Rahasia Alam

Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut

Manfaat jeruk nipis untuk rambut ini mungkin masih banyak yang belum mengetahui. Selain bisa menambah cita rasa pada makanan atau minuman karena rasanya yang segar dan asam, buah mungil ini juga baik untuk kesehatan rambut, lho. Salah satu manfaat jeruk nipis untuk rambut adalah mengurangi ketombe. 

Beragam manfaat jeruk nipis untuk rambut mudah diperoleh berkat kandungan antioksidan dan nutrisi lain di dalamnya, seperti vitamin C, vitamin B, zinc, dan zat besi. Limpahan nutrisi ini bisa menjaga kesehatan rambut dan mengatasi berbagai masalah pada rambut.

Manfaat jeruk nipis untuk rambut ini bisa diperoleh dari konsumsi jeruk nipis secara rutin sebagai bagian dari diet sehat sehari-hari. Namun, kamu juga bisa mengoleskan langsung air perasan jeruk nipis ke kulit kepala dan rambut atau menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung ekstrak jeruk nipis.    

Sederet Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut 

Jeruk nipis sudah terkenal sebagai buah yang sehat bagi tubuh karena kandungan antioksidannya yang tinggi, termasuk vitamin C. Tak hanya bagi tubuh, manfaat jeruk nipis untuk rambut juga tak kalah banyak, nih. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat jeruk nipis untuk rambut yang menarik untuk disimak:

1. Mengatasi kulit kepala berminyak

Minyak berlebih di kulit kepala bisa menyebabkan rambut terasa lepek, bau, dan gerah sepanjang waktu. Kalau tidak ditangani dengan baik, kondisi ini lama-kelamaan dapat menimbulkan ketombe. 

Nah, jeruk nipis mengandung asam sitrat yang dapat mengatasi masalah rambut ini. Asam sitrat akan mengurangi produksi minyak berlebih di kulit kepala, menjadikannya terasa bersih dan tidak lepek.    

2. Membasmi ketombe

Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang paling umum. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari kulit kepala berminyak, eksim di kulit kepala, dermatitis seboroik, hingga psoriasis. 

Nah, salah satu manfaat jeruk nipis untuk rambut adalah bisa mengatasi ketombe. Ini karena jeruk nipis mampu menyeimbangkan pH kulit, mengurangi minyak, dan meredakan iritasi di kulit kepala, sehingga ketombe pun bisa teratasi. Selain itu, jeruk nipis juga kaya akan vitamin C, zinc, dan antioksidan yang bisa menutrisi kulit kepala dan akar rambut.    

Namun, jika ketombe masih juga tidak teratasi dengan penggunaan jeruk nipis, ini artinya kamu perlu mengatasi penyebab ketombe sesuai dengan penyebabnya, ya. Untuk itu, kamu perlu mendapatkan pengobatan dari dokter.

3. Mencegah dan mengatasi rambut kusam

Manfaat jeruk nipis untuk rambut selanjutnya adalah mencegah rambut kusam. Hal ini berkat kandungan asam sitrat dan vitamin C di dalam jeruk nipis yang bisa mencerahkan rambut dan mempertahankan warna rambut. Efek ini bekerja paling baik pada warna rambut yang diwarnai dengan warna terang, seperti pirang atau coklat muda.  

4. Membuat rambut lebih berkilau 

Selain mencegah rambut kusam dengan membuat warna rambut lebih keluar, asam sitrat dalam jeruk nipis juga bisa menjaga kilau alami rambut indahmu, lho. Jeruk nipis akan membuat rambutmu senantiasa berkilau, terlebih saat sedang berada di bawah paparan sinar matahari. 

5. Mengurangi rambut rontok

Untuk kamu yang sedang berjuang mengatasi rambut rontok, cobain tips ini, deh. Penggunaan jeruk nipis dalam perawatan rambut bisa mengurangi rambut rontok. Hal ini berkat kandungan antioksidan flavonoid yang mampu memperbaiki kerusakan pada folikel rambut dan mengurangi laju kerontokan rambut.  

Selain itu, jeruk nipis juga mengandung zat besi yang membantu tubuh memproduksi hemoglobin. Hemoglobin akan membawa oksigen yang berperan dalam perbaikan dan pertumbuhan sel rambut. Efeknya, rambut rontok akan berkurang. 

6. Merangsang pertumbuhan rambut 

Tak hanya mengurangi rambut rontok, jeruk nipis juga mengandung antioksidan quercetin dan vitamin C yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Vitamin C juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi dan menutrisi rambut. Dengan begitu, akar-akar rambut akan tumbuh subur dan lebih lebat sehingga rambut pun bisa tampak lebih indah.  

Cara Menggunakan Jeruk Nipis untuk Rambut 

Berbagai manfaat jeruk nipis untuk rambut di atas bisa diperoleh dengan cara mengonsumsi jeruk nipis secara rutin. Namun bagi penderita GERD, sebaiknya hindari terlalu banyak mengonsumsi jeruk nipis, ya, karena bisa memicu kambuhnya gejala asam lambung. 

Nah, selain dikonsumsi langsung,  jeruk nipis juga bisa digunakan secara langsung pada rambut, kok. Berikut ini adalah caranya menggunakan jeruk nipis pada rambut:

  • Peras jeruk nipis hingga keluar airnya. 
  • Oleskan air perasan jeruk nipis langsung ke kulit kepala sebelum keramas. 
  • Diamkan selama beberapa menit agar sari jeruk nipis dapat menembus folikel rambut dan kulit kepala. 
  • Bilas dengan air hangat, lalu cuci rambut dan kulit kepala dengan sampo. 

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan jeruk nipis sebagai salah satu bahan masker rambut alami. Jeruk nipis ini bisa digunakan dengan cara dicampur dengan minyak kelapa, madu, atau yoghurt, lalu oleskan ke rambut selama beberapa menit dan bilas.

Air perasan jeruk nipis juga bisa dijadikan sebagai scrub rambut dengan mencampur minyak kelapa dan gula. Scrub ini sebaiknya digunakan sebelum keramas sambil memijat kulit kepala dengan lembut. 

Namun, perlu diingat, mengoleskan air perasan jeruk nipis ke kulit kepala ini mungkin tidak cocok untuk semua orang. Segera hentikan penggunaannya jika muncul sensasi rasa perih, kulit kepala kemerahan, dan kering pada kulit kepala, serta ketombe jadi makin banyak. 

Selain itu, untuk mendapatkan rambut yang sehat, berkilau, serta bebas ketombe dan rontok, kamu tidak bisa hanya mengandalkan manfaat jeruk nipis untuk rambut saja, ya. 

Diperlukan juga perawatan rambut secara rutin, seperti keramas dan menggunakan kondisioner, sesuai jenis rambut. Kamu pun harus mengonsumsi makanan bergizi, terlebih yang mengandung vitamin, mineral, serta protein.   

Hindari juga terlalu sering menggunakan alat penata rambut, seperti pengeriting atau pelurus rambut, karena kebiasaan ini dapat membuat rambut cepat rusak.  

 

Sumber: alodokter

Dilihat: 30 kali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button