Farmasi Islam

Konsep Sehat dan Sakit Menurut Paradigma Thibbunnabawi

U๐˜ด๐˜ต๐˜ข๐˜ฅ๐˜ป ๐˜‹๐˜ณ ๐˜๐˜Š. ๐˜•๐˜ถ๐˜ณ๐˜ด๐˜ช๐˜ข๐˜ฎ๐˜ช ๐˜™๐˜ข๐˜ฉ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ต ๐˜—๐˜ณ๐˜ช๐˜ฉ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ต๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ฐ, ๐˜‰.๐˜š๐˜ค, ๐˜”.๐˜—๐˜

  1. Jika maag dan GERD bukan hanya diakibatkan karena kesalahan pola makan, tapi justru lebih didominasi karena stress berlebih.
  2. Jika hypertensi bukan hanya diakibatkan oleh terlalu banyak konsumsi makanan yang asin, tapi lebih dominan karena kesalahan dalam memanage emosi, mudah marah, kurang sabar dan istighfar yang kurang maksimal.
  3. Jika kolesterol bukan hanya diakibatkan oleh makanan berlemak, tapi rasa malas berlebih yang lebih dominan menimbun lemak. Harusnya seimbang antara olahraga, kerja, istirahat dan mobilitas sosial, namun dilapangan kenyataannya lain, tubuh lebih banyak memendam diam yang akhirnya lemak darah numpuk!
  4. Jika asthma bukan hanya karena terganggunya suplai oksigen ke paru-paru, tapi sering merasa sedih yang membuat kerja paru-paru tidak stabil. Hati yang sukar menerima qodho dan TakdirNYA ALLAH, padahal setiap cobaan dan masalah pasti solusinya.
  5. Jika diabetes bukan hanya karena terlalu banyak konsumsi glucousa. Namun juga keseimbangan input dan output makanan – minuman yang kita konsumsi dan juga sikap egois dan keras kepala yang mengganggu fungsi pankreas. Sukar menerima nasihat, susah pula menerima advis dan masukannya yang membangun untuk dirinya.
  6. Jika penyakit liver bukan hanya karena kesalahan pola tidur, tapi sifat suudzon, mudah berprasangka buruk, energi negatif yang dominan kepada orang lain yang justru merusak hati kita.
  7. Jika obesitas bukan hanya disebabkan tingginya kalori, lemak dan karbo yang masuk ke pencernaan, namun juga diakibatkan oleh malas Puasa Sunnah dan jarang mengikuti anjuran NABI : “Makan saat LAPAR, dan berhenti sebelum KEKENYANGAN “
  8. Jika jantung koroner bukan hanya diakibatkan oleh sumbatan pada aliran darah ke jantung, tapi jarang sedekah membuat jantung kita kurang merasakan ketenangan, sehingga detaknya tidak stabil. Solusi ketenangan Jantung ada pada mengingat ALLAH dengan ikhlas : ” (Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, bahwa hanya dengan mengingat Allah hati akan selalu tenteram. ” ( Ar-Ra’d ยท Ayat 28 )
Dan masih banyak lagi Faktor penyebab penyakit adalah karena masalah:
  • Spiritual 50%
  • Psikis 25%
  • Sosial 15%
  • Fisik 10%
Maka benarlah firman Allah : โ€œDan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar dari kesalahan-kesalahanmu. Dan kamu tidak dapat melepaskan diri (dari azab Allah) di muka bumi, dan kamu tidak memperoleh seorang pelindung dan tidak pula penolong selain Allah.โ€ QS: As-Syuura 42 :30-31
Jadi kalau kita ingin selalu sehat, perbaiki diri kita, pikiran kita, terutama hati kita dari penyakit hati, hasad, hasud, iri, dengki, dendam, fitnah, ghibah, riya, ujub.
 
Semoga bermanfaat!
 
SUMBER :
1. Buku MENJADIKAN TUBUH SEBAGAI DOKTER TERBAIK. Terbitan LKHI PRESS 2023. Penulis ๐˜‹๐˜ณ ๐˜๐˜Š. ๐˜•๐˜ถ๐˜ณ๐˜ด๐˜ช๐˜ข๐˜ฎ๐˜ช ๐˜™๐˜ข๐˜ฉ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ต ๐˜—๐˜ณ๐˜ช๐˜ฉ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ต๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ฐ, ๐˜‰.๐˜š๐˜ค, ๐˜”.๐˜—๐˜
 
Dilihat : 222 kali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button