Rahasia Alam

7 Manfaat Buah Cermai yang Sayang Untuk Dilewatkan

Ada beragam manfaat buah cermai bagi kesehatan, mulai dari mendukung fungsi saluran pencernaan hingga mengontrol kadar gula darah. Sederet khasiatnya tersebut berasal dari beragam nutrisi penting yang terkandung di dalamnya.

Buah cermai atau gooseberry biasanya berwarna hijau dan berukuran kecil. Buah ini memiliki cita rasa asam tetapi menyegarkan, sehingga sering kali diolah menjadi manisan atau asinan.

Tak hanya menyegarkan, buah ini juga memiliki manfaat yang beragam bagi kesehatan karena mengandung nutrisi penting bagi tubuh. Di dalam 150 gram buah cermai terdapat 66 kalori dan berbagai nutrisi, seperti:

  • 7 gram serat
  • 15 gram karbohidrat
  • 1 gram protein
  • 22 mcg vitamin A
  • 40 mg vitamin C

Selain itu, buah cermai juga kaya akan antioksidan dan nutrisi penting lain yang membawa manfaat untuk kesehatan, seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan folat.

Beragam Manfaat Buah Cermai

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, manfaat buah cermai bagi kesehatan diperoleh dari beragam nutrisi di dalamnya. Beragam manfaat tersebut meliputi:

1. Meningkatkan kesehatan saluran cerna

Buah cermai bisa dijadikan camilan sehat karena rendah kalori. Selain itu, buah ini juga mengandung serat yang cukup tinggi sehingga konsumsinya baik untuk meningkatkan kesehatan saluran cerna.

2. Mengontrol kadar gula darah

Konsumsi buah cermai diketahui bisa mengendalikan kadar gula darah. Manfaat ini berasal dari kandungan serat dan asam klorogenat di dalamnya.

Serat memiliki fungsi untuk memperlambat penyerapan gula ke dalam darah, sedangkan asam klorogenat berperan dalam mengurangi penyerapan karbohidrat dalam usus.

3. Menekan produksi asam lambung

Buah cermai dipercaya dapat menekan produksi asam lambung, sehingga konsumsinya bermanfaat dalam mencegah kambuhnya dispepsia. Hal ini diduga berkat kandungan kalium di dalamnya yang bisa menetralkan asam. Meski begitu, manfaat tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut.

4. Menjaga kesehatan mata

Buah cermai mengandung vitamin A, sehingga konsumsinya baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, kandungan vitamin A di dalam buah ini juga mampu menjaga fungsi kornea mata agar kualitas penglihatan tetap baik.

Vitamin A pun dibutuhkan untuk mencegah berbagai penyakit mata, seperti degenerasi makula, katarak, dan rabun senja.

5. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat buah cermai selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan kulit. Manfat ini bisa diperoleh berkat kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya. Vitamin C bersifat antioksidan, sehingga dapat mencegah kerusakan kulit yang dipicu oleh paparan radikal bebas.

Tak hanya itu, vitamin C juga berguna untuk merangsang produksi kolagen, yaitu protein penting yang dibutuhkan untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit.

6. Memelihara kesehatan tulang

Untuk menjaga dan memelihara kesehatan tulang, Anda harus mencukupi kebutuhan kalsium dengan baik. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium, salah satunya buah cermai.

Khasiat buah cermai dalam menjaga kesehatan tulang tidak hanya dapat diperoleh dari kandungan kalsiumnya saja, tetapi juga fosfor.

7. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung

Konsumsi buah cermai bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung, sebab buah ini mengandung ragam nutrisi penting yang bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Contohnya adalah kalium yang diketahui bisa mencegah penyempitan pembuluh darah. Selain itu, terdapat pula flavonol dan antisianin yang dapat menurunkan tekanan darah sekaligus meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Manfaat buah cermai untuk kesehatan memang beragam dan cara mengonsumsinya pun bervariasi. Selain manisan atau asinan, Anda bisa mengolahnya menjadi camilan, jus buah, bahkan selai sebagai pendamping roti.

Meski begitu, konsumsi buah cermai secara langsung lebih dianjurkan agar manfaatnya dapat diperoleh dengan maksimal.

Untuk mengetahui manfaat buah cermai dan takaran konsumsi yang sesuai dengan kondisi kesehatan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter lebih dulu, terutama jika Anda sedang menderita masalah kesehatan tertentu.

 

Sumber : Alodokter.com

Dilihat : 412 kali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button