madu asli

Tips Mengetahui Keaslian Madu Dengan Cara Sederhana

oleh : Rahmat Bekam (dari berbagai sumber)


madu asli#Madu masukan kedalam freezer, bila dalam beberapa jam saja beku total maka pastikan itu PALSU ! bila ada sebagian beku maka itu indikasi ada kandungan bepolen didalamnya

#Madu 1 mL ditambah air 5 mL di dalam gelas bening, biarkan selama 24 jam. Jika setelah 24 jam muncul endapan di dasar gelas, maka itu adalah madu palsu. Jika tidak muncul endapan di dasar gelas, maka itu adalah madu asli.

#Madu 1 mL ditambah air 2 mL di dalam gelas bening. Jika air tampak agak keruh dan berserat, maka madu itu adalah madu palsu. Jika air tampak jernih dan tidak berserat, maka madu itu adalah madu asli.

#Madu satu sendok teh dimasukkan ke dalam segelas air, lalu masak sampai mendidih, kemudian dibiarkan dingin dulu. Setelah itu, teteskan yodium ke dalamnya. Jika kemudian muncul warna biru atau hijau, maka madu itu mengandung tepung alias madu palsu.

#Ambil madu sebanyak satu sendok teh. Masukkan ke dalam segelas spirtus. Jika madu tersebut mengendap (artinya jatuh hingga berada di dasar gelas) maka madu tersebut kualitasnya bagus.

#Ambil madu satu sendok teh, masukkan ke madu dalam mulut, rasakan, lalu telan. Jika dalam waktu lebih dari 3 menit masih terasa manis di lidah, maka itu tandanya madu palsu. Karena bekas rasa manis madu yang asli (tanpa campuran apapun) hanya akan bertahan 2-3 menit di dalam mulut.

#Madu satu sendok teh dimasukkan ke dalam segelas alkohol dengan kadar alkohol 55%. Jika dalam 24 jam muncul endapan di dasar gelas, maka itu tandanya madu palsu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *