Rahasia Alam

5 Manfaat Minyak Amla untuk Kesehatan Rambut

Meski belum terlalu populer, minyak amla diketahui baik untuk kesehatan rambut. Manfaat minyak amla tersebut berasal dari berbagai kandungan nutrisi di dalamnya. Namun, untuk mendapatkan manfaat minyak satu ini, Anda perlu menggunakannya dengan cara yang tepat. 

Minyak amla berasal dari ekstrak buah gooseberry. Minyak ini diketahui mengandung beragam nutrisi, seperti antioksidan, asam lemak esensial, flavonoid, dan vitamin C.

Berkat kandungannya tersebut, minyak amla dipercaya dapat memberikan beragam manfaat, salah satunya untuk menjaga kesehatan rambut. Namun, Anda perlu menggunakannya dengan tepat agar dapat memperoleh manfaat minyak amla secara maksimal.

Manfaat Minyak Amla untuk Rambut

Ada beragam manfaat minyak amla untuk kesehatan rambut, antara lain:

1. Merangsang pertumbuhan rambut

Kandungan fitonutrien, vitamin, dan mineral yang terkandung dalam minyak amla mampu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala sehingga bisa merangsang pertumbuhan rambut.

Salah satu vitamin penting dalam minyak amla yang juga dapat merangsang pertumbuhan rambut adalah vitamin C. Vitamin ini bisa merangsang pertumbuhan rambut karena dapat meningkatkan produksi kolagen, yaitu protein penting yang dibutuhkan untuk menjaga rambut tetap sehat.

2. Mencegah rambut rontok

Meski perlu diteliti lebih lanjut, beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak amla bisa mencegah kerontokan rambut. Manfaat ini bisa diperoleh karena minyak amla bersifat antijamur, sehingga dapat membantu membasmi jamur penyebab rambut rontok.

Tidak hanya itu, minyak amla juga dapat menghambat produksi 5-alpha-reductase, yang merupakan enzim penyebab kebotakan. Khasiat minyak ini dalam mengatasi kerontokan rambut juga dapat diperoleh berkat kandungan vitamin C di dalamnya.

Vitamin C tidak hanya mampu merangsang produksi kolagen, tetapi juga dapat melindungi rambut dari paparan radikal bebas yang menjadi pemicu rambut rusak.

3. Melembapkan rambut

Bagi Anda yang memiliki masalah rambut kering, menambahkan minyak amla ke dalam rangkaian perawatan rambut dapat dipertimbangkan. Pasalnya, kandungan air dalam minyak amla cukup tinggi,sehingga penggunaanya bisa melembapkan rambut.

4. Mencegah muculnya uban

Minyak amla dipercaya bisa mencegah munculnya uban, sehingga banyak produk pewarna rambut yang memasukkan kandungan ini ke dalam produknya. Selain minyak amla, bahan alami lain yang juga dapat mencegah munculnya uban  di usia muda adalah minyak kelapa, minyak almond, daun kari, dan rosemary.

5. Mengatasi ketombe

Minyak amla bisa mengatasi ketombe berkat kandungan bahan aktif di dalamnya yang bersifat antiketombe dan antibakteri. Namun, untuk mengatasi ketombe, penggunaan minyak amla saja tentu tidak cukup.

Selalu gunakan produk perawatan rambut yang sesuai dengan jenis dan masalah rambut Anda. Selain itu, kelola stres serta imbangi dengan konsumsi makanan untuk rambut sehat.

Cara Menggunakan Minyak Amla untuk Rambut

Untuk mendapatkan manfaat minyak amla secara maksimal, pastikan Anda menggunakannya dengan benar. Ini karena penggunaan minyak amla secara berlebihan atau sembarangan bisa menyebabkan kulit kepala berminyak, iritasi kulit kepala, hingga folikulitis.

Untuk mencegahnya, ikuti panduan menggunakan minyak amla berikut ini:

  • Pastikan produk minyak amla yang digunakan bebas dari pewangi dan pewarna tambahan.
  • Oleskan 1 sendok teh minyak amla ke kulit kepala hingga ujung rambut secara merata.
  • Pijat kulit kepala secara perlahan dengan gerakan melingkar.
  • Tutup rambut dengan handuk dan diamkan semalaman.
  • Cuci rambut seperti biasa pada keesokan harinya.
  • Jangan lupa untuk tetap menggunakan kondisioner meski sudah menggunakan minyak amla agar kelembapan rambut tetap terjaga.

Untuk meminimalkan terjadinya reaksi alergi saat menggunakan minyak amla, Anda dianjurkan untuk mengoleskan minyak ini ke kulit tangan terlebih dahulu dan lihat reaksinya setelah 24 jam. Jika tidak muncul reaksi alergi, seperti ruam, Anda bisa menggunakan minyak amla ke kulit kepala.

Itulah manfaat minyak amla beserta saran penggunaannya. Jika Anda sudah menambahkan minyak amla sebagai bagian dari perawatan rambut tetapi masalah rambut tak juga membaik, sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kondisi rambut Anda.

 

Sumber : Alodokter.com

Dilihat : 362 kali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button