapi tinggi kolesterol.

Apa itu kolesterol?

Dilihat dari struktur kimianya, kolesterol merupakan senyawa lemak yang kompleks. Sebagian besar kolesterol yang beredar dalam tubuh manusia dihasilkan dari dalam tubuh (di hati), mencapai 80% dari total kolesterol. Sisanya (20%) diperoleh dari makanan. Meski tampak “jahat” sebenarnya kolesterol memiliki banyak kegunaan dalam tubuh, di antaranya membuat hormon seks, membentuk dinding sel dan lain-lain.

Kolesterol tidak larut dalam cairan darah. Untuk itu agar dapat dikirim ke seluruh tubuh perlu dikemas bersama protein menjadi partikel yang disebut lipoprotein. Lipoprotein dapat dianggap sebagai ‘pembawa’ (carier) kolesterol dalam darah.

Jumlah kolesterol yang ada di tubuh kita harus seimbang dengan kebutuhan. Dengan begitu tubuh kita akan tetap sehat. Tetapi bila jumlahnya berlebihan, salah satunya akibat terlau sering makan makanan mengandung kolesterol, maka kadar kolesterol dalam darah akan meningkat. Namun janganlah panik insyaAllah dibawah ini ada tips sederhananya untuk atasi kolesterol LDL.

Solusi Sederhananya

Sebelum komsumsi makanan makanan berkadar kolesterol tinggi tersebut diatas cobalah telan 1 sihung bawang putih dan mentimun karena kandungan garlic (minyak bawang putih) yang ada pada bawang putih sangat efektif menekan dan mengontrol kadar kolesterol dalam darah kita. Dan bila sudah terlanjur tinggi kadar kolesterol LDL kita segeralah berbekam ! karena penelitian ilmiah yang dilakukan oleh Pak Wahyudi Widada S,Kep M,Ked dari UNAIR Surabaya membuktikan bahwa TERAPI BEKAM sangat luar biasa hasilnya untuk mengeluarkan kadar kolesterol LDL berlebih pada darah yang ada pada tubuh kita. Wallahu alamu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *