sinergi bekam

Sinergis Titik Sunnah Bekam Dengan Anatomi Tubuh

oleh Rahmat Bekam dari berbagai sumber

sinergi bekamTitik-titik bekam Nabi (Titik Hijamah) menjadikan pengobatan Bekam ini bagian pengobatan Islam, ada banyak Hadits Nabi tentang bekam meski bekam sudah ada jauh sebelum Nabi. Bekam di kukuhkan Allah sebagai pengobatan terbaik adalah ketika waktu Isra’ Mi’raj, Nabi melewati sekumpulan Malaikat, dan Malaikat menyeru “Wahai Muhammad, perintahkan umatmu berbekam, diulang sampai 3 kali “.
Hadits tentang bekam banyak sekali jumlahnya hingga ratusan hadits shahih, dan cukup komplit dari sisi matan, mulai manfaat bekam, titik-titik bekam, hari terbaik bekam, upah bekam, hari larangan bekam dll.

Jika kita ingin terbebas dari gangguan penyakit yang disebabkan oleh darah kotor/ darah rusak, atau sebagai tindakan pencegahan terhadap penyakit, maka sangat dianjurkan untuk ber-bekam satu bulan sekali.
Berikut ini titik-titik bekam (cupping point) yang dirangkum dari berbagai sumber dan menggunakan gambar dasar peta Anatomi Tubuh
Gambar titik-titik bekam :
1. UMMU MUGHITS (Pusat penyakit, di puncak kepala agak ke belakang, 2/3 bagian depan). Merupakan titik bekam sakit kepala, titik bekam vertigo, migren. Dan Juga Titik Bekam diabetes menurut dr. Aljufrie, yaitu titik merangsang pangkreas.
Dari Ibnu Umar, bahwa Rosululloh pernah dibekam pada kepala bagian depan, yang disebut ummu mughits.
2. HAMMAH / ‘Alaa Ro’sun (di kepala bagian depan)
Merupakan titik paling atas kepala, terletak di tulang ubun-ubun (osparetale) bagian depan, iaitu terletak di titik pertemuan antara batas rambut bagian belakang dengan batas rambut bagian depan.
Berperan dalam pengobatan sakit kepala, pening, vertigo, migrain, gangguan penglihatan, menghilangkan pengaruh sihir, stroke dan lain-lain.
Muamar berkata:”Aku pernah dibekam hingga aku tidak sadar sampai sampai aku dituntun membaca Al-Fatihah.
Itu karena aku di bekam di hammah.
3. YAFUKH (titik di tengah kepala, pertemuan tulang tengkorak depan dan belakang)
Terletak di titik pertemuan tulang tengkorak depan dan belakang, yaitu antara tulang ubun-ubun (os parietale) dan tulang dahi (os frontale). Pada kanak-kanak, waktu pembekaman tidak boleh dikeluarkan darahnya, karena umumnya pertemuan antara kedua tulang tersebut belum menutup sempurna.
Berperanan dalam pengobatan epilepsi, vertigo, sakit kepala, gangguan penglihatan, rinorhea, kejang dan lain-lain.
Dalam Shohihul Bukhori, Anas meriwayatkan bahwasanya Rosulullah pernah dibekam di kepalanya karena pusing saat ihrom.
Dalam Shahih Ibni Hibban, Abu Hurairah meriwayatkan bahwasanya Abu Hindi pernah membekam Rosululloh pada yafukh.
4. NAQROH ( leher bagian belakang, tulang 1-7, dari batas rambut hingga ke tulang 7)
5. QOMAHDUWAH (bagian belakang kepala)
Terletak di tulang kepala belakang di sekitar tonjolan tulang. Bagian dimana kalau sesorang tidur terlentang maka qamahduah adalah bagian kepala yang kena pada tanah.
Berperan dalam penyembuhan dan pengubatan sakit kepala belakang, pening, kurang pendengaran, sukar berbicara, schizophrenia, epilepsi, sakit leher, pening, vertigo dan lain-lain.
Diriwayatkan dari tirmidzi dalam kitab sunan no. 2053, Ibnu Majah no.3478, dsn Hakim IV/212 bahwa Rosululloh SAW bersabda “hendaklah kalian berbekam pada tengah qomahduah karena dapat menyembuhkan 72 penyakit”.
6. AKHDA’AIN (di kanan kiri leher)
Terletak di sekitar otot-otot (urat leher) kanan dan kiri, di sekitar vena jugularis interna dan di sekitar otot sternocleidomastoideus. Merupakan pusat kegiatan dan perjalanan dari usus kecil dan besar.
Berperanan dalam penyembuhan dan pergubatan sakit leher, leher ngilu, tinnitus, selesma, pipi bengkak, mencegah sakit kepala, sakit wajah, sakit gigi, sakit telinga, hidung, sakit kerongkong dan lain-lain.
Fungsi : Mencegah sakit kepala, Mencegah sakit wajah, Mencegah sakit telinga, Mencegah sakit hidung, Mencegah sakit tenggorokan.
Dari Anas r.a ia berkata,”sesungguhnya Rosululloh SAW dibekam pada akhada’in dan kahil”.(HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)
Imam Ahmad dalam Musnad : Anas r.a. mengatakan bahwa Rosululloh pernah dibekam pada akhadain dan kahil.
7. KAHIL (di tonjolan belakang nomer 7, antara bahu kanan dan kiri setinggi pundak)
Terletak di sekitar tulang leher belakang (processus spinosus vertebrae VII), antara bahu (acromion) kanan dan kiri. Merupakan titik pertemuan dan perjalanan organ pundi, empedu, lambung, usus halus, usus besar, pundi kencing dan tripemanas. Berperanan dalam penyembuhan dan pengubatan nyeri leher, demam, epilepsi, batuk, flu, asma, punggung kebas dan lain-lain.
Anas bin Malik berkata: ” Rasulullah SAW. pernah dibekam di al akhda’ain dan al kahil” (HR. At Tirmidzi, Abu Dawud, Hakim dan Ahmad).
Fungsi : Mencegah tekanan darah pada tengkuk, Mengatasi rabun, Mengatasi benjolan di mata, Mengatasi rasa berat pada alis dan mata, Mengatasi penyakit mata lainnya, Mengobati lepra, Mengobati berbagai macam penyakit.
Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim : “Rasulullah SAW pernah menggunakan hijamah (terapi bekam) atas tiga bagian tubuh, bagian atas tulang belakang (kahil) dan atas dua urat leher (akhda’ain).”
8. MUNKIB (antara bahu dan lengan atas)
Fungsi : Mengobati penyakit pundak, Mengobati sakit di leher.
Diriwayatkan dalam shahih Bukhari dan Muslim dari Ibnu Abbas r.a, Rasulullah SAW pernah melakukan terapi bekam sebanyak tiga kali pada dua pelipis dan pundaknya.
9. KATIFAIN (kedua bahu)
Berfaedah untuk mengubati penyakit penyakit leher. Nabi SAW melakukan bekam pada kedua bahu waktu diberi makanan daging kambing yang diletak racun oleh orang Yahudi.
10. DZUQN (di dagu, kanan, kiri, bawah atau sekitar janggut)
11. PELIPIS
Berguna untuk mengubati pening pada kepala, mengubati sakit gigi dan sakit pada bahagian wajah, mengobati sakit kerongkongan / batuk. (Dari Ibnu Abbas berkata, Rasulullah SAW pernah melakukan bekam sebanyak 3 kali pada kedua pelipisnya.
12. UDZUN (di belakang telinga)
13. TZADYU (di bawah payudara)
Berguna untuk menyembuhkan bisul-bisul, kurap/kudis dan panu yang ada di paha, menyembuhkan kaki yang
sering nyeri, mengobati wasir, mengubati penyakit kaki bengkak (elephantiasis), menghilangkan gatal-gatal pada bahagian punggung.
14. QITHON ( di punggung bagian bawah).
Titik Bekam Wasir
15. ASFALAS SHODR (bawah dada kiri dan kanan).
Titik Bekam jantung.
16. WIRK / ‘ALA WARIK (di pangkal paha, bagian bawah belakang tulang pinggul)
Berguna untuk sakit sengal-sengal, lower back pain (Dari Jabir RA, bahwa Rasulullah SAW pernah melakukan bekam pada pinggulnya karena penyakit sengal-sengal yang dideritanya (HR. An- Nasai, Ibnu Majah).
17. MAQ’IDAH (di pantat, di bagian paling menunjol ketika duduk)
Fungsi : Menghilangkan pegal-pegal, Menghilangkan kelelahan.
Dalam Sunan Abu Dawud disebutkan dari hadits Jabir bahwa Rasulullah SAW pernah melakukan terapi bekam di bagian atas pinggulnya karena sakit pegal-pegal yang dideritanya.
18. RUKBAH (kanan kiri atau atas lutut)
19. FAKHD (di paha di batang tulang femur)
20. SAAQ (Tungkai bawah, antara lutut dan pergelangan kaki)
21. RUSYGH (terletak antara lengan bawah dengan telapak tangan)
22. ZHOHRUL QODAM (terletak di punggung kaki/Titik bekam asam urat)
Berguna untuk menghilangkan kutil yang tumbuh di kedua paha, betis, serta tulang kering. Menghentikan keluarnya darah haid dan gatal-gatal pada buah testis (kantung kemaluan laki-laki) dan saraf.
23. ILTIWA’ (di bawah mata kaki bagian dalam).
Terletak di bawah mata kaki bagian dalam (malleolus medialis), antara malleolus medialis dengan tulang tumit (calcaneus), Merupakan pusat perjalanan organ ginjal. Berperan dalam penyembuhan dan pengubatan tinnitus, hemoptisis, gangguan haid, insomnia, ejakulasi dini, masalah saraf, ginjal, bronkietasis, pinggul , gangguan kencing dan lain lain.
SEMOGA BERMANFAAT

www.rumahsehatherbaholistic.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *