Artikel Kesehatan

Obat Rematik Alami yang Ampuh

Obat rematik alami yang ampuh tergantung dari bahan yang digunakan. Beberapa pilihan obat rematik alami, seperti kunyit dan bawang putih, dipercaya dapat meredakan keluhan yang muncul akibat penyakit radang sendi ini. Namun, efektivitas berbagai bahan tersebut sebagai obat rematik alami masih perlu diteliti lebih lanjut.

Rematik adalah penyakit yang menimbulkan rasa sakit akibat otot atau persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan. Biasanya, peradangan dan pembengkakan yang terjadi bisa menimbulkan nyeri hebat dan bahkan membuat sendi kehilangan fungsi gerak.

Penyakit rematik ada banyak jenisnya, mulai dari rheumatoid arthritisosteoarthritispenyakit asam uratsindrom Sj√∂rgen, dan lupus. Pada kebanyakan jenis penyakit rematik, peradangan yang terjadi merupakan bagian dari proses penyakit itu sendiri.

Obat Rematik Alami yang Ampuh dan Umum Digunakan

Sampai sekarang, belum ada obat yang diketahui ampuh untuk menyembuhkan rematik secara utuh. Pola hidup sehat dan obat pereda nyeri umumnya menjadi rekomendasi dokter untuk meredakan kondisi tersebut.

Selain itu, tak sedikit orang memanfaatkan obat rematik alami yang memiliki khasiat antiradang untuk membantu meredakan peradangan dan gejala rematik.

Berikut ini adalah sederet obat rematik alami yang bisa Anda gunakan:

1. Kunyit dan lada hitam

Bumbu dapur berwarna kuning ini diduga bisa dimanfaatkan sebagai obat rematik alami. Ini berkat kandungan kurkumin di dalam kunyit yang memiliki sifat antioksidan, antiradang, antibakteri, dan antijamur. Sayangnya, kurkumin tidak begitu mudah diserap oleh tubuh.

Untuk bisa diserap dengan maksimal, kunyit membutuhkan peran lada hitam yang mengandung senyawa aktif piperin. Piperin diduga mampu mengurangi rasa mual, sakit kepala, gangguan pencernaan, dan bersifat antiinflamasi.

Perpaduan antara kunyit dan sedikit lada hitam dipercaya bisa menjadi obat rematik alami untuk melawan peradangan dan meredakan rasa nyeri pada sendi.

2. Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah yang diyakini memiliki sifat antiradang karena kandungan gingerol-nya. Tanaman herbal ini juga terkenal akan manfaatnya untuk meredakan mual yang kerap dialami ibu hamil pada trimester pertama.

Tak hanya itu, berbagai penelitian juga menunjukkan manfaat jahe sebagai obat rematik alami. Bahkan, jahe juga diduga dapat mencegah terjadinya kerusakan tulang akibat penyakit rematik, seperti rheumatoid arthritis.

3. Teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan polifenol yang diketahui mampu meredakan peradangan dan nyeri sendi yang disebabkan oleh rematik.

Banyak dijual di pasaran dan tergolong sangat mudah untuk dikonsumsi. Hal ini membuat teh hijau semakin ideal untuk dimanfaatkan sebagai obat rematik alami.

4. Bawang putih

Tak hanya digunakan sebagai bumbu masakan, bawang putih juga dipercaya mampu menghambat produksi sitokin yang menjadi pemicu terjadinya peradangan di dalam tubuh.

Ini membuat bawang putih diduga dapat dimanfaatkan sebagai obat rematik alami, misalnya pada rheumatoid arthritis atau osteoarthritis.

5. Kayu manis

Beberapa penelitian menunjukkan manfaat kayu manis dalam mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan sendi pada penderita rematik rheumatoid arthritis, jika dikonsumsi secara teratur setiap hari.

Ini berkat kandungan antioksidan di dalam kayu manis yang diduga mampu menghambat kerusakan sel akibat efek radikal bebas dan meredakan peradangan di dalam tubuh.

Berbagai bahan herbal di atas memang dipercaya berkhasiat untuk meredakan gejala penyakit rematik. Namun, efektivitas dan tingkat keamanan berbagai bahan tersebut sebagai obat rematik alami masih perlu diteliti lebih lanjut.

Tak hanya dengan mengonsumsi obat rematik alami, Anda juga bisa menerapkan pola hidup sehat dan mencoba kompres hangat atau kompres dingin selama 15 menit setiap 30 menit untuk meredakan gejala rematik.

 

Sumber: alodokter

Dilihat : 21 kali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button