Rahasia Alam

Manfaat Akar Teratai untuk Kesehatan Ada Banyak, Lho!

Di balik indahnya bunga teratai, akar dari tanaman ini bisa diolah menjadi bahan pangan yang bermanfaat bagi kesehatan. Akar teratai mengandung beragam nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, termasuk serat, vitamin, dan mineral.

Teratai (Nelumbo nucifera) merupakan jenis tanaman yang sudah sejak lama digunakan dalam dunia kuliner dan pengobatan tradisional, khususnya negara-negara Asia. Hampir semua bagian dari tanaman ini bisa dimanfaatkan, mulai dari bunga, daun, biji, batang, hingga akarnya.

Inilah Manfaat Akar Teratai

Akar teratai atau lotus root adalah sumber karbohidrat, serat, protein, vitamin C, vitamin B6, asam folat, dan kalium. Di dalam akar teratai juga terkandung kolin, zat besi, dan kalsium. Selain itu, akar tanaman ini juga bebas dari lemak dan kolesterol.

Berkat nutrisi di dalamnya, tidak heran jika akar teratai dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat ini meliputi:

1. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Serat yang terkandung di dalam akar teratai dapat melancarkan proses pencernaan dengan cara melunakkan tinja di dalam usus, sehingga buang air besar akan lebih lancar dan teratur. Asupan serat yang cukup juga dapat menghindarkanmu dari sembelit.

2. Mengurangi risiko cacar lahir

Lotus root merupakan sumber asam folat yang baik. Mencukupi kebutuhan nutrisi ini dapat menurunkan risiko terjadinya cacat tabung saraf pada janin, seperti spina bifida atau anensefali. Selain itu, kolin, kalsium, dan zat besi pada tanaman ini juga dapat mendukung kesehatan ibu hamil dan janin.

3. Menjaga kesehatan jantung

Makanan yang kaya akan kalium, seperti lotus root, dinilai dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, vitamin C dan asam folat dalam akar tanaman ini juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Menangkal efek radikal bebas

Akar teratai yang telah diolah menjadi bubuk mengandung beragam senyawa bioaktif yang memiliki sifat antioksidan. Zat antioksidan berperan penting dalam mencegah dan memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh akibat paparan radikal bebas, menjaga kesehatan otak, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Meringankan gejala rhinitis alergi

Bubuk akar teratai diyakini dapat meringankan gejala rhinitis alergi, seperti bersin, batuk, hidung tersumbat, dan tenggorokan gatal. Meski begitu, manfaat akar teratai yang satu ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya.

Untuk mendapatkan manfaat di atas, kamu bisa menambahkan akar teratai dalam sup atau masakan yang ditumis. Kamu juga dapat mengonsumsinya dalam bentuk bubuk yang bisa dibeli di supermarket.

Namun, kamu tetap perlu waspada terhadap risiko alergi, ya. Apabila setelah makan akar teratai muncul reaksi alergi, seperti mengi, gatal-gatal, lidah bengkak, dan pusing, hentikan konsumsinya dan periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

 

Sumber : Alodokter.com

Dilihat : 113 kali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button