Virus Corona Bertahan di Permukaan Benda Berapa Lama? Ini Fakta Sesuai Riset

Berapa lama sebenarnya virus Corona bertahan di permukaan benda? The Journal of Hospital Infection menganalisa 22 studi mengenai virus Corona. Berikut hasilnya, soal berapa lama virus Corona bertahan di permuakan suatu benda:

– Pada stainless steel, virus corona dapat bertahan hingga 5 hari
– Pada bahan metal, virus corona dapat bertahan hingga 5 hari
– Pada alumunium dan sarung tangan operasi, virus corona dapat bertahan selama 2-8 jam
– Pada kayu, virus corona dapat bertahan hingga 4 hari.
– Pada kaca, virus corona dapat bertahan hingga 4 hari
– Pada plastik, virus corona dapat bertahan 8 jam hingga 6 hari
– Pada kertas, virus corona dapat bertahan 4 hingga 5 hari
– Pada PVC, virus corona dapat bertahan hingga 5 hari
– Pada keramik, virus corona dapat bertahan hingga 5 hari.

Lalu bagaimana jika di udara? Berapa lama virus Corona Bertahan?

Ketika virus tersuspensi dalam tetesan yang lebih kecil dari 5mm, dikenal dengan sebutan aerosol. Menurut para peneliti, saat virus masih berada tersuspensi dalam bentuk aerosol dan belum menempel pada permukaan benda yang membuatnya bisa hidup lebih lama, virus tersebut dapat tetap ditangguhkan selama kurang lebih setengah jam. Penemuan ini tentunya sangat bertolak belakang dengan pernyataan WHO (World Health Organization) yang mengatakan bahwa virus tidak dapat tersebar melalui udara.

Virus yang berada di udara sebenarnya memang tidak terlalu membahayakan bagi orang-orang yang tidak berada di dekat orang yang sudah terinfeksi. Itulah mengapa virus yang berada di udara lebih berisiko bagi para petugas medis. Tidak heran mengapa para petugas medis diwajibkan untuk menggunakan pakaian lengkap atau kostum hazmat beserta kaca mata khusus dan masker penutup hidung dan mulut untuk melindungi tubuh.

Sumber : https://wolipop.detik.com/health-and-diet/d-4945566/virus-corona-bertahan-di-permukaan-benda-berapa-lama-ini-fakta-sesuai-riset

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *