Tips Sehat

Pilihan Menu Sarapan Pagi yang Sehat, Lezat, dan Nikmat

Pilihan menu sarapan pagi yang beragam, seperti bubur ayam dan bubur kacang hijau, tidak hanya enak dan mengenyangkan, tetapi juga tentunya sehat. Semua menu tersebut mengandung nutrisi yang bervariasi dan dibutuhkan oleh tubuh agar kamu tetap berenergi sepanjang hari.

Menu sarapan pagi bisa jadi menentukan suasana hatimu seharian. Jika menu sarapannya sehat dan kamu pun menikmatinya, tentu kamu merasa senang dan lebih siap menghadapi aktivitas sehari-hari.

Selain membuat suasana hati jadi lebih baik, sarapan pagi dengan menu yang sehat bisa juga lho meningkatkan semangat, mempertahankan fokus dan konsentrasi, bahkan membantu menjaga berat badan yang ideal.

Sebaliknya, jika menu sarapan tidak enak, kurang mengenyangkan, atau tidak bergizi, misalnya gorengan, konsentrasi bisa menurun, tubuh cenderung tidak bertenaga, dan berat badan mudah naik.

Daftar Menu Sarapan Pagi yang Menyehatkan

Nah, ada nih beragam menu sarapan pagi yang lezat dan tentunya sehat. Yuk, ketahui apa saja pilihannya dan mari kupas satu per satu nutrisi yang terkandung di dalamnya:

1. Bubur ayam

Menu sarapan pagi yang cukup umum dikonsumsi adalah bubur ayam. Bubur ayam terbuat dari beras yang dimasak sampai teksturnya lembek dan ditambahkan suwiran daging ayam, daun seledri, kuah kaldu, serta kecap manis. Ada pula tambahan sate telur puyuh dan jeroan.

Bubur ayam mengandung nutrisi cukup lengkap, yaitu protein, karbohidrat, lemak, serta vitamin dan mineral. Kandungan karbohidrat dan protein pada bubur ayam akan memberikan energi pada tubuh. Selain itu, menu ini juga banyak mengandung protein yang baik untuk imunitas tubuh agar kamu nggak mudah sakit.

2. Bubur kacang hijau dan ketan hitam

Kalau kamu mau sarapan dengan menu yang sedikit manis dan gurih, cobalah bubur kacang hijau dan ketan hitam. Bubur kacang hijau mengandung karbohidrat kompleks yang bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh dan serat yang mampu memberikan rasa kenyang lebih lama.

Sama seperti kacang hijau, ketan hitam juga mengandung serat yang bisa melancarkan pencernaan dan menurunkan berat badan sehingga cocok sekali dikonsumsi sebagai makanan untuk diet.

3. Nasi uduk

Kalau kamu mau menu sarapan pagi yang agak berat, kamu bisa nih makan nasi uduk. Nasi uduk terbuat dari beras yang dimasak dengan santan dan dilengkapi lauk, seperti telur, tempe orek, dan ayam.

Nasi yang dimasak dengan santan akan menambah jumlah kalori, sehingga kamu bisa lebih bertenaga setelah makan nasi uduk. Sumber energi juga bisa kamu peroleh dari protein nabati pada tempe dan protein hewani dari telur serta ayam.

Namun, jangan konsumsi nasi uduk sepiring penuh, ya. Soalnya, makanan tinggi protein dan karbohidrat seperti nasi uduk bisa menimbulkan rasa kantuk setelah memakannya.

4. Ketoprak

Ketoprak juga bisa jadi pilihan sarapan pagi yang menyehatkan, lho. Makanan ini memiliki bumbu kacang tanah yang tinggi protein. Ketoprak menyediakan sumber serat dari sayur taoge, karbohidrat dari lontong, serta sumber protein dari tahu dan telur.

5. Roti lapis

Roti lapis atau lebih dikenal dengan sebutan sandwich juga merupakan menu sarapan pagi yang sehat. Kamu bisa membuatnya dengan mudah dan tidak membutuhkan banyak waktu.

Caranya, ambil 2 lembar roti tawar gandum, kemudian isi dengan irisan sayur, seperti selada, timun, dan tomat. Selanjutnya, tambahkan sumber protein, seperti daging ayam tanpa lemak, ikan, atau telur rebus.

Tidak hanya enak dan mengenyangkan, karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral pada menu ini juga bisa menjaga kesehatan tubuh sepanjang hari.

6. Smoothies

Kalau kamu malas makan di pagi hari dan tidak punya banyak waktu tetapi ingin perut kenyang, cobalah konsumsi smoothies buah atau sayur. Sekilas, smoothies memang mirip jus, tetapi konsistensinya lebih padat karena masih mengandung ampas buah atau sayur.

Kamu bisa membuat smoothies dari buah atau sayur yang kamu sukai, seperti alpukat, mangga, seledri, bayam, atau tomat. Makanan yang kaya serat dan air ini juga dilengkapi dengan senyawa antioksidan, vitamin, serta mineral. Namun, sebaiknya hindari menambahkan gula pada makanan ini, ya.

7. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang cocok untuk para pelaku diet atau orang sakit, khususnya sakit tenggorokan atau mengalami masalah pencernaan. Soalnya, makanan ini memiliki tekstur lembut seperti bubur dan menyehatkan karena kandungan nutrisinya yang melimpah.

Oatmeal mengandung serat yang bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Jadi, cocok ya buat yang lagi diet. Selain itu, kandungan vitamin B, zat besi, dan zinc dalam oatmeal sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, apalagi kalau kamu lagi sakit.

Agar lebih sehat dan menambah selera, kamu bisa memasukkan biji-bijian, kacang-kacangan, serta aneka buah kesukaanmu, ya.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba menu sarapan pagi di atas? Usahakan untuk selalu sarapan sebelum memulai aktivitas ya, karena sarapan pagi sangatlah penting untuk mendukung kelancaran aktivitas serta menjaga kesehatanmu.

Beberapa menu sarapan pagi di atas mungkin mengandung beberapa bahan makanan yang bisa memicu reaksi alergi pada sebagian orang, misalnya telur dan kacang-kacangan.

Selain itu, beberapa orang dengan kondisi medis tertentu juga mungkin perlu menghindari bahan pangan tertentu. Sebagai contoh nih, orang yang memiliki kolesterol tinggi perlu menghindari santan, kuning telur, dan jeroan.

 

Sumber: alodokter.com

Dilihat : 148 kali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button