Farmasi Islam

Menyoal Metode Bekam Tusukan & Torehan, Mana Lebih Baik?!

๐˜ฐ๐˜ญ๐˜ฆ๐˜ฉ ๐˜‹๐˜ณ ๐˜๐˜Š ๐˜•๐˜ถ๐˜ณ๐˜ด๐˜ช๐˜ข๐˜ฎ๐˜ช ๐˜™๐˜ข๐˜ฉ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ต ๐˜—๐˜ณ๐˜ช๐˜ฉ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ต๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ฐ, ๐˜‰.๐˜š๐˜ค, ๐˜”.๐˜—๐˜
(๐˜ฑ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ต๐˜ช๐˜ด๐˜ช & ๐˜ต๐˜ณ๐˜ข๐˜ช๐˜ฏ๐˜ฆ๐˜ณ ๐˜‰๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฎ ๐˜š๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฉ)
 
Alhamdulillah sejak 2008 Training / Pelatihan BEKAM / HIJAMAH yang kami selenggarakan selalu menggunakan 2 metode / Teknik langsung, yaitu =
– Torehan
– Tusukan
> Tentu saja ada banyak pertanyaan atas teknik, efektifitas kedua metode ini, mana yang lebih baik antara kedua ?
> Bolehkah pilih salah satu ?
> Apa kelebihan dan kekurangan dari kedua metode diatas ?
> Apakah membekam dengan alat modern blood lancet ( tusukan ) tak sesuai dengan sunnah?โ€
> Bagaimana penjelasan syarโ€™inya?
 
INILAH PENJELASANNYA
Untuk menjawab pertanyaan tersebut perlu disebutkan terlebih dahulu beberapa teks hadits yang berhubungan dengan bekam, diantaranya :
 
Pertama : Diriwayatkan dari Ibnu Abbas dari Nabi Shallallahu Aโ€™laihi Wassallam bersabda :
ุงู„ุดู‘ูููŽุงุกู ูููŠ ุซูŽู„ูŽุงุซูŽุฉู ูููŠ ุดูŽุฑู’ุทูŽุฉู ู…ูุญู’ุฌูŽู…ู ุฃูŽูˆู’ ุดูŽุฑู’ุจูŽุฉู ุนูŽุณูŽู„ู ุฃูŽูˆู’ ูƒูŽูŠู‘ูŽุฉู ุจูู†ูŽุงุฑู ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุฃูŽู†ู’ู‡ูŽู‰ ุฃูู…ู‘ูŽุชููŠ ุนูŽู†ู’ ุงู„ู’ูƒูŽูŠู‘ู
โ€œTerapi pengobatan itu ada tiga cara, yaitu; sayatan bekam, minum madu dan kayy (menempelkan besi panas pada daerah yang terluka), sedangkan aku melarang umatku berobat dengan kayy.โ€ (HR. Bukhari, no : 5680 ).
 
Kedua : Diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah, ia berkata, โ€œAku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu Aโ€™laihi
 
Wassallam bersabda :
ุฅูู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ูููŠ ุดูŽูŠู’ุกู ู…ูู†ู’ ุฃูŽุฏู’ูˆููŠูŽุชููƒูู…ู’ ุฃูŽูˆู’ ูŠูŽูƒููˆู†ู ูููŠ ุดูŽูŠู’ุกู ู…ูู†ู’ ุฃูŽุฏู’ูˆููŠูŽุชููƒูู…ู’ ุฎูŽูŠู’ุฑูŒ ููŽูููŠ ุดูŽุฑู’ุทูŽุฉู ู…ูุญู’ุฌูŽู…ู ุฃูŽูˆู’ ุดูŽุฑู’ุจูŽุฉู ุนูŽุณูŽู„ู ุฃูŽูˆู’ ู„ูŽุฐู’ุนูŽุฉู ุจูู†ูŽุงุฑ ูˆูŽู…ูŽุง ุฃูุญูุจู‘ู ุฃูŽู†ู’ ุฃูŽูƒู’ุชูŽูˆููŠูŽ
โ€œApabila ada kebaikan dalam pengobatan yang kalian lakukan, maka kebaikan itu ada pada Torehan bekam, minum madu, dan sengatan api panas (terapi dengan menempelkan besi panas di daerah yang luka) dan saya tidak menyukai kayy.โ€ (HR. Bukhari, no : 5704 dan Muslim, no : 2205).
 
Dua hadits di atas dan hadits-hadits yang lain, semuanya menyebutkan dengan kata syarthotu ( Torehan ), dan tak ditemukan kata โ€œ tusukan โ€œ atau โ€œsuntikanโ€ satupun dalam hadits-hadits di atas.
 
MAKNA SYARTOH
Kata Syartoh berasal dari rangkaian tiga huruf : syin, raโ€™ dan thoโ€™, yang mempunyai arti tanda atau sesuatu yang terjadi pertama kali. Surthoh dipakai untuk menyebut polisi, karena polisi menggunakan tanda-tanda khusus ( seragam ) ketika mereka bertugas. ( Ibnu al Mandhur, Lisan Al Arab, 7/329-331). Syarith dipakai untuk menyebut pita-pita kaset, karena di dalamnya ada tanda-tanda tertentu sehingga bisa mengeluarkan suara jika dihidupkan. Asyrath As Saaโ€™ah, dipakai untuk menyebut tanda-tanda hari kiamat atau bisa diartikan kejadian-kejadian yang mengawali datangnya hari kiamat.
Dari keterangan di atas, maka bisa kita katakan bahwa Syarthotu Hijamah dalam hadits di atas bisa diartikan sayatan bekam, karena sayatan merupakan tanda dari adanya praktek bekam pada tempat sayatan tadi, atau bisa dikatakan bahwa Torehan tadi merupakan awal kerja sebelum dimulainya proses pembekaman.
Al Mula Ali Al Qariโ€™ di dalam buku Mirqah al Mafatih ( 13/258 ) menyebutkan bahwa Asy Syartah adalah memukul tempat yang dibekam agar keluar darinya darah, maksudnya di sini adalah asy-syaq (membelah/menyayat/ Menoreh).
 
Mihjam ( alat ) atau Mahjam ( tempat )?
Bekam dalam bahasa Arabnya adalah al Hijamah yang berasal dari kata Al Hajmu artinya menyedot. Dikatakan : Hajama ash-Shobiyu tsadya ummihi, artinya bayi itu menyedot susu ibunya.
Tetapi para ulama berbeda pendapat di dalam mengeja bunyi hadits di atas, apakah dibaca Mihjam ( dengan kasrah ) yang berarti alat bekam atau Mahjam ( dengan fathah ) yang berarti tempat yang dibekam.
Berkata Al Hafidz Al Munawi : Maksud dari kata โ€œSyarthotu Mahjamโ€œ adalah mengeluarkan darah dengan bekam. Adapun โ€œasy syartah โ€œ adalah menyayat / Menoreh tempat yang dibekam untuk mengeluarkan darah. Adapun kata โ€œMahjamโ€œ (dengan fathah) adalah tempat yang dibekam. Disebut secara khusus โ€œ bekam โ€œ, karena kebanyakan pengobatan yang disertai pengeluaran darah dari tubuh, rata-rata menggunakan metode bekam. ( Al Munawi, At Taisir bi syarh al Jamiโ€™ ash shoghir, Riyadh, Maktabah Imam Syafiโ€™I, 1988 : 1/ 756 ) Di dalam buku Faidhul Qadir ( 3/41 ),
beliau menyebutkan bahwa al Mihjam ( dengan kasrah ) adalah botol yang dipakai oleh orang yang membekam yang di dalamnya akan terkumpul darah. Adapun al Mahjam (dengan fathah) adalah tempat sakit yang ingin dibekam, dan inilah yang dimaksud dalam hadits di atas.
Sedangkan Al Hafidz Ibnu Hajar Al Atsqalani di dalam Fathu al Bari ( 10/141 ) mengatakan bahwa yang benar adalah โ€œ Mihjamโ€œ dengan mengkasrahkan huruf mim, yang berarti alat. Hal ini dikuatkan oleh Imam Suyuti di dalam buku ad-Dibaj โ€˜ala Muslim ( 5/220 ) yang menyebutkan bahwa Syarthotu Mihjam adalah besi yang dipakai untuk menyayat bagian yang dibekam agar darah bisa keluar. Hal sama juga disebutkan oleh Imam Nawawi dalam bukunya al Minhaj Syarh Shahih Muslim, Dar Ihya At Turats : 14 /197
Kesimpulannya bahwa Mihjam adalah alat untuk membekam, sebagian ulama mengatakan bahwa maksudnya adalah botol tempat untuk menyedot dan menampung darah, tapi ada juga yang mengatakan bahwa maksudnya adalah pisau untuk menyayat / Menoreh tempat yang dibekam.
 
HARUSKAH TOREHAN ?
Torehan di dalam bekam dimaksudkan agar darah yang kotor ( blood letting) bisa dikeluarkan. Rasulullah Shallallahu Aโ€™laihi Wassallam dalam hadits-haditsnya menyebutnya kata Torehan, dan itu merupakan metode membekam yang waktu itu paling populer di masyarakat dan ternyata juga, metode yang paling baik dan ideal secara umum.
Metode Torehan dalam bekam mempunyai beberapa keunggulan dibanding metode yang lain, antara lain
Lebih sesuai dengan sunnah Rasulullah Shallallahu Aโ€™laihi Wassallam, karena beliau mengajarinya demikian.
Luka Torehan menimbulkan luka yang pinggirnya tajam tapi merata, di samping itu luka di dalamnya lebih sempit atau kecil dibanding dengan luka yang di permukaan. Luka jenis ini lebih mudah disembuhkan dan akan bisa segera kembali normal.
Luka sayatan / Torehan hanya mengenai pembuluh darah kecil, sehingga darah yang keluar adalah darah kapiler. Oleh karenanya dianjurkan untuk menyayat ringan saja dengan kedalaman kira-kira 0,1 mm, yaitu Torehan yang tidak mencapai pembuluh darah arteri maupun vena.
Di sisi lain, jika membekam dengan menggunakan metode tusukan benda tajam, kadang akan menimbulkan beberapa efek, diantaranya :
1.) Jika menggunakan jarum rendah mutunya (mudah bengkok/patah) lebih rentan ketika digunakan untuk menusuk daerah yang mau dibekam, jika jarum terlalu kecil dan patah, tentunya sulit untuk diambil.
2.) Luka tusukan pada kulit menyebabkan lubang pada permukaan kulit, lubang tersebut lebih kecil ukurannya dibanding dengan lubang yang di dalam kulit.
3.) Luka tusuk juga bisa menyebabkan luka yang lebih dalam pada organ-organ atau pada pembuluh darah. ( lihat buku Sembuh Dengan Satu Titik, hlm : 112 )
 
BOLEHKAH PAKAI TUSUKAN ?
Sebagaimana disebut di atas, bahwa hadits Rasulullah Shallallahu Aโ€™laihi Wassallam di atas menunjukan cara membekam dengan menggunakan metode yang paling baik dan ideal secara umum.
Tetapi metode itu, bukanlah satu-satunya yang harus digunakan. Karena pernyataan Rasulullah Shallallahu Aโ€™laihi Wassallam tersebut bersifat anjuran, bukan kewajiban, atau kita katakan bahwa metode sayatan di dalam membekam adalah metode yang popular di masyarakat pada waktu itu, sehingga masih membuka peluang bagi metode-metode lain.
Oleh karenanya, dibolehkan juga bagi para pembekam untuk menggunakan metode lain yang sesuai dengan keadaan pasien itu sendiri, karena tak semua pasien dapat diterapkan kepadanya bekam dengan sayatan. Ada bagian-bagian tertentu yang memang tidak memungkinkan untuk disayat, dan justru harus menggunakan lanset atau ditusuk. Atau bisa juga, sebagian pasien merasa ketakutan dan trauma dengan alat-alat sayat seperti pisau bedah dan sejenisnya, sehingga mau tak mau metode dengan lanset lah yang dipilih.
Bahkan pada keadaan tertentu, metode bekam dengan sayatan tak dianjurkan, umpamanya pada anak-anak penderita dehidrasi, atau kekurangan cairan. ( Syihab Badri, Bekam Sunnah Nabi, hlm : 77 ) Metode bekam tanpa sayatan ini juga bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa nyeri, melenturkan otot-otot pada punggung dan badan bagian belakang, serta bisa juga untuk membuang angin.
 
KESIMPULAN
Bahwa bekam dengan metode Torehan memang disunnahkan dan banyak memberikan manfaat yang positif, tapi ada juga bekam dengan metode lain yang bermanfaat bagi penyakit tertentu. Semuanya insya Allah dibolehkan dan dianjurkan selama tujuannya adalah meringankan beban pasien.
Akhirul kalam, Hakikat kesembuhan datangnya dari ALLAH, semua metode insyaALLAH baik selama :
– SOP ditegakkan
– Perlengkapan higienis dan steril
– Niat ikhlas dan Hanif sang Terapis
– Izin ALLAH
Wallahu Aโ€™lam.
 
Sumber :
1. Dr. Ahmad Zain An-Najah, MA
(Disari dari Tabloid Bekam Edisi 1)
2. Buku : “efek dahsyat Bekam bagi kesehatan Tubuh”
 
Dilihat : 292 kali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button