Pola Makan Nabi SAW (Bag.2)

Kebiasaan Nabi SAW

1.   Membaca Bismillah.

Baca Basmalah ketika mau makan, minum, masuk rumah , berjima, melakukan sesuatu dan lain-lain. Jika salah seorang diantara kalian makan tetapi dia lupa menyebut nama Allah maka hendaklah membaca : “Bismillahi awwalahu waaahirohu..”

2.   Mencuci tangan sebelum makan.

Telapak tangan adalah areal terluas dan fleksibel dalam interaksi dengan dunia luar. Ketika bersalaman, menyentuh, sesuatu dan lain-lain. Disinyalir 70 % penyakit disebabkan virus, bakteri, jamur atau cacing disebabkan kontaminasi dengan tangan. Rasulullah menganjurkan untuk memotong kuku jari kaki tangan dan kaki dengan sabdanya : “Potonglah kuku karena sesungguhnya setan duduk dibawah kuku yang panjang.” (Ihya Ulumuddin)

3.   Berwudlu terlebih dahulu.

Sesuai Sabda Rasul : “Barang siapa ingin diperbanyak kebaikan dalam rumahnya maka berwudulah sebelum makan dan sesudahnya.” (HR. ahmad, Abu Daud & Turmudzi)

Nabi bersabda : “Wudu sebelum makan dapat mencegah kemiskinan, wudu setelah makan dapat mencegah kebimbangan.”

4.   Menggunakan tangan kanan.

Sabda Rasulullah SAW : “Jika salah seorang diantara kalian makan hendaklah dia makan dengan tangan kanannya, jika minum dengan tangan kanannya karena setan selalu makan dengan tangan kiri dan minum dengan tangan kiri.”

Jika dia kidal maka harus dibiasakan makan sejak kecil dengan tangan kanan.

5.   Sambil duduk.

Rasulullah memberi petunjuk agar duduk ketika makan atau minum. Ibnu Abbas meriwayatkan “Rasulullah selalu duduk diatas tanah dan makan diatas tanah” Tidak makan sambil bersandar karena akan menyulitkan jalannya makanan yaitu bersandar pada lambung. Duduk melipat kaki, bersandar pada sandaran kasur atau bantal.

6.   Tidak meniup makanan.

Nabi tidak suka meniup makanan karena tiupan berbahaya. Tunggu sampai suhu normal dan tidak tergesa gesa. Rasul tidak pernah makan pada makanan yang panas dan tidak pula makanan yang basi.

7.   Mengunyah makanan.

Hancurkan makananmu dengan zikir. Jangan menelannya sebelum halus di mulut. Di mulut dikunyah dibantu air liur lalu dikirim ke lambung. Makanan cair dan dikunyah lebih lumat akan cepat melintasi lambung. Sistem Pencernaan di mulai dari mulut berakhir di anus yang panjangnya 9 meter. Dilambung diubah dari padat menjadi semi cair 2-6 jam tergantung makanannya.

8.   Hindari kondisi marah dan takut.

Ketika makan marah maka lambung akan memerah karena darah mengalir ke lambung lebih banyak. Pada saat takut maka lambung akan menjadi pucat karena darah ke lambung kurang. Ketika kita mencium bau masakan kesukaan kita lambungpun akan bereaksi memberi signal bahwa dia sudah lapar.

9.   Hindari makanan yang dingin.

Makanan yang dingin akan memperlambat proses pencernaan. Contoh Es dalam jumlah tertentu suhu lambung bisa hingga 26 C dari normalnya 37 C. Suhu lambung yang terlalu rendah bisa menghentikan segala kegiatan pencernaan dalam lambung 30 menit sampai suhu lambung normal.

10. Hindari Rakus dan Kekenyangan.

Rasul bersabda : “Seseorang cucu Adam tidak pernah memenuhi satu bejana yang lebih jelek daripada perutnya. Cukuplah bagi nya beberapa suap yang dapat menegakan punggungnya. Jika makan hendaklah sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiga untuk minuman”.

“Hindari perut yang kenyang karena dapat merusak agama dan membuat malas ibadah.” (HR Abu Nuaim)

Nabi bersabda : “Termasuk sikap berlebihan adalah ketika engkau memakan semua yang engkau inginkan”.

11. Dengan tiga jari dan menjilatinya.

Rasul makan dengan 3 jari dan selalu dikunyah dengan baik sehingga tidak mengalami gangguan pencernaan.

Nabi SAW bersabda : “Jika salah seorang diantara kalian makan hendaklah dia tidak membersihkan tangannya hingga tangannya dijilati sendiri atau oleh orang lain yang tidak merasa jijik dengannya seperti istri, anak atau pelayannya.” (HR Bukhori Muslim)

 

Sebetulnya masih banyak lagi kebiasaan Rasul SAW dalam pola Makan dan Hidup. Mari kita meneladani kebiasaan Rasul dalam memelihara pola makan…. Wallahu’alam…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *