belimbing

Belimbing & Penderita Sakit Jantung

belimbingBuah Belimbing yang memiliki nama latin Averrhoa carambola, merupakan buah yang berasal dari India dan Srilangka. Belimbing mengandung banyak vitamin C dan memiliki khasiat sebagai antipiretik dan ekspetoran, antinflasi, analgesik dan diuretik sehingga baik untuk membantu penyembuhan berbagai penyakit, antara lain batuk, sakit tenggorokan, kencing manis dan kolesterol.

Kolesterol adalah komponen lemak yang terdapat pada pembuluh darah semua binatang dan juga manusia. Kolesterol sebenarnya berguna sebagai sumber energi, membentuk dinding sel-sel dalam tubuh, dan sebagai bahan dasar pembentukan hormon -hormon steroid.

Kolesterol memang dibutuhkan tubuh, namun dapat membentuk endapan pada dinding pembuluh darah. Kolesterol dalam darah manusia terbagi menjadi 2 jenis yakni kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan HDL ( kolesterol baik). LDL apabila terlalu tinggi dan tidak seimbang dengan kolesterol baik HDL dapat menyebabkan penempelan di dinding pembuluh darah.

Kolesterol yang berlebihan bisa menempel di dinding pembuluh darah sehingga pembuluh darah menyempit dan aliran darah tidak lancar. Inilah mengapa, kolesterol menjadi salah satu faktor resiko penyakit jantung.

Bagaimana Kolesterol Tinggi Menyebabkan Serangan Jantung?

Jika ada sumbatan pada arteri koroner, jantung Anda mendapatkan terlalu sedikit darah dan oksigen. Tanpa oksigen yang cukup, jantung akan menjadi lemah dan rusak. Jika plak pecah, maka gumpalan darah dapat terbentuk di atas penumpukan tersebut sehingga menghambat aliran darah lebih jauh lagi. Atau gumpalan darah tersebut dapat pecah dan mengalir ke arteri di bagian lain dari tubuh. Jika sumbatan menghalangi aliran darah ke jantung Anda, maka Anda akan terkena serangan jantung.

Pektin yang terdapat dalam buah Belimbing Manis mampu mengikat kolesterol dan asam empedu dalam usus, kemudian membantu pengeluarannya sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan melancarkan pencernaan. Sedangkan kandungan Kalium yang tinggi dan Natrium yang rendah sangat memungkinkan Belimbing Manis dijadikan sebagai obat anti hipertensi.

Cara pemakaiannya, ambil 2 buah belimbing yang sudah masak, cuci bersih, dimakan 2 x sehari. Namun, belimbing manis mengandung asam oxalic yang berbahaya untuk penderita penyakit ginjal. Jadi sangat tidak dianjurkan memakan buah ini, demikian seperti kami kutip dari beberapa sumber.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *