Gizi Nutrisi

Jangan Lewatkan, Ini Manfaat Kopi untuk Kulit

Manfaat kopi tidak hanya sebatas pada kesehatan tubuh saja. Minuman yang digandrungi oleh banyak orang ini juga bermanfaat untuk kesehatan kulit, lho. Bahkan, nutrisi yang terkandung di dalam kopi dapat membuat wajah nampak awet muda.

Kopi mengandung kafein dan beragam mineral, seperti natrium, kalium, magnesium, fosfor, folat, mangan, dan kolin. Selain itu, di dalam kopi juga terkandung antioksidan polifenol dan hanya memiliki sedikit kalori.

Jika dikonsumsi dengan jumlah yang wajar, kopi dapat menyehatkan tubuh dan meningkatkan energi. Selain itu, banyak produk kecantikan kulit yang menambahkan kopi di dalam komposisinya karena diklaim bermanfaat bagi kesehatan kulit.

5 Manfaat Kopi untuk Kulit

Dengan menggunakan kopi untuk kulit secara rutin, kamu bisa memperoleh manfaat-manfaat berikut ini:

1. Mencegah kulit dari kerusakan akibat radikal bebas

Paparan sinar matahari serta polusi udara, seperti asap rokok dan kendaraan, yang berlebihan dapat membuat kulit menjadi rusak.

Untuk mencegah hal ini, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung kopi. Kandungan polifenol pada kopi diketahui mampu mencegah efek radikal bebas yang bisa merusak kulit.

2. Mencegah penuaan dini

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kopi, khususnya bagian kulit luar (silverskin), mengandung kafein, asam klorogenat (CGA), dan melanoidin yang memiliki efek antioksidan serta anti-aging.

Kafein pada kopi juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan meningkatkan aliran darah di kulit. Kedua hal ini bisa membuat wajah tampak awet muda.

Selain itu, dalam penelitian tersebut juga disebutkan kalau ekstrak silverskin kopi pada produk krim kulit dapat menjaga kekencangan dan kelembapan kulit serta mencegah kerutan di kelopak mata.

3. Meredakan peradangan kulit

Rutin menggunakan krim yang mengandung ekstrak kopi dapat membantu meredakan peradangan kulit akibat penyakit eksim dan rosacea. Manfaat ini berkat kandungan asam klorogenat dan melanoidin di dalam kopi.

Selain itu, jika kamu memiliki masalah kulit berjerawat, kamu bisa coba skincare yang mengandung kopi. Soalnya, sifat antiinflamasi dan antibakteri pada kopi dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat.

4. Mengurangi selulit

Bagi sebagian orang, selulit dirasa mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Nah, untuk membantu mengatasi keluhan ini, kamu bisa menggunakan krim dengan ekstrak kopi.

Nutrisi yang terkandung pada kopi dapat merangsang enzim yang bertugas untuk memecah lemak. Hal ini akan membuat kulit menjadi lebih halus dan mengurangi selulit.

5. Mengurangi mata panda

Kalau kamu punya mata panda, coba deh pakai produk yang mengandung kopi. Nutrisi pada kopi dapat membantu melancarkan aliran darah di kulit, sehingga bisa mengurangi warna gelap pada mata panda.

Namun, kalau mata panda yang kamu alami dipengaruhi oleh faktor genetika, penggunaan kopi tidak bisa mencerahkan kehitaman yang ada di area bawah matamu.

Itulah berbagai manfaat kopi bagi kesehatan kulit. Kamu bisa mendapatkan manfaat-manfaat di atas dengan membuat kopi menjadi masker kulit atau memakai produk perawatan kulit yang mengandung kopi.

Ingat ya, menggunakan kopi saja untuk mendapatkan kulit yang sehat tidak cukup. Kamu juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi setiap hari, menerapkan urutan skincare yang benar, dan beristirahat dengan cukup agar kulit selalu sehat.

Bila kamu masih ragu atau memiliki pertanyaan terkait manfaat kopi untuk kesehatan kulit, berkonsultasilah dengan dokter, ya.

 

Sumber : Alodokter.com

Dilihat : 100 kali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button