15 Buah Rendah Gula yang Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah rendah gula adalah makanan yang sebaiknya dikonsumsi bagi Anda yang ingin mengontrol kadar gula tubuh. Apa saja buah dengan kadar gula rendah yang baik untuk dikonsumsi? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Mengenali Berbagai Buah Rendah Gula

Sebelum menjelaskan mengenai buah apa saja yang mengandung gula rendah, perlu Anda ketahui pada dasarnya semua buah mengandung gula, namun terdapat beberapa varietas yang memiliki kandungan gula yang lebih tinggi dibanding yang lain seperti pisang dan mangga.

Berikut adalah beberapa buah rendah gula yang baik untuk dikonsumsi, di antaranya:

1. Apel

Apel kaya akan serat dan merupakan sumber vitamin C yang baik. Namun, bagi Anda yang sering mengonsumsi apel dengan mengupas kulitnya, perlu diketahui bahwa kulitnya mengandung antioksidan. Finonutrien di dalam apel  diduga membantu mencegah lonjakan gula darah dengan merangsang sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin. Sementara itu, antioksidan dalam apel juga berperan dalam menjaga kesehatan pankreas.

2. Aprikot

Meski aprikot ini tidak begitu populer di Indonesia, aprikot termasuk ke dalam buah rendah gula yang cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain menjadi sumber serat yang baik tubuh, aprikot juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin A harian tubuh. Kandungan serat di dalamnya memiliki fungsi untuk menjaga kadar gula dan kolesterol tetap normal, hal itu membuat risiko terkena diabetes dan kolesterol berkurang.

3. Lemon dan Jeruk Nipis

Meski lemon dan jeruk nipis adalah buah yang cukup asam, keduanya mengandung viamin C yang tinggi. Buah yang umumnya tidak dikonsumsi langsung ini dapat membantu mengurangi nafsu makan. Bagi Anda ingin memasukkan lemon ke dalam menu diet, cobalah untuk memasukkan air lemon hangat ke program diet untuk membantu menurunkan berat badan.

4. Raspberry

Raspberry mengandung banyak serat yang bisa membantu Anda kenyang lebih lama. Selain serat, raspberry dapat membantu menurunkan berat badan karena kandungan mangan di dalamnya dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme yang berjalan baik berefek pada pembakaran lemak tubuh yang optimal.

5. Strawberry

Salah satu buah yang direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian adalah strawberry. Meski memiliki rasa yang manis, strawberry ternyata termasuk buah dengan kadar gula yang rendah. Selain vitamin C, strawberry mengandung kalium, magnesium, folat, zat besi, dan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan.

6. Blackberry

Buah beri lainnya yang juga memiliki kadar gula rendah adalah blackberry. Blackberry kaya akan antioksidan dan serat sehingga baik dikonsumsi untuk mendukung kesehatan tubuh.

Kandungan serat yang tinggi dalam blackberry dapat membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam darah. Selain itu, rendahnya kandungan karbohidrat dan indeks glikemik dari blackberry menjadikannya aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

7. Grapefruit

Buah yang juga sering disebut jeruk bali ini ternyata termasuk buah rendah gula. Kandungan serat di dalamnya bisa membuat kenyang lebih lama sehingga membuat Anda mengurangi asupan kalori. Menurut sebuah penelitian, konsumsi setengah buah ini sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan.

8. Alpukat

Alpukat mengandung banyak lemak sehat yang dapat membantu Anda kenyang lebih lama. Selain itu, alpukat juga mengandung serat tinggi dengan kandungan karbohidrat yang rendah, di mana hal ini menjadi penting bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan.

9. Semangka

Apakah tubuh Anda kekurangan zat besi? Jika iya, salah satu cara alami untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengonsumsi semangka karena buah yang memiliki kulit berwarna hijau ini mengandung zat besi yang tinggi.

Selain itu, saat Anda mengonsumsi semangka, ginjal mengubah satu asam amino L-citrulline menjadi asam amino lain yaitu L-arginine. Dua asam amino ini memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya mengontrol diabetes.

10. Blewah

Buah yang biasanya populer selama bulan Ramadan ini ternyata memiliki beragam nutrisi dan rendah kalori, sehingga cocok bagi Anda yang sedang menjalankan diet rendah kalori. Beberapa kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin B, kalium, kalsium, magnesium, folat, karbohidrat, dan serat.

11. Jeruk

Saat Anda menjalankan diet salah satu godaan yang biasanya menghampiri adalah keinginan untuk mengonsumsi makanan manis. Untuk mengatasi hal ini, sepertinya Anda bisa mencoba jeruk sebagai camilan manis tanpa gula dan kalori yang berlebihan. Jeruk dipercaya membantu penurunan berat badan dengan mengurangi stres oksidatif, menurunkan gula darah, dan menjaga kesehatan hati.

12. Kiwi

Selain kaya akan vitamin C dan rendah gula, kiwi juga memiliki indeks glikemik rendah, hal itu menjadikan kiwi baik dikonsumsi bagi Anda yang menderita diabetes karena tidak menaikkan gula darah dengan cepat.

13. Melon

Buah yang memiliki rasa manis dan menyegarkan ini mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti kalium, vitamin C, beta-karoten, magnesium, dan zat besi. Selain mendukung penurunan berat badan, melon dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena kandungan kaliumnya yang tinggi.

14. Pir

Guna memenuhi kebutuhan serat dan vitamin K tubuh, pir dapat menjadi salah satu pilihan terbaik. Buah yang juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes ini mengandung air yang tinggi. Serat dan air yang tinggi dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Sebuah penelitian mengungkapkan, konsumsi pir secara rutin dapat menurunkan kadar lemak tubuh. Memasukkan pir ke dalam menu sehari-hari adalah pilihan yang terbaik.

15. Persik

Persik dapat menjadi camilan yang ramah bagi penderita diabetes karena termasuk buah rendah gula. Persik yang mengandung vitamin A, vitamin C, potasium, kalium, dan serat ini ternyata juga mampu menangkal radikal bebas yang menimbulkan penyakit kronis. Selain itu, persik juga membantu menurunkan risiko terjadi diabetes dan obesitas.

Sumber : Doktersehat.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *