Artikel KesehatanTips Sehat

Beragam Cara Mencerahkan Bibir

Beragam cara mencerahkan bibir, mulai dari cara rumahan dengan menggunakan masker bibir berbahan alami hingga melakukan tindakan medis, seperti terapi laser. Berbagai upaya ini dapat ditempuh untuk memperoleh bibir merona dan sehat yang dapat meningkatkan penampilan dan kepercayaan diri.

Bibir berwarna hitam bisa disebabkan oleh iritasi atau alergi terhadap produk perawatan maupun riasan. Selain itu, kondisi ini bisa disebabkan oleh perubahan hormon, dehidrasi, anemia, dan kekurangan vitamin.

Selain faktor-faktor tersebut, bibir hitam atau bibir tampak kusam juga bisa disebabkan karena kebiasaan menjilat bibir, merokok, mengonsumsi minuman berkafein, serta sering terpapar sinar matahari.

Meskipun warna bibir yang gelap dapat ditutupi dengan menggunakan lipstik, Anda dapat menerapkan cara mencerahkan bibir lainnya agar dapat meningkatkan kepercayaan diri. Selain efektif, beberapa cara ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Beragam Cara Mencerahkan Bibir

Berikut ini adalah berbagai cara mencerahkan bibir yang bisa Anda lakukan:

1. Menghindari menggigit atau menjilat bibir

Saat bibir kering, mungkin Anda akan menggigit dan menjilat bibir untuk membuatnya tetap lembap. Padahal, kebiasaan ini justru bisa membuat bibir menjadi lebih kering dan iritasi, sehingga menyebabkan warna bibir menggelap.

Oleh karena itu, cobalah hentikan kebiasaan buruk ini untuk mencegah bibir menjadi gelap sekaligus sebagai cara mencerahkan bibir.

2. Menghentikan kebiasaan merokok

Tak hanya berdampak buruk bagi kesehatan secara keseluruhan, kebiasaan merokok juga bisa membuat bibir menjadi gelap. Pasalnya, merokok dapat meningkatkan produksi zat melanin penyebab kulit bibir menghitam.

Dengan menghentikan kebiasaan merokok, Anda selangkah lebih dekat untuk mendapatkan bibir merah merona yang diidamkan.

3. Mengurangi minuman kafein

Jika Anda gemar mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi dan teh, batasilah mulai dari sekarang sebagai cara mencerahkan bibir. Terlalu sering mengonsumsi kafein bisa menekan produksi melanin pada kulit yang menyebabkan warna bibir menjadi gelap.

4. Mencukupi asupan air putih

Cara mencerahkan bibir lainnya agar warna merah alami bibir terjaga adalah dengan mencukupi asupan air putih. Umumnya, orang dewasa dianjurkan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas setiap harinya. Dengan demikian, kelembapan bibir tetap terjaga sehingga masalah bibir kering dan hitam pun bisa ditepis.

5. Melindungi bibir dari paparan sinar matahari

Selain menyebabkan kulit menjadi gelap, sinar matahari juga dapat menyebabkan perubahan warna pada bibir. Jadi, selain menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV, biasakan juga untuk menggunakan pelembap bibir yang mengandung SPF 30 atau lebih setiap kali beraktivitas di luar ruangan sebagai cara mencerahkan bibir, bahkan saat cuaca sedang dingin sekali pun.

6. Menggunakan pelembap bibir

Menggunakan pelembap bibir atau lip balm juga dapat menjadi cara mencerahkan bibit. Lip balm memastikan bibir tetap lembab, sehingga tidak menggelap. Agar bibir lembap maksimal dan bertahan sepanjang hari, gunakanlah pelembap alami, seperti madu, minyak kelapa, shea butter, dan petrolatum.

7. Menggunakan gel lidah buaya

Cara mencerahkan bibir secara alami selanjutnya adalah menggunakan gel lidah buaya. Khasiat ini didapat dari senyawa aloin di dalam lidah buaya yang diduga efektif dalam menghambat produksi melanin. Dengan menerapkan cara memerahkan bibir secara alami ini bibir akan tampak lebih cerah dan sehat.

Anda bisa mencoba cara ini dengan mengerok daging lidah buaya lalu mengoleskannya tipis-tipis ke bibir. Diamkan gel lidah buaya selama semalaman, lalu bilas gel keesokkan harinya.

8. Menggunakan jeruk nipis

Bahan alami lainnya yang bisa Anda manfaatkan untuk mencerahkan bibir adalah jeruk nipis. Hal ini karena di dalam air perasan jeruk nipis terkandung vitamin C dan antioksidan yang dapat menutrisi dan mencerahkan kulit, termasuk di bibir.

Untuk menggunakan jeruk nipis sebagai cara mencerahkan bibir, Anda bisa mengoleskan perasan jeruk nipis di bibir pada malam hari sebelum tidur. Diamkan semalaman lalu bilas bibir menggunakan air bersih keesokan paginya.

9. Menggunakan pewarna alami

Cara mencerahkan bibir berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan pewarna alami, seperti stroberi atau delima. Anda bisa mengoleskannya langsung ke bibir agar bibir tampak merah merona tanpa lipstik.

Tidak seperti produk lipstik pada umumnya, penggunaan bahan-bahan alami tersebut tidak akan mengiritasi bibir atau membuatnya menjadi kering.

10. Menggunakan masker bibir

Selain untuk merawat kulit, menggunakan lip mask atau masker bibir juga dimanfaatkan sebagai cara mencerahkan bibir. Penggunaan masker bibir dengan bahan-bahan alami, seperti lemon dan madu, dipercaya efektif dalam mencerahkan area kulit yang gelap termasuk bibir.

Untuk membuat masker bibir alami, Anda bisa mencampur kedua bahan tersebut. Oleskan bahan tersebut pada bibir, diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa melakukan cara ini sehari sekali.

11. Melakukan eksfoliasi bibir

Untuk mencerahkan bibir, Anda juga perlu melakukan pengangkatan sel kulit mati. Anda bisa melakukan eksfoliasi bibir setidaknya 2 kali dalam seminggu menggunakan scrub bibir berbahan lembut untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara mencerahkan bibir dengan eksfoliasi cukup mudah. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melembapkan bibir menggunakan lip balm, minyak almond, atau madu. Setelah bibir lembap, gosok bibir secara perlahan menggunakan gula untuk membantu mengangkat sel kulit mati.

12. Melakukan terapi laser

Selain menerapkan gaya hidup sehat dan menggunakan cara alami di atas, perawatan medis dengan melakukan terapi laser juga bisa menjadi pilihan sebagai cara mencerahan bibir. Terapi laser dilakukan oleh dokter estetika atau dokter kecantikan dengan cara mengarahkan sinar khusus ke bibir.

Selain untuk mengembalikan warna alami bibir, terapi laser pada bibir juga berguna untuk menghilangkan bintik hitam, menghilangkan kelebihan melanin, menghilangkan kerutan di sekitar mulut, dan merangsang produksi kolagen.

Namun, perlu diingat bahwa terapi laser mungkin memberikan hasil yang berbeda pada tiap orang. Hasil prosedur ini tergantung pada warna dan kondisi bibir tiap orang.

13. Melakukan sulam bibir

Sulam bibir juga bisa jadi pilihan lainnya untuk mencerahkan bibir dan membuatnya merah merona lebih tahan lama. Dengan melakukan sulam bibir, Anda mungkin tidak lagi membutuhkan lipstik untuk mempercantik bibir.

Sama seperti terapi laser, cara mencerahkan bibir ini juga harus dilakukan oleh dokter kecantikan agar lebih terjamin keamanannya. Sebelum melakukan sulam bibir, dokter akan mengoleskan salep anestesi agar bibir Anda menjadi baal. Setelah itu dokter akan membentuk dan memberi warna pada bibir sesuai keinginan Anda.

Setelah itu, dokter akan menyuntikkan pigmen menggunakan jarum kecil ke lapisan bibir Anda. Proses penyuntikan ini umumnya harus dilakukan beberapa kali hingga warna bibir merata, sesuai dengan yang Anda inginkan.

14. Melakukan tato bibir

Cara mencerahkan bibir yang ampuh berikutnya adalah dengan melakukan tato bibir. Sama seperti sulam bibir, melakukan tato bibir juga tidak boleh sembarangan karena harus dilakukan di dokter kecantikan atau seniman tato bersertifikasi agar lebih terjamin keamanannya.

Proses tato bibir umumnya sama seperti tato pada bagian tubuh lain, yaitu dokter akan mengaplikasi pigmen atau zat pewarna pada bibir menggunakan jarum atau disebut mikropigmentasi.

Namun, berhati-hatilah jika Anda memiliki riwayat reaksi alergi. Beri tahu dokter untuk menggunakan sedikit pigmen agar dapat meminimalkan kemungkinan terjadinya reaksi alergi yang tidak diinginkan.

Jika terjadi infeksi atau masalah lainnya setelah melakukan tato bibir, segera periksakan diri ke dokter. Nantinya, dokter akan memastikan kondisi Anda dan memberikan penanganan yang sesuai. Dokter dapat memerikan penanganan agar infeksi tidak semakin parah dan bisa segera diatasi.

 

Sumber: alodokter

Dilihat : 10 kali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button