Artikel Kesehatan

Pilihan Jus Sehat untuk Ibu Hamil

Pilihan jus sehat untuk ibu hamil bisa berasal dari buah atau sayur segar dan berwarna-warni. Selain enak, jus juga mengandung serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan Bumil juga calon bayi, lho. 

Memenuhi kebutuhan cairan saat hamil sangat penting untuk mencegah dehidrasi pada ibu hamil. Selain dengan minum air putih, Bumil bisa mencukupi asupan cairan tubuh dengan mengonsumsi jus buah atau sayur.

Ada banyak pilihan jus yang bagus untuk ibu hamil, mulai dari jus alpukat, jus wortel, jus jeruk, jus mangga, sampai jus stroberi. Beragam jenis buah atau sayur yang dibuat menjadi jus bisa memberikan banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Bumil dan janin. 

Daftar Jus yang Bagus untuk Ibu Hamil

Pilihan jus sehat untuk ibu hamil sebaiknya tidak ditambahkan pemanis, seperti gula atau kental manis. Alasannya, buah atau sayur sendiri sudah mengandung gula alami, kok. Pilihan jus sehat untuk ibu hamil harus diperhatikan komposisinya, asupan makanan atau minuman manis perlu dibatasi ketika hamil guna mencegah diabetes gestasional.

Mau makan buah dan sayur biar lebih sehat, tapi bosan dengan rasanya yang itu-itu saja? Tenang, Bumil. Coba kreasikan buah dan sayur jadi aneka jus yang bagus untuk ibu hamil berikut ini:

1. Jus alpukat

Jus yang bagus untuk ibu hamil yang pertama adalah jus alpukat. Tidak hanya enak dan mengenyangkan, buah berwarna hijau ini juga tinggi asam folat dan lemak sehat yang baik untuk mendukung tumbuh kembang janin. Mencukupi asupan asam folat (vitamin B9) saat hamil mampu mencegah bayi lahir cacat lho, Bumil.

2. Jus jeruk

Jus yang bagus untuk ibu hamil selanjutnya adalah jus jeruk. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang melimpah di dalam segelas jus jeruk sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh Bumil agar tidak mudah sakit. Tidak hanya itu, vitamin C pada buah jeruk juga bagus untuk menjaga kesehatan kulit selama hamil. 

Kendati bermanfaat, hindari untuk mengonsumsi jus berwarna oranye ini berlebihan ya, Bumil. Soalnya, jeruk memiliki rasa sedikit asam yang mungkin kurang nyaman di perut ibu hamil.  

3. Jus wortel

Jus wortel dikenal sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mata karena kandungan vitamin A-nya yang sangat tinggi. Selain itu, sayur ini juga mengandung kalium yang melimpah. Mencukupi asupan kalium harian selama hamil dapat mengontrol tekanan darah ibu hamil agar tetap stabil dan meringankan keluhan kram kaki yang mungkin Bumil alami.

4. Jus bayam

Bayam kok dijus? Eits, sayuran ini tak hanya nikmat disantap sebagai lauk, tapi juga bisa diolah jadi jus yang segar dan nikmat lho, Bumil.

Bayam merupakan salah satu sayuran yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena kaya akan folat, zat besi, kalsium, vitamin B, vitamin C, kalium, dan serat. Berkat nutrisinya yang lengkap ini, bayam bisa disebut sebagai salah satu jenis superfood.

Cara mengolah jus bayam cukup mudah, Bumil hanya perlu memetik daun bayam, mencucinya, saring, lalu masukkan ke blender dan olah jadi jus. Agar rasanya tidak terlalu pahit, Bumil bisa menambahkan sedikit susu, yoghurt, madu, atau perasan lemon biar lebih segar.

5.  Jus timun

Selain enak dimakan langsung sebagai camilan sehat, buah timun juga nikmat diolah menjadi jus. Mengonsumsi jus timun bisa menghidrasi tubuh ibu hamil karena timun termasuk buah tinggi air. Selain itu, rasanya yang menyegarkan dan ringan bisa mengurangi rasa mual pada ibu hamil, khususnya ketika morning sickness melanda.

6. Jus mangga

Bosan mengonsumsi mangga dengan cara itu-itu saja? Coba deh, nikmati mangga yang diolah menjadi jus. Selain enak dan manis, jus mangga juga tinggi serat yang baik untuk melancarkan pencernaan supaya Bumil tidak mengalami sembelit.

7. Jus stroberi

Kalau Bumil ingin jus yang rasanya sedikit asam dan segar, Bumil bisa nih mengonsumsi jus stroberi. Segelas jus stroberi mengandung serat, vitamin, juga mineral. Bahkan, buah berwarna merah ini juga mengandung kolin, yang baik untuk mendukung perkembangan otak janin.

8. Jus apel

Apel mengandung karbohidrat dan serat. Kedua nutrisi ini bisa membuat perut Bumil kenyang lebih lama dan menambah energi agar Bumil bisa terus beraktivitas. Selain itu, apel juga kaya akan vitamin C dan antioksidan, sehingga baik untuk memperkuat imunitas tubuh Bumil.

9. Jus tomat

Jus yang bagus untuk ibu hamil berikutnya adalah jus tomat. Tomat merupakan buah yang mengandung likopen. Kandungan ini berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas, melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, serta melawan infeksi. 

Dengan mengonsumsi makanan bergizi yang kaya antioksidan, termasuk jus tomat,  ibu hamil bisa terhindar dari berbagai masalah kehamilan, seperti hipertensi, diabetes gestasional, dan preeklamsia.

Selain berbagai pilihan jus di atas, Bumil juga bisa mengonsumsi berbagai jus yang bagus untuk ibu hamil lainnya, mulai dari jus semangka, jus melon, jus jambu, ataupun smoothies dari buah-buahan atau sayuran. 

Beragam jus yang bagus untuk ibu hamil di atas bisa dikonsumsi selang-seling agar Bumil tidak bosan. Bumil dapat mengonsumsi jus buah atau sayur terpasteurisasi yang banyak dijual di supermarket. Selain itu, Bumil juga bisa kok membuat jus sendiri di rumah. Dengan catatan, buah atau sayur yang akan dibuat jus sudah dicuci bersih, ya.

Kendati bernutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan Bumil juga janin, sebaiknya Bumil tidak mengonsumsi jus buah atau sayur lebih dari 2 gelas per hari. Ini karena konsumsi jus berlebihan bisa membuat perut kembung sehingga Bumil bisa merasa lebih mudah mual.

Selain minum jus, penuhi pula kebutuhan cairan harian saat hamil dengan banyak minum air putih, setidaknya 2–3 liter per hari. Jika Bumil bosan dengan air putih, Bumil bisa membuat infused water dengan menambahkan irisan buah yang disukai dan beberapa helai daun mint agar lebih menyegarkan.

 

Sumber: alodokter

Dilihat : 15 kali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button