Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Bidara Bagi Kesehatan

Meski belum begitu populer, manfaat buah bidara untuk kesehatan pantas mendapatkan perhatian. Selain dapat meningkatkan imunitas tubuh, masih banyak manfaat buah bidara yang bisa kita peroleh.

Buah bidara (Ziziphus mauritiana) atau disebut juga dengan indian jujube merupakan buah khas dari Asia Selatan yang kaya akan nutrisi. Di Indonesia, buah ini banyak ditemukan di Sumba, Jawa, dan Bali.

Manfaat buah bidara didapatkan dari berbagai nutrisi dan senyawa bioaktif yang dikandungnya. Buah ini paling baik dikonsumsi dalam kondisi segar ketika sedang setengah matang atau ketika warnanya hijau dengan sedikit bercak merah. Pada tahap ini, buah bidara memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang manis asam.

Kandungan Buah Bidara

Jika dilihat dari kandungan gizinya, buah bidara berpotensi sebagai sumber vitamin C yang baik untuk tubuh. Buah bidara juga kaya akan air sehingga bagus dikonsumsi untuk mencegah dehidrasi. Tak hanya itu, buah ini juga mengandung beragam mineral dan senyawa bioaktif yang bermanfaat untuk tubuh.

Dalam 100 gram buah bidara terkandung sekitar:

  • 17 gram karbohidrat
  • 65–75 mg vitamin C
  • 27 mg fosfor
  • 25,5 mg kalsium
  • 0,8- 1,8 mg zat besi

Selain itu, buah bidara juga mengandung beberapa mineral lain yang meliputi sodium, kalium, mangan, zinc, tembaga, serta beragam senyawa bioaktif, seperti, fenol, flavonoid, saponin, asam triterpenat, dan fenol.

Ragam Manfaat Buah Bidara

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah bidara bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui:

1. Menangkal radikal bebas

Buah bidara memiliki aktivitas antioksidan yang sangat kuat berkat kandungan beragam senyawa bioaktif di dalamnya. Antioksidan ini sangat diperlukan tubuh untuk menangkal efek radikal bebas berlebih yang berisiko merusak sel-sel tubuh dan memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan, mulai dari penuaan dini hingga penyakit jantung.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C pada 100 g buah bidara bisa memenuhi hampir 100% kebutuhan vitamin C harian. Vitamin ini berperan penting dalam mendukung kerja sel-sel imun untuk melawan infeksi ataupun menghasikan antibodi.

Tidak hanya terhadap infeksi, imunitas yang baik juga dapat melindungi tubuh dari penyakit-penyakit kronis, misalnya penyakit kanker. Ditambah lagi, buah bidara juga mengandung banyak asam triterpenat yang pernah terbukti dapat membunuh sel kanker melanoma. Meski begitu, hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

3. Menurunkan kadar gula darah

Kandungan saponin dan tanin dalam buah bidara bermanfaat untuk meningkatkan produksi hormon insulin dan meningkatkan penyerapan gula darah ke dalam sel tubuh, khususnya pada kondisi diabetes. Meski begitu manfaat buah bidara ini masih dibuktikan sebatas pada hewan, sehingga harus diteliti lebih lanjut.

4. Melindungi hati dari kerusakan

Hati adalah organ tubuh yang sebenarnya tidak mudah mengalami kerusakan. Namun, sekalinya kerusakan terjadi, jaringan hati tidak bisa kembali seperti semula dan fungsinya akan menurun drastis.

Manfaat buah bidara dalam melindungi jaringan hati berasal dari kandungan senyawa bioaktifnya. Aktivitas antioksidan dari senyawa-senyawa ini dapat melindungi hati dari paparan senyawa kimia dan peradangan yang bisa menyebabkan berbagai penyakit hati, misalnya sirosis dan kanker hati.

Walaupun sebagian manfaat buah bidara masih memerlukan penelitian lebih lanjut, tidak ada salahnya Anda menjadikan buah ini sebagai camilan sehat untuk mendapatkan kandungan nutrisi dan antioksidan di dalamnya.

Selain bisa dimakan langsung, buah bidara juga bisa diolah dalam bentuk minuman herbal. Di beberapa daerah, buah bidara yang masih muda juga sering dinikmati dalam bentuk rujak atau manisan.

Buah bidara sendiri tergolong cukup aman untuk dikonsumsi. Namun, bila Anda ingin mengambil manfaat buah bidara untuk mengobati penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapat saran terkait efektivitas dan keamanannya terhadap kondisi yang Anda alami.

 

Sumber : Alodokter.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *